Bahayakah ibu hamil makan nasi goreng kambing ?

Makan nasi goreng kambing bagi ibu hamil itu sebenarnya berbahaya atau tidak sih ? Mungkin saat ini Anda sedang mencari informasi terkait jawaban pertanyaan tersebut, pasalnya nasi goreng kambing kian hari semakin populer dan banyak digemari oleh masyarakat. Pembuatan nasi goreng dengan campuran daging kambing ini sekaan menjadi trend kreasi olahan daging kambing masa kini. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang hal tersebut pada artikel yang kami beri judul bahayakah ibu hamil makan nasi goreng kambing.

Sebelum lanjut membaca artikel ini alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu informasi terkait boleh dan tidaknya daging kambing bagi ibu hamil pada artikel berjudul bolehkah ibu hamil makan daging kambing ?

Pada artikel tersebut telah dijelaskan secara gamblang mengenai manfaat dan bahaya daging kambing bagi ibu hamil serta tips aman mengkonsumsi daging kambing agar tidak sampai mengganggu kesehatan tubuh. Terkait dengan daging kambing yang dijadikan campuran nasi goreng silakan simak ulasan berikut hingga rampung.

bahayakah-ibu-hamil-makan-nasi-goreng-kambing
image from pixabay

Bahayakah ibu hamil makan nasi goreng kambing ?


Nasi goreng bukan lah sebuah pantangan makanan saat hamil yang dapat membahayakan kehamilan karena sebenarnya nasi goreng mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Namun demikian, apabila nasi goreng dibuat dengan cara yang tidak sehat dan atau dimakan dalam jumlah berlebihan maka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang perlu ditakutkan.

Belum lagi ditambah dengan daging kambing yang dapat menyebabkan tensi darah meningkat. Sebenarnya makan nasi goreng kambing saat hamil itu boleh, namun Anda harus tetap waspada dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Hal yang sangat perlu diperhatikan dalam pembuatan nasi goreng adalah penggunaan minyak sayur. Meskipun nasi goreng telah dibuat dengan campuran bahan yang dapat menyumbangkan banyak nutrisi namun kalau minyak sayur yang digunakan tidak sehat maka nasi goreng tersebut kurang baik bagi kesehatan.

Untuk itu, jika Anda bertanya bahayakah ibu hamil makan nasi goreng kambing ? jawab : bisa berbahaya bisa bermanfaat tergantung keadaan, cara membuat dan porsi nasi goreng yang dimakan ibu hamil.

Bahaya Nasi Goreng bagi Ibu Hamil


Konsumsi nasi goreng dalam jumlah wajar dan dimasak dengan cara yang sehat dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Sebaliknya, apabila nasi goreng dibuat dengan cara kurang sehat dan atau dimakan dalam jumlah banyak dan sering maka dapat menimbulkan berbagai macam keluhan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Obesitas


Nasi goreng biasanya dibuat dengan bahan utama nasi yang dipadu dengan bumbu seperti kecap, telur, gula dan daging ayam atau daging kambing kemudian dimasak dengan menggunakan margarine atau minyak sayur. Semua bahan tersebut mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan obesitas (kelebihan berat badan), apalagi kalau dimakan di malam hari sebelum tidur.

2. Hipertesi


Konsumsi natrium terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan darah karena natrium dapat mengikat cairan tubuh. Natrium itu sendiri banyak terdapat pada garam, sedangkan garam itu sendiri banyak digunakan dalam pembuatan nasi goreng untuk mendapatkan citarasa yang lezat. Belum lagi ditambah dengan daging kambing yang salah satu efek sampingnya dapat meningkatkan tekanan darah.

Hipertensi (tekanan darah tinggi) memang bukan termasuk penyakit, namun dapat memicu berbagai macam penyakit yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Tekanan darah tinggi saat hamil dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang sangat ditakutkan karena dapat mengancam keselamatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. 

3. Pemicu stroke dan sakit jantung


Minyak goreng yang dipanaskan pada suhu sangat tinggi mengandung lemak trans (lemak tak sehat yang dapat membahayakan kesehatan). Lemak trans yang sering masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes dan stroke. Untuk itu, ibu hamil sebaiknya membatasi dalam mengkonsumsi nasi goreng.

Dan masih banyak lagi bahaya nasi goreng yang perlu Anda waspadai jika konsumsi nasi goreng tersebut dilakukan dalam jumlah tak wajar dan nasi goreng dibuat dengan bahan dan cara yang tidak sehat.

Demikian informasi terkait bahayakah ibu hamil makan nasi goreng kambing. Artikel ini ditulis sebagai referensi mengenai perawatan kehamilan, untuk itu silakan share artikel ini agar orang lain ikut mengetahuinya. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top