Bolehkah makan oncom saat hamil ? Baca ini kalau tak mau menyesal

Terkadang pasangan suami istri menjumpai keraguan tentang boleh dan tidaknya makan oncom saat hamil. Oncom termasuk jenis lauk yang banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya begitu gurih. Oncom dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak seperti karbohidrat, vitamin, lemak, zat besi dan fospor. Meski begitu, namun ibu hamil perlu mengerti dan memahami bahwa makan oncom saat hamil tidak boleh sembarangan. Untuk itu, kali ini kami akan membahas tentang bolehkah makan oncom saat hamil ?

Perlu kami sampaikan bahwa kandungan nutrisi pada oncom dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan tetap berjalan dengan baik. Kenapa begitu ? karena selama hamil Anda butuh banyak nutrisi dan oncom hadir untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut.

Namun demikian , ibu hamil tidak boleh terlalu banyak makan oncom karena konsumsi oncom secara berlebihan dikhawatirkan bisa menyebabkan keluhan yang tidak diinginkan.

bolehkah-makan-oncom-saat-hamil
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan oncom ?


Jika Anda bertanya tentang boleh dan tidaknya makan oncom saat sedang hamil maka jawabnya boleh asalkan dimakan dalam jumlah wajar dan dimasak dengan cara yang benar.

Oleh karena mengandung berbagai macam nutrisi maka makan oncom akan memberikan banyak manfaat bagi ibu hamil. Manfaat ini tentu sangat menguntungkan bagi ibu hamil dan janin.

Manfaat Oncom Bagi Kesehatan Ibu Hamil


Oncom memiliki kandungan protein, karbohidrat, fospor, vitamin, zat besi, lemak dan lainnya. Maka dari itu, jika Anda bertanya bolehkah makan oncom saat hamil ? maka jawabnya BOLEH. Justru mekonsumsi oncom dapat menyumbangkan banyak manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Mencegah masuk angin


Masuk angin adalah keluhan kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh manusia. Perut kembung biasa terjadi karena susah buang gas, maka orang yang masuk angin perlu tindakan sederhana untuk mengatasinya. Orang desa biasa mengatasi masuk angin dengan kerokan, padahal sebenarnya kerokan itu kurang bagus. Coba baca penjelasan tentang masuk angin pada kerokan sat hamil amankah ?. Sedangkan untuk mencegah masuk angin Anda bisa mengkonsumsi makanan tertentu, salah satunya adalah oncom.

2. Mencegah penyakit kanker


Fermentasi pembuatan oncom diperlukan mikroba baik seperti kapang rhizopus oligosporus dan kapang sporasitophila. Kedua mikroba ini bermanfaat untuk meminimalkan produksi racun aflatoksin yang dapat menyebabkan sakit kanker. Satu hal yang perlu diperhatikan dala pembutan oncom, yaitu sanitasi harus diperhatikan dengan baik agar tidak muncul mikroba yang membahayakan kesehatan.

3. Sebagai sumber energi


Protein dan karbohidrat yang terdapat dalam oncom berperan besar sebagai sumber energi ibu hamil. Kekurangan energi saat sedang hamil dapat menyebabkan tubuh terasa letih dan lelah. Protein tidak hanya bermanfaat sebagai sumber energi, melainkan dibutuhkan janin untuk membantu pertumbuhannya. Silakan baca sumber protein untuk ibu hamil.

4. Pencernaan lancar


Proses fermentasi dalam pembuatan oncom dengan memanfaatkan mikroba baik dapat memberikan dampak positif pada sistem pencernaan tubuh. Dengan demikian, masalah pencernaan yang dialami selama hamil akan bisa teratasi tanpa harus mengkonsumsi obat - obatan. Untuk mengatasi sembelit hendaknya ibu hamil banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat.

5. Menurunkan kolesterol


Kolesterol jahat yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Meski bukan termasuk jenis penyait, namun kelebihan kadar kolesterol dapat menjadi pemicu berbagai macam penyakit seperti sakit kepala, jantung dan stroke. Berbagai macam kandungan nutrisi dalam oncom terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh apabila dimasak dengan cara yang benar.

Bahaya Oncom untuk Ibu Hamil


Meski dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil, namun oncom dapat juga menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini terjadi karena proses pembuatan oncom menggunakan sistem fermentasi yang memerlukan mikroba. Proses fermentasi tersebut jika tidak dilakukan dengan baik maka bisa memunculkan bakteri jahat yang membahayakan kesehatan ibu hamil.

Selain itu, ibu hamil hendaknya tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi oncom karena sebaik apapun makanan tapi kalau dimakan dalam jumlah tak wajar maka bisa menyebabkan dampak kurang baik bagi kesehatan.

Demikian ulasan singkat tentang bolehkah makan oncom saat hamil. Semoga apa yang kami sampaikan di atas dapat membantu Anda dalam menambah wawasan tentang perawatan kehamlian. Sekian dan semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top