5 Top Jus bagi Ibu Hamil yang Wajib Anda Ketahui

Kali ini kami akan membahas tentang 5 top jus bagi ibu hamil, baik top kandungan nutrisinya maupun top rasanya. Di saat cuaca panas seperti sekarang ini, minum jus segar memang sangat cocok, apalagi kalau ditambah dengan sedikit es batu. Sebagian orang menganggap bahwa minum es jus saat hamil itu tidak baik, bisa membuat bayi tumbuh terlalu besar sehingga mempersulit proses persalinan, padahal sebenarnya bukan es yang memicu keadaan tersebut tapi konsumsi gula yang terlalu berlebihan. Setelah kemarin kami membahas tentang manfaat jus tomat dan wortel untuk ibu hamil, pada kesempatan ini kami lanjutkan pembahasan mengenai 5 top jus bagi ibu hamil.

Pendapat orang mengenai jus favorit untuk ibu hamil itu berbeda - beda, namun lima jenis buah bahan jus ini bisa Anda coba karena cukup menyegarkan dan mengandung banyak nutrisi. Lantas, apa saja jus yang baik untuk ibu hamil itu ? silakan simak penjelasan di bawah ini :)

Top Jus bagi Ibu Hamil


5-top-jus-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Pada zaman yang serba canggih ini, kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan jus buah segar. Bahkan sekarang ini sudah banyak dijual minuman jus siap minum yang dijual di dalam kemasan. Perlu kami sampaikan bahwa jus yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil adalah jus buah segar, syukur dibuat sendiri dengan campuran bahan yang tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan janin.

Ada banyak jus buah yang cocok diminum oleh ibu hamil seperti jus lemon, jus tomat, jus alpukat, jus wortel dan lain lain. Penjelasan selengkapnya bisa Anda baca pada ulasan di bawah ini.

1. Jus alpukat untuk ibu hamil


Manfaat dan khasiat yang disumbangkan oleh buah alpukat sudah tidak diragukan lagi. Kandungan asam folat pada alpukat sangat tinggi sehingga sangat membantu proses perkembangan jaringan janin. Untuk mendapatkan jus alpukat yang segar, Anda bisa menambahkan sedikit gula dan es (jangan banyak banyak).

Meski banyak menyumbangkan manfaat namun ibu hamil tidak boleh berlebihan minum jus alpukat ini karena sebaik apapun makanan yang kita konsumsi tapi kalau dikonsumsi di luar batas wajar maka bisa menyebabkan sesuatu yang tidak kita inginkan. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat alpukat bisa Anda baca manfaat jus alpukat untuk ibu hamil.

2. Jus wortel


Meski tergolong sayuran namun wortel dapat Anda buat jus yang cukup menyegarkan. Agar jus tomat yang Anda buat benar benar aman dan bermanfaaat, sebaiknya pilih wortel organik yang tidak banyak terkontaminasi oleh pestisida dan obat kimia lainnya. Adapun manfaat jus wortel untuk ibu hamil antara lain adalah menjaga kesehatan mata, menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerontokan rambut.

3. Jus apel


Manfaat apel untuk ibu hamil tidak bisa dianggap remeh karena apel mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil, salah satunya adalah zat besi. Zat besi dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi anemia, sedangkan anemia itu sendiri dapat menyebabkan ibu hamil terasa lelah. Selain itu, jus apel juga berkhasiat untuk membantu proses perkembangan otak pada janin. Oleh karena dapat menyumbangkan banyak manfaat, tak ada salahnya apabila jus apel dimasukkan dalam 5 top jus untuk ibu hamil.

4. Jus lemon


Kandungan vitamin C pada buah lemon tergolong cukup tinggi sehingga jus lemon bisa Anda jadikan sebagai jus pilihan. Mengapa demikian ? karena vitamin C sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, mencegah sariawan dan mengatasi sakit tenggorokan. Tak hanya itu, jus lemon juga dapat membantu mengoptimalkan proses penyerapan kalium oleh tubuh.

5. Jus stroberi


Buah berbentuk kecil mungil berwarna merah dengan rasa agak kecut ini bisa Anda jadikan sebagai jus pilihan. Salah satu manfaat stroberi bagi ibu hamil adalah dapat membantu memperbaiki mood. Seperti yang kita ketahui bahwa mood dan emosi ibu hamil biasanya kacau karena perubahan hormon. Di sini lah letak salah satu manfaat jus stroberi. Selain itu stroberi juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Tips Pembuatan Jus untuk Ibu Hamil


Untuk mendapatkan manfaat yang sempurna, jus perlu dibuat dengan cara yang tepat. Sebelum mengakhiri artikel ini kami akan sampaikan beberapa tips membuat jus sehat bagi ibu hamil. Silakan perhatikan beberapa poin di bawah ini :)

  • Pilih buah yang masih segar, syukur buah organik
  • Buat jus tanpa campuran gula, andaikan memakai gula sebaiknya jangan berlebihan
  • Jangan memakai bahan pemanis buatan
  • Sebaiknya jangan mengkonsumsi jus sampai kekenyangan
  • Tidak perlu mencampur jus dengan bahan herbal
  • Apabila mau memberi campuran es, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan badan

Demikianlah informasi terkait 5 top jus untuk ibu hamil yang bisa kami tulis pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami tulis di atas bisa menyumbangkan banyak manfaat  bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top