Bahaya Melon untuk Ibu Hamil, Jangan dibaikan !!

Bahaya melon untuk ibu hamil - Asupan nutrisi yang berasal dari buah segar sangat diperlukan oleh ibu hamil guna membantu pertumbuhan janin. melon merupakan salah satu dari sekian banyak buah segar yang memiliki banyak kandungan nutrisi bermanfaat. Apabila dimakan dengan cara yang benar, melon dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat.

Informasi terkait dengan manfaat buah melon bagi ibu hamil bisa Anda baca pada artikel yang telah kami tulis beberapa hari yang lalu dengan judul manfaat dan bahaya melon untuk ibu hamil.

Namun sebaliknya, jika ibu hamil salah dalam mengkonsumsi buah melon maka bukannya manfaat yang didapat, melainkan bahaya mengancam jiwa sang buah hati. Untuk itu, silakan simak ulasan pada artikel ini untuk mengetahui lebih dalam tentang bahaya melon dan cara menghindarinya.

bahaya-melon-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Bahaya Melon untuk Ibu Hamil


Melon adalah buah segar dengan manfaat yang sangat luar biasa. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah membantu meringankan morning sickness, membantu menguatkan tulang, menstabilkan tekanan darah, mengatasi susah BAB dan lain lain.

Semua manfaat tersebut bisa diperoleh ibu hamil apabila buah melon dikonsumsi dengan cara yang tepat. Lantas, bagaimana cara tepat mengkonsumsi buah melon ?

Caranya adalah mengkonsumsi buah melon dalam jumlah wajar dan memastikan melon dimakan dalam keadaan bersih. Jika tidak memperhatikan kedua point tersebut maka bahaya melon untuk ibu hamil mengancam diri Anda. Berikut ini adalah resiko yang dapat terjadi pada ibu hamil dengan makan melon :

1. Melon bisa mengakibatkan masalah kehamilan serius


Hal ini bisa terjadi apabila ibu hamil makan melon tanpa memperhatikan kebersihannya. Perlu kami sampaikan bahwa buah melon yang dimakan dengan tidak bersih cukup rentan terkontaminasi bakteri tokoplasma dan listeria.

Bakteri tersebut tergolong bakteri jahat yang dapat membahayakan kehamilan, tak jarang yang sampai mengalami keguguran gara gara terkena bakteri tersebut.

Listeria dapat mengakibatkan masalah kehamilan yang tidak bisa dianggap remeh, yaitu bayi cacat lahir, ibu hamil sakit sakitan dan keguguran. Gejala ibu hamil yang terkena listeria tidak langsung muncul tapi baru terlihat setelah dua sampai tiga minggu.

Gejala orang yang terkena listeria antara lain adalah kepala pusing, mual muntah berlebihan, kejang kejang dan lain lain. Apabila gejala tersebut muncul sebaiknya segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Perlu kami sampaikan sekali lagi bahwa bahaya terkena listeria hanya bisa terjadi kalau ibu hamil makan buah melon yang kotor. Apabila ibu hamil menjaga kebersihan melon yang akan dimakan maka resiko terkena listeria sangat kecil.

2. Sakit perut


Keluhan ini bisa saja terjadi kalau ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi buah melon. Kandungan serat dalam buah melon memang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi BAB keras saat hamil, namun kalau dikonsumsi terlalu banyak justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

Untuk itu, sebaiknya ibu hamil tidak terllau berlebihan dalam mengkonsumsi buah melon. Meski rasanya segar dan nikmat, Anda tetap perlu membatasi diri dalam mengkonsumsinya.

Cara Aman Makan Melon Saat Hamil


Oleh karena dapat menimbulkan beberapa masalah kehamilan apabila dimakan dengan cara yang kurang sesuai maka ada baiknya ibu hamil memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum makan melon :

1. Pilih melon yang bagus


Ibu hamil perlu memastikan buah melon yang akan dikonsumsi adalah buah melon yang masih bagus dan segar. Jangan hanya gara - gara harganya lebih murah, Anda memilih melon kualitas buruk atau bahkan hampir busuk. Apabila melon sudah busuk sebagian, sebiknya jangan dimakan semuanya. Jangan hanya dibuang yang busuk kemudian yang kelihatan masih bagus terus dimakan.

2. Pastikan makan melon yang bersih


Untuk menghindari berbagai macam masalah kesehatan yang disebabkan karena bakteri berbahaya, Anda perlu memastikan melon yang akan dikonsumsi dalam kondisi bersih. Dalam hal ini Anda perlu memperhatikan pisau yang digunakan untuk memotong dan mengupas buah melon serta memastikan tangan Anda dalam keadaan bersih.

3. Jangan terlalu banyak makan melon


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa makan melon dalam jumlah berlebihan justru memberikan efek samping yang kurang bagus bagi ibu hamil. Untuk itu, silakan konsumsi buah melon namun jangan berlebihan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang bahaya melon untuk ibu hamil. Semoga informasi tersebut di atas bisa menambah wawasan kita dalam menjaga dan merawat kehamilan. Jangan lupa share artikel ini kepada teman Anda agar mereka mengetahui informasi ini.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top