Perbedaan Tanda Kehamilan dengan Tanda akan Menstruasi

Tanda kehamilan memiliki perbedaan dengan tanda akan menstruasi, namun banyak wanita yang mengira tanda kehamilannya sebagai tanda haid. Hal ini memang banyak terjadi karena tanda yang muncul sebelum haid dan tanda awal kehamilan hampir sama. Meski demikian, jika Anda mau memperhatikan dengan $eksama tanda antara keduanya jauh berbeda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas pembahasan terkait dengan perbedaan tanda kehamilan dengan tanda akan menstruasi.

Keputihan adalah salah satu tanda kehamilan awal serta tanda akan menstruasi, banyak orang yang kurang begitu memahaminya. Untuk lebih jelasnya silakan baca penjelasannya pada ciri keputihan tanda hamil atau haid ?

Pasangan suami istri yang telah lama menikah tentu berharap kehamilan segera didapat. Tak jarang pasangan suami istri yang rela menghabiskan banyak waktu dan hartanya untuk melakukan pengobatan dan terapi guna segera mendapat momongan. Begitu muncul beberapa tanda yang tidak seperti biasa, mereka mengira itu adalah tanda kehamilan. Padahal belum tentu demikian, tanda yang tampak bisa saja sebagai tanda mau haid.

perbedaan-tanda-kehamilan-dengan-tanda-akan-menstruasi
image from pixabay

Perbedaan Tanda Kehamilan dan Tanda akan Menstruasi


Gejala yang muncul jelang menstruasi dan gejala hamil awal memang sangat mirip, mulai dari kram perut, nyeri di bagian p@yud@r@ dan lain lain. memang agak sulit membedakan kedua tanda tersebut, namun dengan membaca artikel ini sampai selesai kami harap anda akan lebih mudah membedakan mana tanda hamil dan mana tanda menstruasi.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang membedakan antara gejala mau haid dan gejala hamil yang biasa dialami oleh kaum hawa. Ingat ! antara wanita satu dengan lainnya itu berbeda - beda, jadi keterangan berikut hanya lah sebagai referensi saja.

1. Nyeri p@yud@r@ lama adalah tanda kehamilan


Jelang menstruasi biasanya p@yud@r@ terasa nyeri, sesak dan agak padat. Keluhan ini akan muncul jelang haid saja, ketika haid telah terjadi maka keluhan ini akan hilang dengan sendirinya.

Berbeda dengan tanda kehamilan, yang umumnya terjadi selama beberapa minggu, yaitu pada saat awal kehamilan. p@yud@r@ akan terasa lebih sensitif terhadap sentuhan, semakin membesar dan agak nyeri. Keadaan ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron pada ibu hamil, jadi Anda tak perlu takut.

2. Kram perut


Banyak kaum hawa yang mengeluhkan kram perut menjelang menstruasi tiba. Di sisi lain, wanita yang sedang hamil juga menjumpai kram perut akibat proses implantasi.

Kram perut menjelang haid itu terjadi karena kejang otot rahim yang mengakibatkan kram perut. Kram perut jelang menstruasi ini ada yang ringan ada yang terlalu menyakitkan, bahkan sering kali dibarengi dengan rasa sakit di bagian punggung. Kram ini akan hilang secara berangsur - angsur seiring berjalannya masa haid.

Berbeda dengan kram perut tanda hamil yang umumnya terjadi cukup ringan dan tidak berlangsung terlalu lama. Kram perut ini biasanya terjadi dengan dibarengi munculnya bercak darah tanda kehamilan yang disebabkan karena implantation bleeding.

3. Pendarahan


Salah satu perbedaan tanda kehamilan dan tanda menstruasi yang paling mencolok adalah keluarnya darah melalui jalan lahir. Volume darah haid biasanya cukup banyak dengan warna merah kehitaman. Sedangkan bercak darah tanda hamil itu tidak terlalu banyak dan warnanya merah muda atau kecoklatan.

Setiap wanita tentu mengenali seperti apa warna darah menstruasinya sehingga dapat membantu mempermudah dalam memastikan apakah pendarahan yang ia alami adalah menstruasi atau karena hamil.

4. Ibu hamil biasanya ngidam


Menstruasi umumnya tidak dibarengi dengan ngidam makanan tertentu, hanya saja ada sebagian kaum hawa yang cenderung suka makanan yang manis dan asin ketika sedang haid. Sedangkan wanita hamil, biasanya mengidamkan makanan tertentu, ada yang ngidam makanan kecut, manis, gurih dan lain lain. Terkadang makanan yang diidamkan oleh ibu hamil itu tidak wajar, kadang makanan yang dulu paling dibenci ternyata malah diidamkan. Kalau ibu hamil ngidam aneh aneh, apa yang harus Anda lakukan ? simak penjelasanya ngidam aneh saat hamil dituruti atau tidak ?

5. Morning sickness tanda kehamilan


Wanita yang sedang hamil biasanya mengalami morning sickness, yaitu rasa mual disertai muntah terutama di pagi hari. Keadaan ini terjadi dalam waktu yang lumayan lama, bahkan ada yang selama usia kehamilan trimester pertama (3 bulan pertama) mengalami morning sickness terus. Berbeda dengan wanita yang sedang menstruasi, biasanya tidak menjumpai mual dan muntah kecuali sedang tidak enak badan atau masuk angin.

6. Sakit punggung tanda menstruasi


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa wanita yang sedang haid akan menjumpai kram perut yang lumayan menyakitkan bahkan terkadang dibarengi dengan sakit di bagian punggung. Lantas, apakah wanita hamil juga ditandai dengan sakit punggung ? tidak, biasanya sakit punggung hanya dirasakan oleh ibu hamil pada usia kehamilan trimester kedua dan ketiga, sedangkan usia kehamilan trimester pertama jarang dijumpai ibu hamil yang sakit punggung.

Setelah membaca uraian di atas kami harap Anda sudah bisa membedakan antara tanda hamil dan menstruasi. Untuk lebih meyakinkan, silakan lakukan tes kehamilan pakai test pack apabila tanda kehamilan telah muncul.

Itulah perbedaan tanda kehamilan dan tanda akan menstruasi yang biasa dialami oleh kaum hawa. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa menambah wawasan kita dalam mengenali kehamilan. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top