Sayuran yang tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil - Demi menjaga kehamilan agar tetap sehat dan bayi selamat, ibu hamil perlu selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Sayuran merupakan jenis makanan sehat yang sangat dianjurkan bagi manusia, akan tetapi tidak semua sayuran aman bagi ibu hamil. Untuk itu, bunda perlu menggali informasi mengenai sayuran yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil.

Di sisi lain, ibu hamil perlu menerapkan pola hidup sehat dan pola makan sehat serta menghindari semua pantangan saat hamil. Silakan baca pantangan makanan saat hamil.

Artikel ini akan membahas keterangan mengenai aneka macam sayur yang dapat membahayakan kehamilan. Untuk itu, simak penjelasan berikut hingga selesai agar wawasan seputar perawatan kehamilan semakin lengkap.

sayuran-yang-tidak-boleh-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Sayuran yang tidak Boleh untuk Ibu Hamil


Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil perlu mengkonsumsi aneka macam sayuran yang banyak mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, mineral,  serat, zat besi dan lain lain. Selain itu, ibu hamil harus menghindari sayuran yang dapat membahayakan kehamilan. Apa saja sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil itu ? Antara lain adalah sebagai berikut.

1. Sayuran mengandung pestisida berbahaya untuk ibu hamil


Sebagaimana kita ketahui bahwa sayuran merupakan jenis makanan sehat yang sangat dianjurkan bagi manusia tak terkecuali ibu hamil. Sayuran yang terlihat segar sering kali menjadi pilihan masyarakat  karena sangat menarik hati. Namun demikian, Bunda perlu waspada karena terkadang sayuran yang terlihat sangat segar justru mengandung zat berbahaya seperti pestisida. Untuk itu, ibu hamil perlu selektif dalam memilih sayuran yang akan dimasak, mengingat paparan pestisida itu sangat berbahaya bagi keselamatan janin. Ibu hamil yang terkena paparan pestisida bisa mengakibatkan dampak buruk bagi janin seperti cacat lahir dan kelahiran tak normal.

2. Sayuran mentah


Sayuran mentah / lalapan merupakan salah satu jenis sayur yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil, pasalnya sayuran yang dimakan mentah besar kemungkinan terkontaminasi oleh bakteri berbahaya. Sebaiknya ibu hamil memasak sayuran yang akan dimakan hingga benar benar matang. Namun demikian, bunda msih tetap boleh makan lalapan asalkan dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Info selengkapnya bisa anda baca sayuran mentah untuk ibu hamil.

3. Sayuran busuk


Jangan tergoda dengan sayuran harga murah yang ditawarkan oleh para penjual sayur. Kadang kala, sayuran setengah busuk masih saja dijual dengan harga di bawah standart. Sayuran busuk sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa membahayakan janin dalam kandungan. Betapa tidak, sayuran busuk biasanya telah terkontaminasi oleh bakteri berbahaya yang dapat memicu masalah kehamilan serius bahkan keguguran. Untuk itu, pastikan bahwa sayuran yang akan anda masak adalah sayuran segar tanpa busuk sedikitpun.

4. Sayuran berjamur


Walaupun tergolong sayuran yang mengandung banyak nutrisi, tapi kalau sayuran itu telah berjamur maka perlu dihindari oleh ibu hamil. Makanan berjamur tidak lah baik bagi kesehatan manusia, terlebih lagi bagi ibu hamil. Sebagian orang menganggap bahwa sayuran berjamur aman dikonsumsi selama bagian yang berjamur dibuang. Anggapan itu sepertinya masuk akal namun tidak begitu kenyataannya, meski telah dibuang bagian yang berjamur sayuran tersebut masih saja berbahaya.

5. Sayuran kotor


Walaupun telah dimasak di atas api hingga matang, bukan berarti Anda boleh sembarangan memasak sayuran kotor tanpa dicuci lebih dulu. Dengan mencuci bersih sayuran yang akan dimasak berarti dapat meminimalisir bakteri yang terkandung dalam sayuran. Apapun jenis makanan yang akan Anda konsumsi, pastikan bahwa makanan tersebut adalah makanan yang benar benar bersih dan tidak terkontaminasi dengan kotoran. Terkait dengan hal ini, Anda juga perlu memasak sayuran dengan cara yang benar dan bersih agar sayuran yang anda konsumsi benar benar sehat.

Itulah beberapa jenis sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil. Pada dasarnya, sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk menjaga kesehatan karena kandungan nutrsi di dalamnya sangat lengkap. Sekian, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top