Manfaat Kentang Rebus bagi Ibu Hamil, Waow Luar Biasa !!

Manfaat kentang rebus bagi ibu hamil - Selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi adalah langkah bijak ibu hamil demi mendapatkan kehamilan yang sehat dan tidak banyak masalah. Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang patut Anda pilih untuk melengkapi menu harian karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat.

Aneka macam sayuran dan buah segar sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, namun ada beberapa jenis sayuran yang kurang baik, silakan baca sayuran yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Bagi para penggemar kentang tentu kehamilan membuatnya bertanya tanya, bolehkah makan kentang saat hamil ? amankah ? Perlu kami sampaikan bahwa kentang itu mengandung banyak nutrisi bermanfaat yang sangat baik bagi ibu hamil. Namun demikian, Anda tidak boleh terlalu banyak (berlebihan) dalam mengkonsumsinya guna menghindari dampak negatif yang mungkin bakal terjadi.

manfaat-kentang-rebus-bagi-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Kentang bagi Ibu Hamil.


Entah direbus atau dimasak apapun, kentang itu banyak menyumbangkan manfaat bagi ibu hamil karena kandungan nutrisinya cukup banyak seperti karbohidrat, protein, vitamin dan lainnya. Beberapa manfaat kentang rebus bagi ibu hamil antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kentang dapat mencegah anemia ibu hamil


Anemia (kurang darah) sering kali dikeluhkan oleh banyak ibu hamil. Anemia membuat badan ibu hamil terasa lemas, letih dan tak bertenaga, tak jarang ibu hamil yang sampai pingsan karena anemia.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, salah satu diantaranya adalah kentang. Adapun contoh makanan yang banyak mengandung zat besi bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil

2. Menguatkan tulang


Ibu hamil membutuhkan kalsium yang lebih banyak daripada orang biasa, pasalnya janin dalam rahimnya juga butuh kalsium untuk membantu perkembangan tulang dan gigi.

Kalau ibu hamil kurang asupan kalsium maka janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu sehingga dapat menyebabkan tulang rapuh. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, silakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium termasuk kentang.

Selain mengandung kalsium, kentang juga mengandung fospor dan mineral yang dapat membantu proses penyerapan kalsium oleh tubuh sehingga kesehatan tulang ibu hamil tetap terjaga dengan baik.

3. Kentang sebagai sumber tenaga ibu hamil


Di awal usia kehamilan (trimester pertama) biasanya ibu hamil mengalami morning sickness (mual muntah) sehingga ibu hamil butuh makanan berkarbohidrat agar tetap bertenaga.

Kentang rebus bisa dijadikan sebagai alternatif sementara sumber karbohidrat, mengingat di saat itu banyak ibu hamil yang perutnya tidak mau kemasukan nasi.

4. Membantu melancarkan pencernaan


Selain mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan kalsium,kentang juga memiliki kandungan serat yang cukup banyak sehingga dapat digunakan sebagai obat pelancar BAB ibu hamil.

Sebagaimana kita ketahui bahwa banyak ibu hamil yang mengalami sembelit (susah BAB) pada masa kehamilannya mulai dari usia kehamilan awal hingga menjelang persalinan tiba.

5. Menyumbangkan asam folat


Janin dalam kandungan butuh asam folat untuk membantu proses perkembangan jaringan syaraf. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan janin terlahir dalam kondisi tak sesuai harapan.

Agar kebutuhan asam folat terpenuhi, ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi selain mengkonsumsi suplemen yang diberikan oleh dokter.

Itulah manfaat kentang rebus untuk bagi ibu hamil yang tidak bisa dianggap remeh. Meski banyak menyumbangkan manfaat,namun jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya demi menghindari masalah kehamilan yang mungkin bisa terjadi. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top