Hal yang Harus dilakukan Suami Ketika Istri Hamil

Ketika istri sedang hamil, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh suami agar kehamilan berjalan dengan lancar tanpa ada keluhan berarti. Sebagaimana kita ketahui bahwa kehamilan adalah kabar gembira yang sangat dinanti oleh pasangan suami istri, terutama yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai anak. Menjaga dan merawat kehamilan bukan hanya tanggung jawab istri, melainkan suami juga memiliki tanggung jawab besar. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh suami ketika istri hamil demi mendapatkan kehamilan yang menyenangkan.

Ada beberapa ibu hamil yang mengeluhkan tidak adanya perhatian dari suami selama kehamilan berlangsung. Keadaan itu seakan tidak berpengaruh negatif, padahal justru sebaliknya suami cuek saat istri hamil dapat memicu terjadinya beberapa hal yang tidak diinginkan.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai hal apa saja yang perlu dilakukan oleh calon ayah saat istrinya sedang hamil agar kehamilan berjalan dengan baik. Silakan simak penjelasannya hingga selesai untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


hal-yang-harus-dilakukan-suami-ketika-istri-hamil
image from pixabay

Hal yang Harus dilakukan Suami Ketika Istri Hamil


Pada intinya, suami diharapkan untuk bertanggung jawab atas kehamilan istrinya, mulai dari perhatian hingga perawatan terhadap kehamilan. Suami yang tidak mau tahu terhadap kehamilan sang istri tentu membuat sang istri merasa tak nyaman dalam menjalani kehamilannya. Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh suami saat istri sedang hamil :


1. Hendaknya suami membayangkan seolah lagi hamil


Agar Anda bisa merasakan betapa beratnya sang istri mengandung buah cinta yang telah lama dinantikan, sepantasnya suami membayangkan bahwa dirinya sedang menjalani kehamilan. Dengan demikian, segala hal yang berkaitan dengan cara perawatan kehamilan akan dipahami dengan gamblang.

Seterusnya, jika istri akan melakukan sesuatu yang dapat membahayakan kehamilan maka sebagai suami Anda wajib mengingatkannya. Apabila istri mengeluhkan badan lelah, sepantasnya Anda obati rasa lelah istri dengan cara yang menyenangkan. Apabila istri Anda lagi gak mood, jadilah suami yang mau mengembalikan moody sang istri.

Selain dari itu, cobalah untuk mencari informasi mengenai perkembangan janin seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Dengan mengetahui perkembangan janin, Anda akan memahami langkah apa yang perlu Anda lakukan dengan sang istri. Informasi tentang perkembangan janin bisa Anda baca usia kandungan 5 bulan, perkembangan janin dan bentuk perut ibu.


2. Siapkan hati yang lapang untuk menghadapi perubahan sikap sang istri


Perlu Anda pahami bahwa perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil dapat mempengaruhi mood. Untuk itu, jangan kaget kalau sang istri menjadi lebih sensitif dari pada sebelum hamil. Untuk menghadapi keadaan ini, sebagai suami hendaknya menyiapkan hati yang lapang. Jangan malah sebaliknya, istri sering dimarahi hanya gara - gara masalah sepele. Dengarkan keluhan sang istri saat hamil agar hatinya senang sehingga janin tidak mendapatkan dampak negatif. 


3. Bahagiakan istrimu


Wahai calon ayah...
Tahukah Anda bahwa sang istri mengandung buah cinta Anda selama kurang lebih sembilan bulan itu tidak ringan. Banyak hal yang harus dihadapi oleh sang istri guna mendapatkan kehamilan yang sehat dan bayi terlahir selamat. Untuk itu, salah satu hal yang harus dilakukan suami ketika istri hamil adalah berusaha membahagiakan sang istri dengan sekuat tenaga. Membahagiakan itu tidak harus dengan uang, tapi banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membahagiakan sang istri.


4. Beri perhatian sang istri


Cuek saat istri sedang hamil adalah salah satu sikap kurang baik yang perlu Anda jauhi. Betapa tidak, perjuangan berat sang istri dalam mengandung sang buah hati terasa menjadi semakin berat apabila suami tidak memberikan perhatian sama sekali. Untuk itu, sangat dianjurkan kepada suami yang istrinya sedang hamil untuk memberikan perhatian kepada istri meski dengan perhatian kecil.


5. Semangati istri


Selama menjalani kehamilan, sang istri akan menjumpai pikiran yang tidak tidak, apalagi kalau hasil pemeriksaan USG menunjukkan ada sesuatu yang terlihat tidak wajar. Belum lagi kalau sang istri mengalami keluhan kehamilan yang tidak bisa dianggap ringan. Untuk itu, selalu semangati sang istri dengan kata - kata positif yang membangkitkan semangat sang istri dalam menghadapi segala hal dalam kehamilan.


6. Berdoa kepada Sang Maha Pencipta


Dalam menghadapi segala keadaan, kita tidak boleh melupakan Sang Khaliq. Berdoalah untuk kebaikan sang istri dan sang buah hati, terutama pada waktu mustajab. Sebagai hamba ciptaan Tuhan kita adalah makhluk yang sangat membutuhkan pertolongan dariNya maka jangan sampai melupakan doa dalam segala macam hal.

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan suami ketika istri hamil. Apakah Anda sudah melakukan itu semua ? kalau sudah ya bersyukurlah, tapi kalau belum segeralah berbenah untuk memberikan yang terbaik kepada sang istri. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top