Cara Mengatasi Susah BAB pada Ibu Hamil Muda Paling Aman

Susah BAB pada ibu hamil muda adalah hal yang wajar terjadi namun cukup mengganggu aktivitas maka perlu segera diatasi. Cara mengatasi sembelit saat hamil pun perlu segera dilakukan agar kehamilan terasa nyaman da aktivitas bisa dijalani dengan baik seperti sedia kala. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas tentang cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil muda.

Cara paling aman untuk mengatasi sembelit (susah BAB) adalah dengan memperbanyak makan makanan berserat tinggi seperti pepaya dan lain sejenisnya. Selengkapnya bisa Anda baca pada buah berserat tinggi untuk ibu hamil.

Sebelum lanjut ke pokok pembahasan, perlu kiranya kami sampaikan tentang penyebab susah BAB saat hamil, baik pada usia kehamilan muda maupun usia kehamilan tua.

cara-mengatasi-susah-bab-pada-ibu-hamil-muda
image from pixabay

Penyebab Susah BAB pada Ibu Hamil


Ada banyak hal yang membuat ibu hami mengalami sembelit, diantaranya adalah perubahan hormon, kurang mengkonsumsi makanan berserat, pikiran stress, kurang berolahraga dan lain lain. Silakan simak penjelasan lebih lengkap di bawah ini :

1. Sembelit terjadi karena perubahan hormon


Sebagaimana kita ketahui bahwa pada saat kehamilan berlangsung maka ibu hamil mengalami perubahan hormon progesteron yang sangat berperan dalam relaksasi otot halus. Peningkatan hormon ini membuat otot halus di bagian lambung semakin lambat dalam proses pengosongan lambung, wal hasil ibu hamil menjadi susah BAB.

Susah BAB sangat wajar dialami ibu hamil, maka jangan terlalu panik. Meski cukup mengganggu aktivitas, namun alangkah baiknya bunda tidak mengkonsumsi dengan sembarangan obat pelancar BAB untuk ibu hamil, apalagi obat sembelit yang dikonsumsi tanpa resep dari dokter.

2. Perut yang semakin buncit


Seiring bertambahnya usia kehamilan, mau tidak mau perut ibu hamil akan menjadi semakin membesar. Keadaan ini akan mempengaruhi sistem kerja usus halus dan usus besar hingga membuat gangguan pencernaan dan sembelit. Untuk mengatasi sembelit sebaiknya lakukan cara aman sesuai dengan petunjuk dari dokter.

3. BAB keras saat hamil


BAB keras saat hamil bisa juga terjadi karena kurang mengkonsumsi makanan berserat, baik berupa sayur maupun buah. Untuk itu, salah satu cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Pepaya termasuk buah berserat tinggi yang bisa Anda pilih sebagai buah untuk melancarkan BAB.

4. Pikiran stress


Terkadang pikiran stress dan cemas bisa jadi penyebab susah BAB maka ibu hamil perlu menjaga pikiran agar tidak terlalu stress dan cemas. Ada baiknya ibu hamil meluangkan waktu untuk menghilangkan pikiran penat akibat menjalankan aktivitas yang terlalu padat di siang hari.

Tak hanya pikiran stress, gangguan psikis karena suami kurang perhatian pun bisa menyebabkan beberapa keluhan kehamilan, salah satunya adalah susah BAB. Selengkapnya bisa Anda bacahal yang harus dilakukan suami ketika istri hamil.

5. Kurang gerak


Olahraga sangat diperlukan oleh manusia untuk mendapatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Kurang olahraga membuat tubuh terlihat lesu dan kurang semangat, masalah kesehatan pun acap kali muncul tanpa diundang. Salah satu masalah kesehatan yang disebabkan karena kurang gerak dan kurang olahraga adalah sembelit atau susah BAB. Namun demikian, ibu hamil perlu selektif dalam memilih olahraga yang akan dilakukan karena tidak semua olahraga aman dilakukan oleh ibu hamil.

6. Kurang minum


Kekurangan cairan tubuh bisa saja menjadi penyebab BAB keras sehingga ibu hamil susah buang air besar. Untuk itu, perbanyak minum air putih selama hamil agar kesehatan tetap terjaga dan BAB lancar.

Cara Mengatasi Susah BAB pada Ibu Hamil


Walaupun tergolong keluhan yang wajar dialami oleh ibu hamil namun bukan berarti Anda harus diam dan tidak berusaha untuk mengatasi masalah ini. Meski terlihat sepele namun sembelit cukup mengganggu aktivitas dan membuat tidak nyaman. Untuk itu, segera sembuhkan sembelit dengan beberapa langkah sederhana sebagaimana berikut ini.

1. Cukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil


Agar sembelit segera teratasi, sebaiknya ibu hamil mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan baik. Makanan berserat tinggi seakan menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil yang sedang sembelit. Buah dan sayur berserat tinggi merupakan obat pelancar BAB untuk ibu hamil yang sangat aman karena selain bermanfaat bagi ibu juga bermanfaat bagi janin.

2. Banyak minum


Memperbanyak minum air putih termasuk cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil yang sangat aman. Apabila sembelit yang dialami ibu hamil terjadi karena kekurangan cairan tubuh maka segera cukupi kebutuhan cairan dengan memperbanyak minum air putih.

3. Jangan menunda BAB


Ketika perut terasa mulas dan ingin BAB maka jangan ditunda tunda entah karena alasan apapun karena menunda BAB justru membuat keadaan semakin tidak menguntungkan. Ada beberapa ibu hamil yang menunda BAB karena khawatir mengejan BAB saat hamil muda dapat membahayakan kehamilannya padahal sebenarnya tidak masalah.

4. Olahraga rutin


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa salah satu penyebab sembelit saat hamil adalah kurang gerak atau olahraga, maka salah satu cara untuk mengatasi sembelit adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Adapun olahraga yang aman bagi ibu hamil bisa Anda baca olahraga yang aman untuk ibu hamil muda.

Demikianlah ulasan ringkas mengenai penyebab dan cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil. Semoga tulisan di atas bisa menyumbangkan banyak manfaat bagi kita. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top