Akibat Ibu Hamil tidak Minum Susu Sama Sekali

Akibat ibu hamil tidak minum susu sama sekali ⏩ Pasangan suami istri harus kompak untuk saling menjaga dan mengingatkan perawatan kehamilan. Mencukupi kebutuhan nutrisi adalah hal wajib yang harus dilakukan ibu hamil, pasalnya nutrisi yang tercukupi dengan baik tidak hanya bermanfaat bagi ibu tapi juga bermanfaat bagi janin.

Memilih sumber nutrisi yang tepat adalah satu hal penting yang tidak boleh diabaikan oleh ibu hamil. Salah satu pilihan sumber nutrisi yang tepat adalah dengan mengkonsumsi susu selama kehamilan berjalan.

Mengenai berapa kali aturan minum susu untuk ibu hamil, hingga sekarang masih belum ada aturan pasti. Namun jangan khawatir, kami telah mengulas pembahasan tentang aturan minum susu bagi ibu hamil, silakan baca minum susu hamil sebaiknya berapa kali ?

akibat-ibu-hamil-tidak-minum-susu-sama-sekali
image from pixabay

Akibat Ibu Hamil tidak Minum Susu


Perlu Anda ketahui bahwa susu adalah minuman yang sangat mengandung banyak manfaat bagi manusia tak terkecuali ibu hamil. Oleh karena mengandung banyak manfaat, ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum susu kehamilan setiap hari.

Dengan mengkonsumsi susu, Anda akan mendapatkan beberapa asupan nutrisi penting seperti kalsium, protein, vitamin D, asam folat dan lain - lain. Berikut ulasannya :)

Kandungan Nutrisi Susu Kehamilan


Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan dan membantu tumbuh kembang janin. Adapun kandungan nutrisi dalam susu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Protein


Protein diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu proses pembentukan jaringan tubuh janin, diantaranya adalah pembentukan tulang dan otot. Selain itu, protein juga bermanfaat bagi ibu hamil dalam membantu produksi air ketuban, sedangkan air ketuban itu sendiri sangat penting bagi janin. Dalam satu hari, ibu hamil membutuhkan kurang lebih 60m gram tiap hari.

2. Kalsium dan Vitamin D


Kalsium dan vitamin D dibutuhkan ibu hamil untuk membantu proses pembentukan tulang janin dan untuk menjaga kesehatan tulang ibu. Tak hanya itu, kalsium juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu melancarkan produksi ASI kelak setelah bayi lahir. Susu merupakan minuman tinggi kalsium yang sangat cocok untuk ibu hamil.

3. Kalori


Ibu hamil memerlukan asupan kalori agar aktivitas sehari - hari berjalan dengan baik dan tidak letih lelah. Biasanya ibu hamil merasakan sangat lelah di usia kehamilan muda, maka dari itu diperlukan asupan kalori yang cukup. Susu bisa Anda jadikan sebagai pilihan minuman yang bermanfaat sebagai sumber tenaga.

4. Zat besi


Selain mengandung berbagai macam nutrisi di atas, susu juga mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah anemia atau kurang darah. Letih, lemas, lelah dan pingsan sering kali terjadi pada ibu hamil yang mengalami anemia. Agar kebutuhan zat besi terpenuhi, silakan konsumsi makanan penambah darah ibu hamil.

5. Asam folat


Asam folat adalah nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh janin untuk membantu pembentukan organ dalam, membantu pembentukan tulang dan otak. Kekurangan asam folat sangat tidak baik bagi janin, maka ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi.

6. Nutrisi lain yang banyak manfaatnya


Susu juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh janin seperti AHA dan DHA. AHA dan DHA diperlukan oleh janin untuk membantu perkembangan otak janin.  Selain itu, susu juga mengandung fospor, vitamin A, dan seng.

Lantas, apa akibat ibu hamil tidak minum susu sama sekali ? apakah berbahaya ?
Ibu hamil yang tidak minum susu karena suatu sebab seperti alergi dan sejenisnya tidak perlu takut. Kehamilan akan tetap berjalan dengan baik selama bunda mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan.

Meskipun tidak minum susu, tapi kalau kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik maka janin akan tetap berkembang dengan baik sesuai dengan harapan. Sebaliknya, meskipun mau minum susu tapi kalau tidak dibarengi dengan pola makan sehat, itu juga kurang baik.

Intinya, tidak minum susu selama hamil itu tidak berbahaya asalkan bunda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik seperti kalsium, protein, asam folat, zat besi, kalori dan lain - lain.

Adapun bagi ibu hamil yang tidak ada kendala apapun untuk minum susu, dianjurkan untuk rutin minum susu dalam jumlah wajar. Apabila Anda tidak cocok dengan salah satu produk susu kehamilan, silakan mencoba produk susu kehamilan yang lain.

Demikian info terkait akibat ibu hamil tidak minum susu sama sekali. Semega apa yang kami sampaikan pada artikel ini dapat menyumbangkan manfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top