Tanda Tanda Bayi Kurang Sehat dalam Kandungan Bunda Wajib Tahu

Bayi kurang sehat dalam kandungan ditengarahi dengan tanda tanda yang banyak diabaikan oleh ibu hamil. Ketika tanda kehamilan tidak normal telah tampak, sebaiknya Anda segera melakukan langkah tepat agar tidak sampai terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Langkah paling tepat ketika Anda menjumpai masalah kehamilan adalah segera datang ke dokter untuk memastikan kesehatan janin. Untuk itu, kali ini kami akan sedikit mengulas tentang apa saja tanda tanda bayi kurang sehat dalam kandungan.

Beberapa waktu yang lalu kami telah mengulas sedikit penjelasan tentang tanda kehamilan sehat dan normal, kalau Anda belum membacanya silakan baca terlebih dahulu tanda dan gejala kehamilan normal.

Selanjutnya, untuk mengetahui apakah perkembangan janin dalam kandungan Anda berjalan dengan baik tanpa adanya suatu masalah, silakan baca ulasan pada artikel ini hingga selesai sehingga informasi yang Anda dapatkan akan semakin lengkap.

tanda-tanda-bayi-kurang-sehat-dalam-kandungan
image from pixabay

Tanda Bayi Kurang Sehat dalam Kandungan


Ciri dan tanda memburuknya kesehatan janin perlu diketahui oleh semua pasangan suami istri demi kebaikan sang buah hati. Ketika muncul beberapa hal yang  dianggap tidak wajar silakan segera datang ke dokter spesialis kandungan guna memeriksa keadaan janin. Adapun tanda bayi kurang sehat dalam kandungan antara lain adalah sebagai berikut :

1. Pendarahan tak wajar pertanda bayi kurang sehat


Pendarahan biasa dialami oleh ibu hamil pada usia kehamilan muda karena terjadinya proses implantasi (menempelnya embrio pada dinding rahim). Keadaan ini normal dan tidak perlu Anda takutkan, namun perlu Anda ketahui bahwa pendarahan ini hanya terjadi ringan dan tidak dibarengi dengan kram perut hebat. Info lengkap mengenai pendarahan implantasi bisa Anda baca bercak darah tanda kehamilan berapa lama dan berapa banyak ?

Di sisi lain, apabila pendarahan yang dialami ibu hamil terjadi dalam jumlah banyak dan atau dibarengi kram perut hebat maka ibu hamil sebaiknya waspada karena pendarahan tersebut bisa saja sebagai pertanda kehamilan bermasalah. Masalah kehamilan ini akan berpengaruh pada kesehatan janin, bahkan bisa mengancam keselamatan nyawanya.

Untuk itu, apabila Anda mengalami pendarahan yang tidak wajar sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan terdekat guna memastikan kesehatan janin. Apabila pemeriksaan menunjukkan baik - baik saja ya Alhamdulilah, namun kalau pemeriksaan menunjukkan hasil yang kurang baik maka segera minta perawatan medis agar masalah kehamilan tersebut segera teratasi.

2. Aktivitas bayi berkurang


Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin mulai tumbuh dan berkembang dengan cepat, gerakan janin pun menjadi semakin aktif. Apabila Anda menjumpai gerakan dan aktivitas janin tidak seperti biasa serta dibarengi dengan keluhan kehamilan lainnya maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter kandungan terdekat.

Perlu Anda ketahui bahwa gerakan bayi dalam kandungan usia trimeser kedua dan ketiga setiap hari akan bisa rasakan, bahkan dalam satu jam bisa sampai sepuluh kali atau lebih. Kalau ternyata janin tidak bergerak bisa saja itu sebagai pertanda bayi tidak sehat, dan kalu disertai dengan keluhan lain yang tidak wajar maka bisa saja menjadi tanda tanda janin tidak berkembang usia 3 bulan.

3. Air ketuban pecah sebelum waktunya


Pecahnya air ketuban sebelum waktunya adalah keluhan kehamilan yang wajib Anda waspadai karena kalau air ketuban habis janin sungguh terancam keselamatannya. Pecahnya air ketuban bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya adalah karena guncangan keras. Untuk itu, ibu hamil sangat tidak dianjurkan melakukan perjalanan jauh dengan naik motor terutama pada usia kehamilan muda.

Untuk mengatasi masalah ini, biasanya dokter memberikan obat penguat kandungan dan menyarankan agar ibu hamil istirahat total atau badress dengan harapan air ketuban tidak mengalir terus menerus.

4. Mual dan muntah terus terusan


Mual dan muntah adalah hal wajar yang hampir dialami oleh semua ibu hamil. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada usia kehamilan trimester pertama di pagi hari. Oleh sebab itu lah keadaan itu disebut dengan morning sickness.

Namun demikian, kalau ibu hamil terus menerus mengalami mual dan muntah meski usia kehamilan telah memasuki trimseter kedua dan ketiga maka ini adalah keadaan yang tidak wajar. Keadaan ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami dehidrasi sehingga mengancam kesehatan janin. Untuk itu, kalau Anda mual dan muntah terus menerus sebaiknya konsultasikan keadaan Anda ke dokter terdekat.

5. Kontraksi di awal trimester akhir


Sebagai salah satu tanda kehamilan bermasalah adalah terjadinya kontraksi sebelum waktunya. Kontraksi ini terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah karena salah mengkonsumsi makanan. Untuk itu, selama kehamilan berlangsung sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih makanan yang akan Anda makan.

6. Penglihatan terganggu


Apabila Anda mengalami sakit kepala tak tertahankan dan dibarengi dengan gangguan penglihatan sebaiknya jangan tunda untuk segera datang ke dokter. Mengapa demikian ? karena keadaan ini bisa saja menjadi tanda preklampesia. Keadaan ini sungguh dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan maka waspadalah ! waspadalah !

Itulah tanda tanda bayi kurang sehat dalam kandungan, maka waspadalah terhadap keadaan itu dan segera periksa ke dokter apabila keadaan itu Anda alami. Apabila artikel ini bermanfaat silakan share pada sanak famili saudara dan teman Anda agar mereka ikut mendapatkan kemanfaatannya.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top