Batasan Minum Teh untuk Ibu Hamil yang Aman

Minum  teh dikategorikan aktivitas yang aman untuk ibu hamil selama dikonsumsi dalam batasan wajar. Sebagai wanita hamil, kita wajib menjaga pola makan dan selektif dalam memilih segala macam makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Betapa tidak, kalau kita salah pilih makanan dan minuman maka janin dalam kandungan bisa terancam keselamatannya. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan sedikit mengulas tentang batasan minum teh untuk ibu hamil yang aman.

Sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa minum teh saat hamil itu bisa memberikan manfaat baik pada ibu hamil namun bisa juga menimbulkan bahaya. Penjelasan selengkapnya bisa Anda baca manfaat minum teh untuk ibu hamil dan bahayanya.

batasan-minum-teh-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Minum teh di pagi hari memaa\ng satu aktivitas yang benar - benar asyik, apalagi dibarengi dengan camilan yang cocok. Bukan hanya ibu hamil, hampir semua orang menyukainya namun sebagai ibu hamil hendaknya memperhatikan keselamatan si jabang bay yang ada di dalam kandungan. Jangan sampai hanya gara - gara salah mengkonsumsi makanan  atau minuman, kesehatan dan keselamatan janin terancam.

Batasan Minum Teh Untuk Ibu Hamil


Perlu Anda ketahui bahwa minum teh tergolong aktivitas yang aman bagi ibu hamil, asal tidak berlebihan. Kandungan kafein dalam teh tergolong rendah sehingga tidak membahayakan janin, namun  apabila ibu hamil minum teh terlalu banyak maka sama dengan memberi pasokan banyak kafein pada tubuh sehingga dapat membahayakan kehamilan.

Menurut penjelasan yang disampaikan oleh beberapa ahli kesehatan, minum teh satu cangkir setiap hari masih dikategorikan aman untuk ibu hamil. Kendati demikian, ibu hamil harus tetap waspada akan kesehatan sang buah hati karena umumnya pembuatan teh itu diberi campuran gula sehingga dapat membuat berat badan janin berlebih apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Lantas, berapa batas aman minum teh saat hamil ??


Menurut penuturan dari ahli kesehatan, batas maksimal minum teh saat hamil adalah dua cangkir. Ini bukan sebuah aturan pokok,  namun merupakan anjuran yang perlu diindahkan oleh setiap ibu hamil.

Kenapa minum teh saat hamil itu perlu dibatasi ? Karena teh mengandung kafein meski hanya dalam jumlah kecil. Dengan demikian, apabila ibu hamil terlalu banyak minum teh maka dapat meningkatkan resiko keluhan kehamilan bahkan dapat menyebabkan masalah kehamilan serius.

Teh bukan lah termasuk minuman yang menyebabkan keguguran,  namun alangkah bijaksananya jika ibu hamil membatasi dalam minum teh, apalagi teh hijau yang konon kabarnya memiliki kandungan kafein lebih tinggi daripada teh biasa.

Konsumsi minuman berkafein, baik dari teh maupun dari kopi umumnya tidak sampai membuat keguguran namun bisa mempengaruhi kondisi kesehatan serta tumbuh kembang janin. Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumi minuman berkafein dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur dam bayi terlahir dalam kondisi cacat.

Minuman yang dapat Membahayakan Kehamilan


Sebagai wanita hamil, sudah sepantasnya untuk menjaga dan merawat kehamilan dengan sebaik - baiknya. Salah satu cara untuk menjaga kehamilan adalah dengan menghindari pantangan ibu hamil, baik berupa makanan maupun minuman. Di bawah ini adalah beberapa jenis minuman yang perlu dihindari selama kehamilan berlangsung
:)

  • Minuman beralkohol
  • Minum kopi berlebihan
  • Susu yang tidak dipasteurisasi
  • Minuman yang mengandung bahan pengawet berbahaya
  • Minuman yang mengandung pemanis buatan
  • Dan lain lain

Demikianlah informasi terkait dengan batasan minum teh untuk ibu hamil yang aman. Menjaga kehamilan memang berat, namun jangan pernah putus asa dalam menjaga kehamilan agar kelak sang buah hati terlahir dengan selamat tanpa ada kendala suatu apa. Sekian, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top