Cara Mengatasi Kaki, Punggung dan Badan Pegal saat Hamil

Cara mengatasi kaki dan badan pegal saat hamil perlu diketahui oleh ibu hamil untuk menangani secara tepat apa yang seharusnya dilakukan ketika menjumpai keadaan itu. Badan pegal memang wajar dialami oleh manusia, tak terkecuali ibu hamil, apalagi kalau habis melakukan aktivitas yang melelahkan. Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kami akan share uraian singkat mengenai tips dan tata cara mengatasi kaki, punggung dan badan pegal saat hamil.

Badan pegal banyak dikeluhkan oleh wanita hamil terutama ketika usia kandungan telah memasuki bulan terakhir, apalagi kalau tanda persalinan sudah mulai muncul. Silakan baca dulu tanda akan melahirkan normal.

Punggung dan kaki pegal tidak lah termasuk keluhan serius, namun jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka aktivitas terasa tidak nyaman sehingga kehamilan kurang begitu menyenangkan. Jangan sembarangan minum obat pegal kecuali tanpa resep dokter karena janin masih sangat sensitif. Lantas, apa yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi badan pegal ? silakan simak penjelasan di bawah ini :)

cara-mengatasi-kaki-punggung-badan-pegal-saat-hamil
image from pixabay

Cara Mengatasi Kaki dan Padan Pegal saat Hamil


Badan pegal kerap kali dikeluhkan ibu hamil di segala usia, mulai dari usia kandungan muda hingga menjelang persalinan. Penyebab keluhan ini antara lain adalah :

  • Terjadinya perubahan hormon ibu hamil
  • Ibu hamil mengalami pertambahan berat badan
  • Bayi berkembang menjadi semakin besar
  • Pikiran stress
  • Terkena serangan penyakit seperti flu dan sejenisnya
  • Peredaran darah tak lancar
  • Dan lain lain

Entah apa apapun penyebab badan dan punggung terasa pegal, Anda perlu segera menanganinya secara tepat agar kehamilan terasa nyaman. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan agar badan terasa enak dan tidak pegal ? Berikut penjelasannya.

Cara Mudah Atasi Pegal saat Hamil


Kaki, punggung dan badan pegal sungguh membuat badan terasa tak nyaman. Untuk itu, segera saja lakukan langkah sederhana untuk mengatasi keluhan ini. Apabila badan anda terasa sangat pegal, silakan datang ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang pas, apalagi kalau badan pegal tersebut disertai dengan keluhan lain.

Dokter akan memberikan obat yang pas dengan kondisi Anda, yaitu obat yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Jangan sembarangan minum obat yang dibeli dari toko obat tanpa resep dokter.

Kalau Anda enggan untuk datang ke dokter guna mendapatkan resep obat yang pas, Anda bisa melakukan langkah sederhana dengan menerapkan beberapa tips yang kami tulis di dalam artikel ini. Dinataranya adalah sebagai berikut.

1. Mandi air hangat


Salah satu cara mengatasi kaki, punggung dan badan pegal saat hamil adalah dengan mandi air hangat. Mandi air hangat terbukti dapat meringankan pegal karena dengan mandi air hangat peredaran darah menjadi lancar.

Selain itu, mandi air hangat juga memberikan efek nyaman bagi tubuh, baik saat sedang mandi atau sesudahnya. Badan pegal bawaannya ingin digerak - gerakkan saja, namun sebaiknya jangan lakukan hal itu karena justru dapat menambah pegal.

2. Olahraga ringan


Mungkin saat ini badan Anda terasa lelah, letih dan tidak bersemangat. Keadaan ini wajar dialami ibu hamil namun jangan salah ! bukan berarti anda tidak boleh berolahraga.

Olahraga ringan yang dilakukan secara rutin dan teratur akan memberikan dampak baik pada tubuh Anda karena peredaran darah berjalan dengan lancar. Adapun jenis olahraga yang cocok untuk ibu hamil bisa Anda baca pada olahraga yang aman untuk ibu hamil.

3. Pijatan lembut


Untuk menghilangkan pegal - pegal, Anda bisa minta tolong kepada suami atau keluarga untuk memijat lembut pada bagian kaki, punggung dan badan Anda. Selain dapat melancarkan peredaran darah, pijatan lembut juga dapat memberikan efek rileks.

Pemijatan ini sebaiknya dilakukan di ruangan tertutup tanpa AC dan kipas angin. Penggunaan lotion dan atau bahan urut tidak dilarang asalkan penggunaannya dalam jumlah wajar.

Demikian informasi terkait cara mengatasi kaki, punggung dan badan pegal saat hamil. Satu hal lagi yang perlu Anda lakukan yaitu dalam mengambil posisi tidur sebaiknya posisikan badan dengan baik agar tidak salah tidur. Sekian info yang dapat kami share semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top