Bolehkah ibu hamil makan daging kerbau ? Ini dia jawabannya

Makan daging kerbau bagi ibu hamil adalah hal yang diperbolehkan karena kandungan gizi pada daging kerbau sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Namun demikian, Anda harus mengolah daging kerbau dengan cara yang tepat dan tidak perlu dimakan dalam jumlah banyak. Daging kerbau yang dimasak sembarangan bisa saja menyebabkan berbagai macam keluhan kehamilan, maka Anda harus waspada. Agar keingin tahuan Anda mengenai aman dan tidaknya daging kerbau buat ibu hamil maka kali ini kami akan sedikit menulis sedikit ulasan mengenai bolehkah ibu hamil makan daging kerbau ?

Hewan pemakan rumput yang banyak disantap oleh masyarakat di Negara kita adalah daging sapi, daging kambing dan daging kerbau. Jika Anda belum perah mendapatkan penjelasan mengenai aman dan tidaknya ibu hamil makan daging kambing, silakan baca terlebih dahulu bolehkah ibu hamil makan daging kambing ?

Sebagaimana kita ketahui bahwa keberadaan kerbau saat ini tidak seperti zaman dahulu, hanya wilayah tertentu di Nusantara yang banyak memelihara kerbau. Sekarang ini masyarakat Indonesia lebih banyak yang memelihara kambing dan sapi untuk memenuhi kebutuhan daging. Apabila di daerah Anda masih banyak daging kerbau, alangkah baiknya baca artikel ini sampai selesai sebelum mengkonsumsi olahan daging kerbau.

bolehkah-ibu-hamil-makan-daging-kerbau
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan daging kerbau


Kerbau merupakan salah satu jenis hewan pemakan rumput yang dapat dikembangkan dengan baik di Negara kita. Sayangnya, saat ini tak banyak masyarakat yang membidik kerbau sebagai hewan ternaknya. Pemeliharaan kerbau tergolong sangat mudah, cukup diberi makanan berupa rumput dan minum air cukup maka pertumbuhan kerbau akan cepat meningkat.

Terkait dengan boleh dan tidaknya ibu hamil makan daging kerbau maka perlu kami sampaikan bahwa daging kerbau itu mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia, baik manusia secara umum ataupun ibu hamil. Untuk itu, konsumsi daging kerbau bagi ibu hamil itu diperbolehkan asal tidak terlalu berlebihan serta dimasak dengan cara yang benar.

Manfaat Daging Kerbau bagi Ibu Hamil


Oleh karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap maka makan daging kerbau dapat menyumbangkan beberapa manfaat bagi. Manfaat yang didapat dari daging kerbau tergolong sangat banyak, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membantu meringankan lelah


Pada usia kehamilan muda trimester pertama biasanya ibu hamil menjumpai keadaan dimana tubuh terasa sangat letih dan lelah. Keadaan ini terjadi karena terjadinya peningkatan kadar hormon dalam tubuh. Keadaan ini memang sangat wajar, namun tak ada salahnya Anda berusaha mengatasi lelah saat hamil dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan karbohidrat, salah satunya adalah daging kerbau.

2. Membantu perkembangan otak janin


Vitamin B12 yang terdapat dalam daging kerbau memiliki khasiat luar biasa terhadap janin, salah satunya adalah membantu proses perkembangan otak. Vitamin B12 tidak hanya terdapat pada daging kerbau, tapi semua daging merah umumnya memiliki kandungan vitamin B12. Perkembangan otak yang berjalan dengan baik akan berdampak baik pada kecerdasan anak kelak setelah lahir.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Daging kerbau memiliki kandungan zink yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik maka ibu hamil tidak gampang terserang penyakit. Ibu hamil yang sehat dan tidak sering  sakit tentu akan berdampak sangat baik pada janin dalam kandungan. Tips agar ibu hamil sehat bisa Anda baca tips hamil sehat dan bugar secara alami.

4. Membantu meningkatkan kecerdasan


Kandungan omega 3 pada daging kerbau sangat lah baik bagi janin terutama untuk membantu meningkatkan kecerdasannya kelak setelah lahir. Selain terdapat pada daging kerbau, omega 3 banyak dijumpai pada ikan laut dan ikan air tawar. Namun demikian, Anda perlu hati hati dalam mengkonsumsi ikan laut karena  sebagian dari ikan laut ada yang mengandung merkuri.

5. Membantu menurunkan kolesterol


Tak hanya dapat membantu meningkatkan kecerdasan anak, omega 3 yang ada pada daging kerbau juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol karena omega 3 dapat mengikat triglesida di dalam darah. Kolesterol tinggi memang bukan penyakit, tapi dapat menyebabkan munculnya berbagai macam masalah kesehatan serius, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tips untuk mengurangi resiko bahaya dari daging kerbau


Meskipun banyak mengandung manfaat, namun Anda harus tetap waspada dalam mengkonsumsi daging kerbau karena daging kerbau termasuk daging yang bisa terkontaminasi oleh bakteri tokoplasma. Untuk itu, kalau mengolah daging kerbau hendaknya dimasak sampai benar benar matang.

Pemberian penyedap rasa (MSG) sebaiknya tidak dilakukan karena dapat mengakibatkan dampak buruk bagi janin. Silakan racik bumbu sedemikian rupa agar olahan daging kerbau nikmat dan lezat meski tanpa menggunakan MSG.

Satu lagi, meski sudah pakai lauk daging sebaiknya Anda tetap melengkapi menu makan dengan sayuran agar kebutuhan nutrisi dari sayuran dapat tercukupi dengan baik.

Demikian informasi tentang bolehkah ibu hamil makan daging kerbau yang dapat kami tulis. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan dalam merawat kehamilan. Jangan lupa share artikel ini kepada orang lain agar mereka ikut mendapatkan manfaat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top