Manfaat Jus Tomat dan Wortel untuk Ibu Hamil

Jus tomat dan jus wortel dapat menyumbangkan banyak manfaat untuk ibu hamil, pasalnya kedua sayuran ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tomat dan wortel termasuk jenis sayuran yang sangat mudah dijumpai hampir di seluruh wilayah Nusantara. Tak sulit untuk mendapatkan kedua jenis sayur ini karena telah banyak dijual di pasar - pasar sederhana. Lantas, apa saja manfaat jus tomat dan wortel untuk ibu hamil itu ?

Kemarin kami telah menyampaikan tentang manfaat tomat untuk ibu hamil dan janin, kali ini kami akan sedikit mengulas tentang apa saja khasiat yang bisa diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi jus tomat maupun jus wortel.

Manfaat Jus Tomat untuk Ibu Hamil


manfaat-jus-tomat-dan-wortel-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Tomat merupakan jenis buah atau sayur yang sangat kaya manfaat. Tomat mengandung nutrisi penting seperti protein, kalsium dan vitamin. Tomat bisa dikonsumsi dengan cara dimakan secara langsung, dijadikan pelengkap sayur atau dijus. Adapun manfaatnya bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :)

1. Tomat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Hampir semua orang tahu bahwa tomat itu termasuk buah yang banyak mengandung vitamin C, sedangkan vitamin C itu sangat baik bagi manusia untuk meningkatkan sistem imun. Apabila imunitas tubuh terjaga dengan baik maka tidak mudah terserang aneka macam penyakit. Keadaan ini tentu sangat menguntungkan bagi janin yang ada di dalam kandungan.

2. Mencegah sariawan


Sariawan terkadang dianggap remeh, bahkan banyak yang bilang " halah cuma sariawan saja kok". Padahal sariawan itu cukup menyiksa ibu hamil karena dapat menyebabkan nafsu makan menurun sehingga badan terasa lemas. Cara paling aman untuk mengatasi sariawan sat hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C, salah satunya adalah tomat.

3. Menguatkan tulang


Manfaat jus tomat untuk ibu hamil semakin lengkap dengan kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tulang ibu dan membantu pertumbuhan tulang janin. Kalau ibu hamil sampai kurang mendapat asupan kalsium maka akan timbul beberapa masalah pada tulang. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, ibu hamil perlu mengkonsumsi susu ibu hamil yang bagus dan aneka macam makanan tinggi kalsium.

Manfaat Jus Wortel untuk Ibu Hamil


Di saat cuaca panas, jus bisa Anda jadikan sebagai pilihan minuman yang menyegarkan. Ada banyak buah yang bisa dijus seperti alpukat, lemon, tomat, jambu biji dan wortel. Jika Anda ingin minum jus, sebaiknya pilih buah yang mengandung banyak manfaat, salah satunya adalah wortel. Di bawah ini adalah beberapa manfaat jus wortel bagi ibu hamil :)

1. Wortel sebagai penyumbang vitamin A


Semua orang membutuhkan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan fungsinya. Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa dijus dengan rasa segar sekaligus sarat manfaat. Dengan mengkonsumsi jus wortel kebutuhan vitamin A ibu hamil akan terpenuhi dengan baik, namun sebaiknya konsumsi wortel saat hamil tetap dibatasi, jangan terlalu berlebihan. Kebutuhan ibu hamil akan vitamin A telah kami bahas pada artikel berjudul vitamin A untuk ibu hamil.

2. Menjaga kesehatan kulit


Kandungan vitamin A dalam jus wortel tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan tapi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit ibu hamil. Di dukung dengan kandungan antioksidan, jus wortel bisa Anda jadikan sebagai minuman segar yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit selama hamil.

3. Membersihkan racun di dalam tubuh


Sungguh besar manfaat wortel bagi tubuh manusia, salah satunya adalah mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Di era modern seperti sekarang ini, hampir bisa dipastikan bahwa setiap hari pasti ada racun yang masuk ke dalam tubuh meski hanya sedikit. Untuk itu, agar kesehatan selalu terjaga dengan baik ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang dapat membuang racun dari dalam tubuh secara alami, salah satunya adalah wortel.

Itulah beberapa manfaat jus tomat dan wortel untuk ibu hamil yang dapat kami tulis. Sebenarnya masih banyak manfaat yang disumbangkan oleh tomat dan wortel, namun tidak dapat kami tulis secara lengkap. Sekian info yang dapat kami sampaikan, jika artikel ini bermanfaat silakan bagikan dengan tombol share yang telah kami sediakan di bawah. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top