Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi pada Ibu Hamil

Menurunkan darah tinggi pada ibu hamil perlu dilakukan dengan cara yang tepat, pasalnya wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarangan minum obat. Ibu hamil yang mempunyai tekanan darah tinggi (hipertensi) hendaknya melakukan segenap cara untuk menstabilkan tekanan darah karena hipertensi dapat memicu terjadinya masalah kehamilan serius. Untuk itu, pada kesempatan ini kami akan sedikit mengulas tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

untuk mencegah kemungkinan buruk, sebaiknya Anda rutin memeriksakan kehamilan sejak awal karena dokter akan memberikan segenap saran untuk meminimalkan resiko terjadinya keluhan kehamilan yang berbahaya.

Pola hidup tak sehat dan pikiran stres merupakan pemicu utama hipertensi, maka dari itu ibu hamil perlu menjaga pola hidup yang sehat serta tidak banyak pikiran selama kehamilan berlangsung. Apabila ibu hamil terlanjur memiliki tekanan darah tinggi maka mau tidak mau ia harus berjuang untuk menstabilkan tekanan darahnya.

cara-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-pada-ibu-hamil
image from pixabay

Cara menurunkan Tekanan Darah Tinggi Pada Ibu Hamil


Lantas, apa yang harus dilakukan oleh ibu hamil untuk menstabilkan tekanan darah ? Silakan simak uraian penjelasan pada artikel di bawah ini hingga selesai.

1. Turunkan tekanan daarh dengan memperbaiki pola makan


Biasanya hipertensi terjadi akibat pola makan yang kurang sehat. Makanan yang banyak mengandung lemak dan garam seperti fast food adalah makanan yang perlu dihindari guna menstabilkan tekanan darah. Jika Anda merasa keberatan untuk menghindari makanan fast food, paling tidak kurangi porsi makan dan atau frekuensi dalam mengkonsumsi makanan tersebut.

Aneka jenis makanan tinggi lemak dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah karena terjadi plak pada dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang terhambat oleh lemak jahat mengakibatkan tekanan darah tinggi bahkan dapat menjadi pemicu terjadinya stroke. Untuk itu, apabila tekanan darah Anda tergolong tinggi maka sebisa mungkin hindari makanan yang banyak mengandung lemak jahat.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak garam dan atau diberi penyedap rasa juga perlu untuk dihindari. Perlu Anda ketahui bahwa makanan yang mengandung banyak garam natrium dapat mempengaruhi kinerja sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat memicu hipertensi. Maka dari itu, selain makanan yang mengandung lemak, Anda juga perlu membatasi konsumsi garam.

2. Mengkonsumsi makanan berkalium


menurut penuturan beberapa ahli kesehatan, hipertensi terjadi karena tidak seimbangnya kadar natrium dan kalium dalam tubuh, yaitu kadar natrium lebih tinggi dari pada kalium. Maka dari itu, salah satu cara untuk menurunkan darah tinggi pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalium guna menyeimbangkan kalium dan natrium dalam tubuh.

Adapun beberapa jenis makanan yang banyak mengandung kalium misalnya adalah buah pisang dan kacang - kacangan. uraian lebih lengkap mengenai manfaat pisang bagi ibu hamil bisa Anda baca manfaat pisang bagi ibu hamil dan janin.

3. Rutin olahraga


Meski sedang hamil Anda tak perlu takut untuk menjalani olahraga secara rutin karena olahraga tidak harus dilakukan dengan mengeluarkan banyak tenaga. Silakan pilih olahraga yang aman untuk ibu hamil guna memperkecil resiko terjadinya masalah kehamilan.

Olahraga secara rutin dan teratur dapat memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat mencegah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Warning ! olahraga yang perlu anda lakukan adalah olahraga ringan yang tidak membahayakan kehamilan seperti jalan santai, senam pernapasan, senam yoga dan lain - lain.

4. Istirahat cukup


Salah satu faktor yang dapat menyebabkan hipertensi adalah kelelahan. Sebagaimana kita ketahui bahwa wanita yang sedang hamil biasanya sering lelah meski tidak melakukan aktivitas berat. Untuk itu, ibu hamil perlu mendapatkan istirahat yang cukup dan jangan sampai kecapekan.

Apabila pekerjaan Anda adalah di depan komputer, sebaikya sering sering istirahat dan menggerak - gerakkan badan agar tidak terlalu capek. Info lebih lengkap terkait pekerjaan di depan komputer saat sedang hamil bisa Anda baca kerja di depan laptop saat hamil, amankah ?

Adapun istirahat yang paling baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah tidur terutama di waktu malam. Sebaiknya ibu hamil tidak tidur terlalu larut malam karena dapat memicu hipotensi maupun hipertensi. Dengan mendapatkan istirahat yang cukup diharapkan tekanan darah ibu hamil bisa stabil normal.

5. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkafein


Orang yang mempunyai kebiasaan minum kopi biasanya sulit untuk menguranginya, apalagi kalau sampai berhenti tidak minum kopi, rasanya sungguh sangat berat. Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi kafein dapat meningkatkan denyut jantung sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Untuk itu, apabila Anda memiliki tekanan darah tinggi maka alangkah baiknya menghindari segala macam makanan dan minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi dan sejenisnya.

6. Konsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah


Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Meski hasilnya tidak begitu memuaskan hati, namun banyak orang yang memilih cara ini untuk menurunkan tekanan darah. Adapun makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah diantaranya adalah coklat, jeruk, bawang putih dan ikan. Apabila Anda mendapatkan informasi terkait makanan yang dapat menstabilkan tekanan darah sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum dikonsumsi karena janin masih sangat sensitif.

7. Jangan stres


Terlalu banyak pikiran atau pikiran stress merupakan salah satu penyebab hipertensi yang paling banyak dialami oleh ibu hamil. Untuk itu, Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengatur emosi agar tidak sampai marah dan stress guna mencegah dan mengatasi hipertensi saat sedang hamil. untuk menenangkan pikiran Anda bisa mendengarkan lagu - lagu penyejuk hati dan atau bacaan ayat suci Alqur'an.

Demikian cara menurunkan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Dengan menerapkan beberapa cara di atas diharapkan tekanan darah Anda dapat stabil sehingga pikiran jadi tenang dan kehamilan dapat dijalani dengan menyenangkan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top