Contoh Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Contoh makanan bergizi untuk ibu hamil ⏩ Untuk menjaga kehamilan agar bayi sehat dan berkembang dengan baik, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat yang banyak mengandung gizi. Sebagai tambahan informasi mengenai makanan sehat dan bergizi tinggi, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan beberapa contoh makanan bergizi yang cocok untuk ibu hamil.

Ibu hamil tak boleh sembarangan dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi karena tidak semua makanan aman bagi janin. Coba simak penjelasan mengenai makanan larangan bagi ibu hamil pada makanan yang tidak boleh dimakan saat hamil.

Makanan bergizi tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, namun janin dalam kandungan juga membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap agar dapat berkembang dengan baik.

contoh-makanan-bergizi-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Contoh Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil


Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan baik berupa lauk, sayur dan buah - buahan yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Agar mudah untuk dipahami, penjelasan ini kami kelompokan menjadi 3 bagi bagian, yaitu lauk - pauk, buah dan sayur yang baik baik untuk ibu hamil.

Lauk Pauk Bergizi untuk Ibu Hamil


Dalam menyajikan menu makan harian, ibu hamil perlu menyiapkan lauk pauk yang sehat untuk ibu hamil. Lauk pauk termasuk elemen penting dalam penyajian empat sehat lima sempurna. Untuk itu, ibu hamil haus benar benar memilih lauk pauk yang bergizi dan tidak membahayakan kehamilan. Di bawah ini adalah beberapa contoh lauk yang baik untuk ibu hamil :)

1. Ikan nila


Ikan nila termasuk pilihan lauk hewani yang sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena ikan nila memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Nutrisi yang terkandung dalam ikan nila antara lain adalah protein, selenium, magnesium, fospor, vitamin B12 dan omega 3. Ikan nila bukan termasuk ikan yang mengandung merkuri sehingga aman bagi ibu hamil.

2. Ikan salmon


Ikan salmon tergolong ikan laut yang aman dikonsumsi ibu hamil karena hanya mengandung merkuri yang sangat rendah. Kandungan omega 3 dalam ikan salmon cukup tinggi sehingga dapat membantu proses perkembangan otak janin sehingga dapat meningkatkan kecerdasan bayi kelak setelah lahir. Warning ! jangan mengkonsumsi ikan salmon dalam keadaan mentah atau setengah matang untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

3. Udang


Udang juga bisa Anda pilih sebagai lauk yang melengkapi menu makan harian Anda. Udang memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti vitamin A, vitamin B12, tembaga, fospor, zat besi dan mineral. Namun demikian, Anda harus membatasi konsumsi udang karena udang cukup banyak kandungan lemak jenuhnya.

4. Tempe dan tahu


Tempe dan tahu merupakan hasil olahan kedelai menjadi bahan lauk yang sangat populer di Nusantara. Aneka macam hasil olahan tempe dan tahu bisa Anda buat dengan mudah. Kandungan protein dalam tempe dan tahu sangat tinggi sehingga sangat cocok disantap oleh ibu hamil karena janin banyak membutuhkan protein untuk membantu perkembangannya.

5. Telur


Telur juga termasuk contoh makanan bergizi untuk bu hamil, pasalnya telur termasuk lauk tinggi protein sehingga sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Namun demikian, Anda harus memasak telur hingga benar benar matang untuk menghindari hal yang tak diinginkan karena telur mentah atau setengah matang bisa saja terkontaminasi oleh bakteri berbahaya.

6. Daging


Daging sapi, daging ayam, daging bebek dan lain sejenisnya bisa Anda jadikan sebagai lauk harian. Kandungan protein pada daging sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan dan membantu proses pembentukan jaringan pada janin. Dalam membuat olahan daging sebaiknya jangan terlalu banyak merica karena dapat menimbulkan efek panas pada perut.

7. Hati


Hati adalah jenis lauk yang banyak mengandung zat besi sehingga sangat baik bagi ibu hamil untuk mencegah dan mengatasi anemia (kurang darah). Selain itu, hati juga mempunyai kandungan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tak hanya itu, hati juga mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin.

Sayuran Bergizi untuk Ibu Hamil


Selain jenis lauk pauk, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi sayuran yang baik untuk ibu hamil. Sayuran tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil tapi semua manusia butuh sayuran. Adapun sayuran bergizi tinggi yang cocok untuk ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :)

1. Sayur bayam


Sebagaimana kita ketahui bahwa bayam merupakan jenis sayuran yang sarat akan zat besi sehingga dapat mencegah kurang darah (anemia). Ibu hamil yang mengalami anemia akan merasakan letih, lelah dan mudah pingsan. Untuk mendapatkan manfaat sayur bayam, Anda harus memasak dan mengkonsumsinya dengan benar, jangan sembarangan.

Lanjutan artikel tentang contoh makanan bergizi untuk ibu hamil bisa Anda baca DISINI. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top