Sakit Kepala Saat Hamil Muda, Ini Cara Aman Mengatasinya

Saat hamil muda, sering kali dijumpai keluhan sakit kepala yang tak kunjung reda. Mau minum obat, takut kalau berpengaruh buruk pada kesehatan janin, kalau tidak diobati rasanya sakit bukan main. Demi mendapatkan kenyamanan dalam menjalani kehamilan, banyak ibu hamil yang langsung datang ke dokter untuk minta obat pereda sakit kepala.

Namun demikian, ada juga ibu hamil yang lebih memilih untuk menggunakan cara alami untuk mengatasi sakit kepala karena menganggap sakit kepala adalah hal yang wajar terjadi di awal kehamilan.

Langkah paling tidak dianjurkan untuk mengatasi pusing saat hamil adalah jika ibu hamil membeli obat pereda pusing di toko obat lalu meminumnya tanpa menggunakan resep dari dokter. Mengapa langkah tersebut dianggap kurang tepat ? karen janin dalam kandungan masih sangat sensitif, dikhawatirkan kalau ibu hamil sembarangan minum obat dapat menyebabkan dampak buruk pada janin.

sakit-kepla-saat-hamil-muda
image from pixabay

Sakit Kepala Saat Hamil Muda


Pusing atau sakit kepala di usia kehamilan awal tergolong hal yang umum dialami ibu hamil, jadi bunda tak perlu takut jika mengalaminya. Sakit kepala saat hamil muda tak berpengaruh pada kesehatan janin, hanya saja dapat mengganggu kenyamanan ibu hamil dalam menjalani masa kehamilannya. Untuk itu, ibu hamil perlu segera menghilangkan sakit kepala dengan cara - cara yang aman.

Pemicu Sakit Kepala Saat Hamil


Sebenarnya apa saja sih pemicu sakit kepala saat sedang hamil itu ? Menurut pendapat beberapa orang, pusing yang dialami oleh ibu hamil muda itu disebabkan oleh beberapa macam faktor, salah satunya adalah karena peningkatan hormon. Selain itu, keluhan ini juga bisa terjadi karena meningkatnya aliran darah dalam tubuh.

Faktor lain yang menjadi pemicu sakit kepala adalah penerapan pola hidup dan pola makan yang kurang sehat seperti kurang istirahat, tidur teral malam, kelaparan, depresi, kelelahan dan lain - lain. Kebiasaan minum kopi yang serta merta dihentikan karena sedang hamil juga dapat memicu munculnya sakit kepala. Silakan baca bolehkah ibu hamil minum kopi ?

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil Muda


Untuk mengatasi sakit kepala yang datang secara tiba tiba di usia kehamilan muda, silakan datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat serta resep obat yang sesuai. Adapun penanganan awal untuk mengatasi pusing, Anda bisa menerapkan tips sederhana yang telah kami rangkum di bawah ini :)

1. Ringankan sakit kepala dengan istirahat cukup


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa salah satu penyebab sakit kepala saat sedang hamil adalah kurang istirahat dan kurang tidur malam. Untuk itu, bunda perlu memperhatikan waktu istirahat dan berusaha meluangkan waktu untuk mencukupi kebutuhan istirahat tubuh. Selam kehamilan berlangsung sebaiknya jangan suka begadang, karena dapat memperburuk keadaan. Selain itu, kurang istirahat juga dapat memperparah lemas, letih dan lelah saat hamil. Silakan baca lemas saat hamil muda, bagaimana cara mengatasinya ?

2. Pijatan lembut di bagian kepala


Cara ini memang tidak bisa dilakukan sendiri, butuh bantuan orang lain untuk melakukannya. Di saat kepala terasa pusing tujuh keliling, silakan minta bantuan orang lain untuk memijit lembut pada bagian kepala dan pundak. Agar hasilnya maksimal sebaiknya mintalah bantuan pada orang yang ahli dalam hal pijat sehingga sakit kepala dapat segera sembuh.

3. Kompres


Selain cara tersebut di atas, bunda bisa meringankan sakit kepala dengan cara mengompres bagian tubuh yang berkaitan dengan kepala. Kompres lah bagian jidat dengan menggunakan air hangat, atau bisa juga mengompres bagian tengkuk (leher belakang) dengan air hangat atau air dingin. Jangan terlalu lama dalam mengompres kepala karena justru dapat membuat sakit kepala semakin menjadi jadi.

Tips Atasi Sakit Kepala Saat Hamil


Selain ketiga cara di atas, bunda perlu menerapkan tips sederhana untuk mengatasi sakit kepala. Apa saja langkah sederhana yang perlu Anda lakukan ? diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengkonsumsi air putih paling tidak 8 gelas tiap hari
  • Makan dengan porsi kecil namun sering
  • Jangan stress
  • Olahraga cukup, tapi sebatas olahraga yang aman untuk ibu hamil 
  • Tidak tidur terlalu larut malam
  • Luangkan waktu untuk tidur siang meski hanya sebentar
  • Jangan mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan sakit kepala seperti ikan asap, pemanis buatan, MSG dan lain lain
  • Hindari segala hal yang dapat membuat sakit kepala seperti asap rokok, silau cahaya, suara bising dll

Sebenarnya sakit kepala saat hamil muda adalah keluhan yang normal dialami ibu hamil namun perlu diatasi agar kehamilan berjalan dengan nyaman dan aman. Adapun jika sakit kepala terjadi di akhir usia kehamilan sebaiknya bunda segera datang ke dokter untuk segera mendapat penanganan karena jika tidak segera ditangani akan menjadi keluhan kehamilan serius. Sekian, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top