Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Alami dan Ampuh

Mengatasi telat datang bulan bisa dilakukan dengan cara alami tanpa menggunakan obat kimia. Telat datang bulan bisa disebabkan karena berbagai macam faktor seperti terlalu capek, pikiran stress, hormon tak seimbang, karena penyakit tertentu dan karena sedang hamil. Pada umumnya, wanita yang mengalami telat haid, hatinya menjadi cemas dan mulai bertanya - tanya, apakah gerangan yang membuat haidnya tidak lancar. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami kan sedikit membahas tentang cara mengatasi telat datang bulan secara alami.

Sebelum melanjutkan pembahasan, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu ulasan mengenai tanda haid normal pada artikel berjudul tanda tanda menstruasi yang normal pada wanita.

Telat datang bulan yang dialami oleh kaum hawa itu berbeda - beda, ada yang telat beberapa hari saja, ada yang bulanan dan ada juga yang sampai berbulan bulan. Perlu kami sampaikan bahwa telat haid itu masih dikatakan normal apabila terjadi hanya dalam kurun waktu 1 hingga 3 hari, namun apabila telat haid ini terjadi lebih dari itu sebaiknya kita waspada.

cara-mengatasi-telat-datang-bulan-alami-dan-ampuh
image from pixabay

Langkah paling tepat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah datang ke dokter untuk mencari kejelasan tentang penyebab telat datang bulan. Selanjutnya dokter akan memberikan perawatan kepada Anda sesuai dengan keluhan yang Anda hadapi.

Cara Alami Mengatasi Telat Datang Bulan


Anda juga dapat melakukan beberapa langkah alami yang terbukti dapat mengatasi masalah ini. Cara alami ini bisa Anda terapkan namun sebaiknya jangan meninggalkan pemeriksaan medis jika memang diperlukan. Cara mengatasi telat datang bulan alami ini dimaksudkan agar keluhan Anda dapat segera teratasi.

1. Atasi telat datang bulan dengan latihan fisik


Cara sederhana yang sangat efektif untuk mengatasi telat datang bulan adalah dengan latihan fisik. Dengan melakukan latihan fisik maka keseimbangan hormon akan terjaga dengan baik dan pikiran terhindar dari stress sehingga haid lancar. Kenapa bisa begitu ? karena salah satu penyebab ketidak teraturan menstruasi adalah hormon yang tidak seimbang dan pikiran stress.

Lantas, latihan fisik apa saja yang bisa anda lakukan ? yaitu dengan melakukan gerakan olahraga ringan da senam kesehatan seperti senam yoga dan senam semisalnya. Untuk lebih jelasnya Anda bisa konsultasi ke dokter.

2. Konsumsi makanan sehat


Selanjutnya, anda perlu memperhatikan asupan makanan harian, sudahkah Anda terapkan pola makan sehat ? kalau belum silakan segera terapkan pola makan sehat dengan empat sehat lima sempurna.

Sayuran hijau sangat berperan dalam membantu mengatur siklus haid agar dapat berjalan dengan lancar. Tak hanya itu, buah segar juga perlu Anda konsumsi secara rutin dengan cara dimakan langsung atau dibuat sebagai jus buah.

baca juga : tanda tanda hamil sebelum menstruasi

3. Minum wedhang jahe


Jahe adalah bahan empon empon yang sangat biasa digunakan oleh masyarakat pedesaan untuk mengatasi masuk angin. Biasanya jahe ini dibuat untuk minuman hangat yang cukup menyegarkan dan sering disebut dengan wedhang jahe.

Ternyata wedhang jahe tidak hanya bisa meringankan masuk angin tapi juga bermanfaat untuk mengatasi telat datang bulan. Tak hanya itu, wedhang jahe juga dapat mengatas kram perut saat haid karena mengandung  zat zingerone dan antioksidan.

4. Makan biji lobak


Salah satu cara mengatasi telat datang bulan yang cukup manjur adalah dengan mengkonsumsi biji lobak. Biasanya lobak itu yang dikonsumsi adalah bagian umbinya, namun untuk mengatasi masalah haid, Anda bisa memanfaatkan bijinya. Adapun caranya adalah dengan menghaluskan biji lobak lalu dicampurkan dalam segelas susu kemudian diminum secara rutin sehari sekali.

5. Atasi telat haid dengan pare


Pare merupakan salah satu jenis sayuran hijau dengan rasa pahit namun nikmat. Meski rasanya pahit, namun ternyata pare itu mengandung nutrisi yang cukup banyak sehingga dapat membantu melancarkan menstruasi. Untuk mendapatkan hasil olahan pare yang nikmat, Anda bisa membuat kreasi masakan pare dengan campuran bahan yang pas dan takaran bumbu yang tepat.

6. Kompres air hangat


Mengompres perut dengan menggunakan air hangat tidak hanya digunakan untuk meringankan kram di perut, tapi juga berkhasiat untuk memperlancar menstruasi. Kenapa bisa begitu ? karena dengan kompres hangat maka suhu tubuh di sekitar perut pun ikut meningkat sehingga aliran darah menjadi semakin lancar.

Itulah beberapa cara mengatasi telat datang bulan alami dan ampuh. Anda bisa menerapkan beberapa cara tersebut di atas dengan tetap mempertimbangkan kondisi tubuh Anda. Jika keluhan tak segera sembuh, segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top