Cara Mengatasi Sariawan pada Ibu Hamil Secara Alami

Sariawan yang dialami oleh ibu hamil bisa diatasi secara alami dengan bahan - bahan sederhana yang mudah didapat. Meski banyak orang menganggap bahwa sariawan adalah sakit ringan yang tak perlu ditakutkan, namun sebenarnya sariawan cukup mengganggu kenyamanan, apalagi bagi ibu hamil. Orang yang terkena sariawan biasanya naf$u makan menurun, hal ini tentu berdampak kurang baik pada ibu hamil karena seharusnya ibu hamil mendapatkan asupan nutrisi yang cukup agar janin dapat berkembang dengan baik. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan tentang cara mengatasi sariawan pada ibu hamil secara alami.

Perubahan hormon yang dialami oleh ibu hamil sering kali menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan yang mengganggu kenyamanan. Mulai dari letih, lelah, pusing, mual, muntah, sariawan hingga sering pingsan kerap dalami oleh ibu hamil.

Berbagai macam keluhan tersebut memang umum dialami oleh ibu hamil, namun bukan berarti ibu hamil cukup diam di tempat tanpa berusaha untuk mengatasi keluhan itu. Walaupun wajar tapi kalau dibiarkan maka akan menimbulkan dampak kurang baik bagi ibu dan janin.

cara-mengatasi-sariawan-pada-ibu-hamil-secara-alami
image from pixabay

Cara Mengatasi Sariawan pada Ibu Hamil


Sariawan memang tidak termasuk sakit yang membahayakan, bahkan tak jarang orang yang menyepelekan sakit yang satu ini. Namun Anda harus tahu bahwa sariawan itu bisa menyebabkan naf$u makan menurun sehingga asupan nutrisi tidak dapat terpenuhi dengan sempurna.

Untuk itu, apabila Anda terkena sariawan sebaiknya segera atasi dengan cara yang aman, salah satunya adalah dengan menggunakan bahan - bahan alami. Pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan informasi tentang bahan alami yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi sariawan.

Silakan pilih salah satu cara yang paling cocok di hati untuk diterapkan. Namun demikian, apabila Anda merasa kurang cocok dengan cara alam ini, silakan langsung datang ke dokter untuk mendapatkan resep obat sariawan.

Warning ! jangan sembarangan menggunakan obat yang dijual di toko obat tanpa resep dari dokter karena janin dalam kandungan Anda masih sangat sensitif. Adapun bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi sariawan ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Atasi sariawan dengan madu dan pisang


Pisang dan madu kerap kali dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghalau sariawan yang datang tak diundang. Kombinasi dua bahan ini cukup efektif untuk mengobati sariawan karena mengandung banyak vitamin dan mineral.

Pisang dan madu juga mengandung zat anti peradangan sehingga snagat bagus untuk menyembuhkan sariawan dan iritasi pada kulit. Adapun cara mengatasi sariawan pada ibu hamil dengan bahan ini sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan pisang kemudian dicampur madu lalu oleskan pada sariawan sehari dua kali.

Cukup mudah bukan ? Kalau Anda ingin mencoba cara ini silakan segera cari pisang dan madu dan terapkan cara di atas. Sebaiknya madu yang Anda gunakan adalah madu murni, jangan asal pakai madu.

2. Air kelapa


Sebagaimana kita ketahui bahwa penyebab utama sariawan adalah panas dalam, perubahan hormon bukan sebagai penyebab utama. Oleh karena itu, untuk menyembuhkan sariawan Anda harus mengatasi panas dalam, salah satu caranya adalah dengan minum air kelapa.

Air kelapa muda merupakan minuman segar yang berkhasiat untuk meredakan panas dalam, mengobati sariawan dan membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Informasi lebih lengkap mengenai manfaat air kelapa bagi ibu hamil bisa Anda baca manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil.

3. Jeruk


Jeruk termasuk buah - buahan segar yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Manfaat vitamin C sangat lah banyak, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu mengatasi sariawan, bibir pecah pecah dan sakit tenggorokan.

Adapun cara mengatasi sariawan pada ibu hamil dengan buah jeruk adalah dengan mengkonsumsinya secara langsung atau dibuat minuman. Untuk mendapatkan minuman segar dengan bahan jeruk silakan baca cara membuat jus lemon untuk ibu hamil.

4. Daun jambu


Daun jambu biji juga dapat Anda jadikan sebagai bahan alami untuk mengatasi sariawan. Manfaat daun jambu biji tidak hanya untuk mengatasi diare, namun juga dapat meringankan sariawan.

Untuk mengobati sariawan, Anda tinggal mengunyah daun jambu biji sampai lembut kemudian tempelkan pada bibir yang terkena sariawan. Lakukan cara ini paling tidak sehari dua kali agar hasilnya dapat segera terlihat.

Itulah cara mengatasi sariawan pada ibu hamil secara alami yang dapat kami tulis. Jika Anda telah mempraktekkan cara tersebut di atas namun sariawan belum juga sembuh, silakan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan resep obat yang cocok. Sekian yang dapat kami sampaikan, bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top