Manfaat dan Bahaya Melon untuk Ibu Hamil

Manfaat melon untuk ibu hamil sangat banyak, namun ada bahaya mengancam dari buah melon kalau ibu hamil salah dalam mengkonsumsinya. Sebagaimana kita ketahui bahwa buah segar adalah sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Nutrisi yang terkandung dalam buah segar diperlukan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan serta membantu perkembangan janin.

Ada satu pertanyaan yang sering muncul di kalangan ibu hamil, "bolehkah ibu hamil makan buah melon ?". Apabila Anda termasuk salah satu dari sekian banyak ibu hamil yang menanyakannya, silakan simak ulasan singkat pada artikel ini.

Manfaat Melon untuk Ibu Hamil


Buah melon banyak dijumpai pada saat kemarau seperti sekarang ini. Aroma harum dan rasa manis buah melon sungguh memikat hati untuk segera menikmatinya. Namun terkadang ibu hamil tak berani untuk menyantap buah melon karena takut jangan jangan buah melon dapat membahayakan kehamilan.

manfaat-dan-bahaya-melon-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Di musim kemarau, Anda juga menjumpai buah semangka  segar, baik yang berwarna merah maupun kuning. Apakah Anda takut untuk makan buah semangka ? coba sempatkan waktu untuk membaca penjelasan terkait masalah itu pada post berjudul bolehkah ibu hamil makan semangka kuning ?

Kembali ke buah melon..
Perlu kami sampaikan kepada Anda bahwa buah melon itu mempunyai kandungan nutrisi yang cukup lengkap sehingga mampu menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil. Manfaat melon untuk ibu hamil diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meringankan morning sickness ibu hamil


Tak dipungkiri, ketika usia kehamilan baru masuk pada trimester pertama (tiga bulan pertama), banyak tanda dan gejala kehamilan normal yang membuat aktivitas sehari hari terasa tidak nyaman.

Salah satunya adalah morning sickness atau mual muntah di pagi hari. Keadaan ini wajar dialami ibu hamil, namun jika tidak diatasi bisa membuat badan ibu hamil jadi lemas dan tak bertenaga.

Untuk itu, Anda bisa menerapkan cara sederhana untuk meringankan morning sickness, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah melon. Rasa segar buah melon memberikan efek dingin di perut sehingga dapat meredakan mual muntah saat hamil.

2. Mencegah ibu hamil dari dehidrasi


melon mempunyai kandungan air yang cukup banyak sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Konsumsi buah melon dapat mencegah ibu hamil dari dehidrasi, namun ibu hamil tetap harus banyak minum air putih.

Jangan hanya mengandalkan air dari buah - buahan tanpa minum air karena kandungan air dalam buah belum bisa mencukupi kebutuhan cairan secara sempurna.

3. Membantu mengatasi susah BAB


Sembelit atau susah BAB adalah keluhan yang wajar dialami oleh ibu hamil karena berbagai macam faktor. Salah satu penyebab susah BAB pada ibu hamil adalah karena kurang mengkonsumsi makanan berserat.

Di sinilah manfaat buah melon untuk ibu hamil, yaitu membantu memenuhi kebutuhan serat ibu hamil sehingga terhindar dari sembelit. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara mengatasi sembelit bisa Anda baca cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil yang aman.

4. Menstabilkan tekanan darah


Salah satu cara efektif untuk menstabilkan tekanan darah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium. Oleh karena mengandung banyak kalium, buah melon dapat membantu menstabilkan tekanan darah ibu hamil sehingga terhindar dari hipertensi dan hipotensi. Selain daripada itu, buah melon juga berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah.

5. Buah melon dapat menguatkan tulang


Termasuk manfaat buah melon untuk ibu hamil adalah membantu menguatkan tulang ibu serta membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Mengapa bisa begitu ? karena buah melon mempunyai kandungan kalsium yang cukup banyak. Wanita hamil butuh kalsium lebih banyak daripada orang biasa guna mengurangi resiko tulang rapuh pasca melahirkan.

6. Penyumbang vitamin C, A dan B kompleks


Buah melon termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C, vitamin A dan B kompleks. Vitamin C sangat dibutuhkan oleh semua orang, tak terkecuali ibu hamil, pasalnya vitamin C memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan. Manfaat vitamin C bagi ibu hamil diantaranya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan pada sel tubuh dan membantu mengatasi bebrapa macam masalah kesehatan seperti sariawan, flu dan sakit tenggorokan.

Vitamin A bermanfaat bagi ibu hamil untuk membantu mengoptimalkan kerja mata, sedangkan vitamin B kompleks sangat bermanfaat dalam membantu mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

7. Meningkatkan sistem imun


Kandungan vitamin C dan zat karotenoid pada buah melon bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Sistem kekebalan tubuh yang terbentuk dengan baik bisa mencegah ibu hamil dari serangan berbagai macam jenis penyakit. Apabila kesehatan ibu hamil dapat terjaga dengan baik, otomatis janin dalam kandungan akan mendapatkan dampak positif.

8. Anti stress


Sebenarnya stress yang dialami oleh ibu hamil itu terjadi karena pola pola pikirnya sendiri. Kalau ibu hamil bisa mengendalikan emosi dengan baik serta dapat menghadapi segala permasalahan yang ada dengan bijak maka stress tidak akan berlarut.

Namun demikian, sebagai usaha lahiriyah untuk mencegah stress adalah dengan mengkonsumsi makanan anti stress, salah satunya adalah buah melon. Kandungan superoksida pada buah melon dipercaya oleh sebagian orang dapat menormalkan tekanan darah dan mengatasi stress.

Bahaya Melon untuk Ibu Hamil


Manfaat buah melon memang cukup banyak, namun bukan berarti makan melon itu tidak ada resikonya. Bahaya melon untuk ibu hamil akan muncul jika Anda salah mengkonsumsinya. Melon yang terkontaminasi oleh bakteri listeria dan tokoplasma dapat menyebabkan masalah serius, maka Anda harus mengkonsumsi melon dengan cara yang benar agar tidak terkena bahaya tersebut.

Adapun penjelasan mengenai bahaya makan melon bagi ibu hamil dan cara aman makan melon saat hamil insyaAllah akan kami sampaikan di lain kesempatan karena terbatasnya waktu dan ruang.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat dan bahaya melon untuk ibu hamil. Semoga apa yang kami sampaikan dalam artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top