Bahaya Tomat bagi Ibu Hamil, Ini Penjelasannya

Apakah tomat itu berbahaya bagi ibu hamil ? Mungkin Anda termasuk orang yang sedang mencari tahu informasi seputar konsumsi tomat saat sedang hamil. Memang ada kabar simpang siur yang tersebar di kalangan masyarakat terkait makan tomat saat sedang hamil. Ada sebagian kecil orang yang mengatakan bahwa tomat itu tidak baik bagi ibu hamil, bahkan bisa menyebabkan masalah kehamilan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang bahaya tomat bagi ibu hamil, apakah benar adanya atau justru sebaliknya.

Sebelum melanjutkan pembahasan ini, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu tentang buah yang tidak baik untuk ibu hamil pada artikel berjudul makanan yang tidak boleh dikonsusi ibu hamil.

Perlu Anda ketahui bahwa tomat itu termasuk kelompok buah - buahan yang bisa dijadikan sebagai pelengkap menu masakan sehingga sampai sekarang ada sebagian yang memasukkan tomat dalam kelompok buah dan ada yang memasukkan tomat dalam kelompok sayuran. Termasuk buah atau sayur itu tidak perlu diperdebatkan, yang terpenting adalah info akurat tentang buah tomat, apakah bermanfaat bagi ibu hamil atau justru berbahaya.

bahaya-tomat-bagi-ibu-hamil


Bahaya Tomat bagi Ibu Hamil


Pada dasarnya segala jenis makanan yang dikonsumsi di luar batas wajar dan atau dikonsumsi dengan cara yang salah itu bisa menyebabkan masalah kesehatan yang tidak diinginkan. Meski tergolong makanan bernutrisi tinggi tapi kalau dimakan secara berlebihan atau dimasak dengan campuran bahan berbahaya atau tercampur dengan bahan yang kotor maka dapat membahayakan ibu hamil.

Sebenarnya tomat itu mengandung banyak nutrisi bermanfaat seperti vitamin, protein dan kalsium jadi tomat dapat menyumbangkan manfaat bagi ibu hamil. Namun demikian, Anda jangan berlebihan dalam mengkonsumsi buah tomat, jangan mencampur olahan tomat dengan bahan berbahaya dan hendaknya tomat dicuci lebih dulu hingga bersih sebelum dimasak atau dimakan.

Untuk memastikan apakah Anda termasuk orang yang aman untuk mengkonsumsi tomat, silakan konsultasi ke dokter terdekat. Hal ini penting dilakukan ketika Anda ragu untuk makan tomat atau mempunyai keluhan kesehatan yang mengharuskan diri untuk menghindari makan tomat. Untuk itu, sekali lagi kami sarankan jika ada keraguan dalam hati untuk mengkonsumsi tomat maka silakan konsultasi ke dokter.

Manfaat Tomat bagi Ibu Hamil


Dalam keadaan wajar, tomat justru akan memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Sebanrnya kami telah menulisnya beberapa waktu lalu pada artikel berjudul manfaat tomat untuk ibu hamil, namun sebagai pelengkap informasi pada artikel ini sedikit akan kami ulas kembali. Beberapa manfaat tomat untuk ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :)

1. Tomat dapat mencegah sariawan


Kandungan vitamin C pada tomat tergolong sangat tinggi sehingga dapat mencegah sekaligus menyembuhkan sariawan dan bibir pecah pecah. Tak perlu makan tomat terlalu banyak, cukup mengkonsumsi tomat ala kadarnya saja degan cara dijus, dimakan langsung atau disayur maka Anda akan mendapatkan asupan vitamin C yang berkhasiat untuk mengatasi sariawan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Manfaat vitamin C tidak hanya mencegah sariawan tetapi juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak gampang terserang penyakit. Apabila ibu hamil tidak gampang terserang penyakit, tentu janin dalam kandungan akan mendapatkan dampak positif dari keadaan itu. Sebaliknya jika ibu hamil mudah terserang penyakit, kesehatan janin pun akan terancam.

3. Menguatkan tulang


Selain mengandung vitamin C, tomat juga memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan nyeri sendi. Selain bermanfaat bagi ibu, kalsium juga bermanfaat bagi janin untuk membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Selama kehamilan berlangsung, hendakya ibu hamil mencukupi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi susu dan makanan yang banyak mengandung kalsium.

Demikian lah informasi yang dapat kami tulis seputar manfaat dan bahaya tomat bagi ibu hamil. Semoga apa yang kami tulis di atas bisa menambah wawasan dalam menjaga dan merawat kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top