Buah untuk Melancarkan BAB pada Ibu Hamil

Buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil - Menjalani kehamilan memang tidak seenak yang kita bayangkan, banyak keluhan yang muncul seiring bertambahnya usia kehamilan. Salah satu keluhan yang kerap dialami oleh ibu hamil adalah sembelit atau susah buang air besar. Sembelit biasa muncul sejak usia kehamilan awal hingga trimester akhir.

Sembelit saat hamil disebabkan oleh beberapa sebab diantaranya adalah karena peningkatan hormon progesteron, kurang olahraga, kurang asupan makanan berserat dan kurang minum air putih.

Untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil, diperlukan langkah yang tepat, tidak boleh sembarangan minum obat yang dijual di toko obat tanpa panduan dari dokter. Anda juga bisa menerapkan langkah sederhana  untuk mengatasi sembelit seperti yang telah kami tulis pada artikel berjudul cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil yang aman.

buah-untuk-melancarkan-bab-pada-ibu-hamil
image from pixabay

Buah untuk Melancarkan BAB Ibu Hamil


Selain menerapkan cara tersebut di atas, Anda perlu mengkonsumsi makanan berserat tinggi baik berupa buah dan sayur. Dengan mengkonsumsi buah tinggi serat diharapkan susah BAB yang dialami ibu hamil akan segera sembuh dan kehamilan menjadi nyaman.

Selain makanan berserat tinggi, Anda juga perlu makanan yang banyak mengandung vitamin C agar BAB lancar. Adapun buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut.

1. Buah pepaya lancarkan BAB


Pepaya termasuk jenis buah segar yang mempunyai kandungan serat sangat tinggi sehingga sangat cocok digunakan untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Perlu kami sampaikan bahwa buah pepaya yang aman bagi ibu hamil adalah pepaya yang sudah matang, bukan pepaya mentah atau pepaya kemampo.

Mengapa pepaya mentah dan kemampo tidak aman bagi ibu hamil ? karena pepaya yang belum matang itu biasanya banyak getahnya, sedangkan getah pepaya tersebut mengandung papain yang dapat menyebabkan kontraksi perut bila dimakan ibu hamil. Silakan baca penjelasan lebih lanjut pada sayur pepaya untuk ibu hamil, berbahayakah ?

2. Stroberi


Buah berbentuk kecil dan berwarna merah ini juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan BAB ibu hamil, pasalnya buah ini selain mengandung serat juga mengandung vitamin C cukup tinggi. Dengan demikian, stroberi dapat dijadikan sebagai alternatif obat pelancar BAB ibu hamil. Anda bisa mengkonsumsi stroberi secara langsung, dijus atau dibuat kreasi makanan lainnya.

3. Mentimun


Salah satu penyebab sembelit adalah BAB keras, maka untuk mengatasi masalah ini Anda perlu mengkonsumsi buah pelancar BAB yaitu buah yang kaya serat dan vitamin C. Mentimun merupakan bahan lalapan yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi susah BAB karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat seperti vitamin C, serat, air, kalsium, fospor dan lainnya.

4. Wortel


Wortel bisa digolongkan pada kategori sayur dan buah pelancar BAB untuk ibu hamil. Mengapa demikian ? karena wortel tidak hanya tinggi vitamin A, akan tetapi juga banyak mengandung serat sehingga dapat mencegah dan mengatasi susah buang air besar. Selain bermanfaat untuk melancarkan BAB, mengkonsumsi wortel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Silakan baca manfaat jus tomat dan wortel untuk ibu hamil.

5. Kismis


Ketika Anda mengeluhkan susah BAB, sebaiknya jangan terburu - buru untuk menggunakan obat kimia karena janin masih sensitif. Ada baiknya Anda gunakan bahan alami untuk melancarkan BAB, salah satunya adalah kismis (anggur kering). Kismis memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit.

Selain beberapa buah tersebut di atas, Anda bisa memanfaatkan bahan lain untuk mengatasi sembelit seperti madu dan minyak nabati. Intinya, untuk mengatasi sembelit coba lakukan langkah sederhana dulu, jangan terburu buru pakai obat kimia kecuali atas resep dokter.

Demikianlah ulasan singkat mengenai buah untuk melancarkan BAB pada ibu hamil. Jangan biarkan keluhan yang Anda jumpai pada saat hamil menghantui kehamilan Anda. Segera lakukan langkah sederhana untuk mengatasinya. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top