Bolehkah ibu hamil muda makan buah delima ? Ini Penjelasannya

Bolehkah ibu hamil muda makan buah delima ? Pertanyaan ini mungkin saja terbersit di hati anda karena kehati -hatian dalam menjaga dan merawat kehamilan. Perlu kami sampaikan bahwa manfaat buah delima untuk ibu hamil dan janin tergolong sangat banyak karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan. Namun demikian, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi buah delima karena konsumsi delima dalam jumlah banyak justru dapat mengganggu kehamilan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit membahas tentang delima untuk ibu hamil muda ? boleh arau tidak ? bermanfaat atau berdampak buruk bagi ibu hamil?

Sebelum melanjutkan pembahasan tentang buah delima, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu ulasan mengenai buah yang baik untuk ibu hamil pada artikel berjudul buah yang baik untuk ibu hamil.

Pada dasarnya, nutrisi yang terkandung dalam segala macam buah segar sangat diperlukan oleh manusia untuk menjaga dan merawat kesehatannya. Terlebih lagi bagi ibu hamil, nutrisi tidak hanya diperlukan oleh tubuhnya, melainkan juga diperuntukkan untuk sang buah hati.

bolehkah-ibu-hamil-muda-makan-buah-delima
image from pixabay

Bolehkan ibu hamil muda makan buah delima ?


Buah delima termasuk salah satu dari sekian banyak buah yang banyak mengandung nutrisi bermanfaat sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jadi, kalau Anda bertanya apakah makan buah delima aman bagi ibu hamil ? tentu boleh asalkan tidak dimakan dalam jumlah berlebihan.

Makan buah delima dalam jumlah melebihi batas wajar justru dapat menyebabkan dampak kurang baik bagi ibu hamil. Tak hanya buah delima, aneka buah segar lain yang kaya akan nutrisi juga tidak boleh dikonsumsi berlebihan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil


Bah delima mempunyai kandungan nutrisi yang sangat lengkap, antara lain adalah :

➠ Karbohidrat
➠ vitamin
➠ asam sitrat
➠ flavonoid
➠ asam malat
➠ asam folat
➠ Vitamin A
➠ vitamin C
➠ Vitamin B6
➠ Vitamin E
➠ Kalsium
➠ Mineral
➠ Zat besi
➠ Fospor

Konsumsi delima dalam jumlah wajar akan memberikan dampak positif bagi ibu hamil dan si jabang bayi. Manfaat buah delima untuk ibu hamil bisa dibilang cukup banyak, diantaranya adalah sebagai berikut :)

1. Membantu perkembangan otak janin


Asam folat yang terdapat di dalam buah delima bermanfaat untuk membantu proses perkembangan otak janin sehingga janin terlahir dengan normal. Beberapa orang menyebutkan bahwa ibu hamil yang kekurangan asupan asam folat akan berdampak jelek pada janin dan memperbesar resiko bayi terlahir dengan cacat mental.

Aneka macam buah yang banyak mengandung asam folat bisa Anda baca pada makanan yang mengandung asam folat tinggi. Adapun manfaat asam folat antara lain adalah membantu perkembangan otak janin dan meningkatkan imunitas ibu hamil.

2. Membantu pembentukan tulang janin


Kandungan kalsium dan fospor pada buah delima dapat membantu mengoptimalkan perkembangan tulang dan gigi janin. Tak hanya bermanfaat untuk janin, kalium dan fospor juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan mencegah terjadinya osteoporosis (pengeroposan tulang). Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, sebaiknya ibu hamil rutin mengkonsumsi susu ibu hamil yang bagus.

3. Penyumbang vitamin C


Manfaat vitamin c untuk ibu hamil sangat lah banyak, diantaranya adalah meningkatkan sistem imun, menangkal radikal bebas, mencegah sariawan dan bibir pecah - pecah. Ibu hamil hendaknya memenuhi kebutuhan vitamin C yang bisa diperoleh dari buah buahan segar seperti jeruk, lemon, tomat, buah delima dan lain - lain.

4. Mencegah dehidrasi


Selain manfaat tersebut di atas, buah delima juga dapat mencegah dehidarasi karena kandungan kalium dan natriumnya cukup banyak. Entah apapun kesibukan Anda, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena dehidrasi dapat menyebabkan keadaan buruk bagi ibu hamil dan janin. Memang salah satu manfaat delima untuk ibu hamil adalah dapat mencegah dehidrasi namun jangan sampai meninggalkan konsumsi air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

5. Mencegah kram pada kaki


Pada usia kehamilan trimester ketiga, banyak ibu hamil yang mengeluhkan kram kaki yang tak kunjung henti. Keadaan ini terjadi mungkin karena berat badan ibu hamil yang semakin meningkat. Untuk menegah dan meringankan kram kaki, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium salah satunya adalah buah delima.

Itulah manfaat buah delima untuk ibu hamil yang dapat kami ulas. Melihat kandungan nutrisi buah delima yang cukup banyak, maka kalau Anda bertanya bolehkah ibu hamil muda makan buah delima ? jawab : boleh, asal tidak berlebihan dan dikonsumsi dalam keadaan bersih. Sekian info yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top