Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil dan Janin

Tomat termasuk buah yang bermanfaat untuk ibu hamil dan janin, pasalnya tomat mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Jangan menganggap remeh dengan buah yang satu ini, meski terlihat sederhana namun buah tomat banyak manfaatnya. Lantas apa saja manfaat yang dapat disumbangkan oleh ibu hamil, silakan simak penjelasan mengenai manfaat tomat untuk ibu hamil yang kami tulis pada artikel ini.

Sebagaimana kita ketahui bahwa tomat adalah jenis buah - buahan yang bisa dimanfaatkan sebagai sayur, sehingga sampai saat ini masih banyak masyarakat yang bingung dalam menggolongkan tomat, apakah termasuk buah atau sayur.

Tak hanya dapat dimasak sebagai sayur, tomat bisa dijadikan sebagai jus yang sangat menyegarkan. Untuk mendapatkan manfaat tomat yang luar biasa, Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung, disayur atau dijadikan sebagai jus, silakan pilih mana suka.

manfaat-tomat-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil


Ada banyak jenis sayur yang tumbuh berkembang dengan baik di Negara kita, ada tomat sayur, tomat gondol, tomat, ceri dan tomat granola. Aneka macam tomat tersebut dapat menyumbangkan banyak manfaat untuk ibu hamil. Di bawah ini adalah manfaat tomat bagi wanita mengandung sesuai dengan kandungan nutrisi di dalamnya.

1. Tomat mengandung kalsium


Kalsium dibutuhkan oleh semua manusia tak terkecuali ibu hamil, bahkan ibu hamil membutuhkan lebih banyak kalsium daripada orang biasa. Kenapa demikian ? karena janin juga membutuhkan kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan gigi, sedangkan kalsium itu diperoleh dari asupan kalsium pada tubuh sang ibu. Manfaat kalsium untuk ibu hamil diantaranya adalah :

  • Membantu proses pembentukan tulang janin
  • Menjaga kesehatan tulang ibu sehingga terhindar dari pengeroposan tulang
  • Mencegah kram otot
  • Perkembangan bayi berjalan dengan baik

Oleh karena ibu hamil membutuhkan banyak kalsium maka ibu hamil harus bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian, caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu, hasil olahan susu, sayur dan buah tinggi kalsium salah satunya adalah tomat. Info lengkap bisa Anda baca kalsium untuk ibu hamil selain susu.

2. Mengandung vitamin A


Ibu hamil perlu mendapatkan asupan vitamin A yang cukup guna membantu mengoptimalkan penglihatan serta membantu mempercepat penyembuhan luka pasca melahirkan. Namun, ibu hamil tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin A karena justru kurang baik bagi janin. Asupan vitamin A berlebihan (over dosis) bisa mengakibatkan janin menderita keracunan hati.

3. Tomat kaya akan vitamin C


Kandungan vitamin C pada tomat melengkapi melengkapi manfaat tomat untuk ibu hamil dan janin. Vitamin C diperlukan oleh manusia untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah sariawan. Tak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu proses penyerapan zat besi sehingga dapat mencegah dan mengatasi anemia, sedangkan ibu hamil yang mengalami anemia biasanya menjumpai banyak keluhan yang cukup mengganggu.

Manfaat dan Khasiat Tomat untuk Ibu Hamil


Kandungan nutrisi pada tomat tidak hanya kalsium, vitamin A dan vitamin C tetapi tomat juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B, vitamin B12, protein, lemak, fospor dan zat besi. Dengan demikian banyak manfaat yang bisa didapat apabila ibu hamil mengkonsumsi buah tomat, diantaranya adalah sebagai berikut :)

1. tomat dapat mencegah dan mengatasi hipotensi


Hipotensi (tekanan darah rendah) biasa dialami oleh siapa saja termasuk ibu hamil. Tekanan darah seharusnya ada pada angka normal, kelebihan (hipertensi) tidak baik, kurang (hipotensi) juga tidak baik. Apalagi wanita yang sedang hamil, kalau punya tekanan darah rendah biasanya badan terasa sangat lemas.

Kandungan likopen dan bioflavanoid pada buah tomat bermanfaat bagi manusia untuk menormalkan tekanan darah serta membantu meningkatkan konsentrasi. Namun demikian, jangan terlalu banyak makan tomat agar tekanan darah tidak melambung.

2. Membantu perkembangan sel janin


Selain bermanfaat untuk menormalkan tekanan darah, kandungan likopen dalam buah tomat juga berkhasiat untuk membantu perkembangan sel. Keadaan ini tentu sangat menguntungkan pada janin, yaitu janin dapat tumbuh berkembang dengan baik.

3. Mencegah dan mengatasi anemia


Ibu hamil yang mengalami anemia hendaknya segera diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Peran tomat dalam mencegah anemia adalah membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh, yaitu dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Mengenai makanan yang banyak mengandung zat besi bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

Demikian informasi terkait manfaat tomat untuk ibu hamil dan janin. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Bagikan artikel ini dengan tombol share di bawah jika menurut Anda bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top