BAB Keras saat Hamil, Ini loh cara mengatasinya

BAB keras saat hamil termasuk salah satu dari sekian banyak keluhan kehamilan yang cukup mengganggu kenyamanan. BAB keras yang berakhir dengan sembelit atau susah BAB disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kurang mengkonsumsi makanan berserat dan kurang minum. Untuk itu, langkah awal untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan banyak minum air putih.

BAB keras memungkinkan ibu hamil mengejan (ngeden) terlalu keras saat BAB, padahal mengejan terlalu keras tidak dianjurkan bagi ibu hamil, silakan baca pembahasannya pada mengejan saat hamil muda, berbahayakah ?

Pada kesempatan pagi yang cerah ini kami akan berbagi informasi kepada para pembaca www.tandalagihamil.com tentang BAB keras ketika sedang hamil, penyebabnya apa dan bagaimana cara mengatasinya.

bab-keras-saat-hamil
image from pixabay

Penyebab dan Cara Mengatasi BAB Keras saat Hamil


Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan BAB keras diantaranya adalah kurang berolahraga, kurang minum air putih dan kurang makanan berserat. Berikut ulasan singkatnya.

1. BAB keras karena kurang serat


Masalah yang kerap dikeluhkan oleh ibu hamil adalah susah BAB atau sembelit. Keadaan ini wajar dialami ibu hamil namun bukan berarti Anda harus berdiam diri tanpa berusaha untuk mengatasinya.

Wajar di sini maksudnya adalah bukan termasuk masalah kehamilan yang berbahaya, jadi Anda tetap harus segera mengatasi masalah ini agar kehamilan terasa nyaman dan tidak banyak keluhan.

Salah satu cara yang terbukti efektif mengatasi susah BAB pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi buah pelancar BAB seperti buah pepaya dan lain sejenisnya.

Anda tidak perlu terlalu banyak dalam mengkonsumsi makanan berserat, cukup makan sewajarnya saja. Kenapa demikian ? karena terlalu banyak makan buah berserat tinggi justru dapat menyebabkan masalah lain.

Khusus dalam mengkonsumsi buah pepaya, silakan pilih pepaya yang benar benar sudah matang, jangan yang masih muda atau kemampo karena pepaya muda dan atau kemampo itu getahnya mengandung zat papain yang bisa menyebabkan kontraksi pada perut.

Beberapa orang ibu hamil menginginkan makan rujak yang terbuat dari beberapa macam buah termasuk salah satunya adalah pepaya muda. Keinginan ini sungguh membahayakan keselamatan janin, apalagi kalau dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak.

Sekali lagi kami sampaikan bahwa cara mudah untuk mengatasi sembelit saat hamil adalah dengan makanan berserat tinggi baik dari golongan sayur maupun buah.

2. Kurang minum air putih


Selain karena kurang makanan berserat, BAB keras juga dapat terjadi karena ibu hamil kurang cairan. Untuk itu, ibu hamil hendaknya memperbanyak minum air putih dan atau minuman lain yang tidak membahayakan.

Apa ada minuman yang membahayakan kehamilan ? Ada, seperti minuman keras, minuman soda dan lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca minuman yang dapat menyebabkan keguguran.

Memperbanyak minum air putih tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi susah BAB, tapi juga dapat mencegah dehidrasi. Perlu Anda tahu bahwa dehidrasi pada ibu hamil itu cukup berbahaya karena dapat menjadi pemicu masalah kehamilan serius.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah kebiasaan sering pipis saat hamil. Tentu dengan banyak minum air putih Anda akan semakin sering mondar mandir ke kamar kecil untuk BAK. Keadaan ini memang membuat kurang nyaman, namun lebih baik kurang nyaman sebentar daripada kesehatan janin terancam.

3. Kurang olahraga


BAB keras membuat ibu hamil kurang nyaman, apalagi saat BAB harus mengejan dengan kuat. Salah satu penyebab BAB keras adalah karena kurang olahraga, maka ibu hamil perlu berolahraga secara rutin dan teratur agar BAB lancar.

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat berat, cukup dengan olahraga ringan saja asalkan dikerjakan dengan rutin. Bila perlu Anda buat jadwal khusus untuk olahraga bersama keluarga seperti joging, senam dan lainnya.

Merawat kehamilan dengan baik adalah kunci utama untuk mendapatkan kenyamanan hamil. Sekecil apapun aktivitas yang Anda lakukan sebaiknya dilakukan dengan hati hati demi menjaga janin tetap sehat.

Demikian info terkait penyebab BAB keras saat hamil dan tips sederhana untuk mengatasinya. Semoga info yang kami tulis di atas bermanfaat bagi pembaca. Salam sehat ibu hamil

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top