Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil, Jangan diremehkan !

Manfaat ubi jalar untuk ibu hamil sangat lah banyak, pasalnya ubi jalar mengandung banyak nutrisi yang diperlukan selama hamil. Sebagaimana kita ketahui bahwa ibu hamil memerlukan banyak nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin dalam rahimnya. Untuk itu, ibu hamil harus benar benar memperhatikan asupan makan tiap hari.

Ubi jalar memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak meliputi vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Tak hanya itu, ubi jalar juga mengandung magnesium, betakaroten dan kalium.

Ada beberapa jenis ubi jalar yang banyak ditanam oleh masyarakat di tanah air, seperti ubi jalar kuning, ubi jalar merah, putih dan ungu. Ubi jalar merupakan sumber makanan yang bebas dari lemak sehingga dapat menyumbangkan manfaat bagi manusia tak terkecuali ibu hamil.

manfaat-ubi-jalar-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Manfaat Ubi Jalar untuk Ibu Hamil


Oleh karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat, ubi jalar sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil yang suka makan ubi jalar akan mendapatkan beberapa macam manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kesehatan mata ibu hamil terjaga dengan baik


Ibu hamil memerlukan banyak vitamin A untuk menjaga kesehatan mata serta mengoptimalkan fungsi kerja mata. Kebutuhan vitamin A yang  dapat terpenuhi dengan baik tak hanya berdampak positif bagi ibu, melainkan janin juga mendapat dampak baiknya. Oleh karena ubi jalar mengandung vitamin A yang cukup tinggi maka ubi jalar sangat cocok dimakan oleh ibu hamil guna memenuhi kebutuhan vitamin A.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit


Selama menjalani kehamilan, banyak ibu hamil yang mengeluhkan kontipasi / sembelit. Untuk mengatasi keluhan ini, ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan tinggi serat, salah satunya adalah ubi jalar. Konsumsi ubi jalar dalam jumlah wajar dapat mencegah dan mengatasi sembelit (susah buang air besar) saat sedang hamil.

3. Mengatasi kurang darah


Kurang darah (anemia) sering kali dialami oleh wanita hamil sehingga badan terasa lelah, lemas dan terkadang sering pingsan. Untuk mencegah dan mengatasi anemia, ibu hamil perlu mendapatkan asupan zat besi yang cukup. Ubi jalar  merupakan salah satu sumber makanan yang mampu menyumbangkan banyak zat besi bagi ibu hamil. Selengkapnya bisa Anda baca makanan penambah darah ibu hamil.

4. Ubi jalar dapat membantu meningkatkan imunitas ibu hamil


Semua orang mempunyai sistem kekebalan tubuh (imunitas) yang berbeda - beda. Ibu hamil perlu mempunyai sistem imunitas yang baik agar tidak gampang terkena serangan penyakit sehingga kehamilan dapat berjalan dengan baik dan tidak banyak keluhan. Kandungan nutrisi yang sangat lengkap pada ubi jalar sangat baik bagi ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu meringankan morning sickness


Mual dan muntah adalah hal yang wajar dialami ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama (tiga bulan pertama). Mual dan muntah biasa muncul di pagi hari sehingga disebut dengan istilah morning sickness. Meskipun wajar dialami ibu hamil namun perlu kiranya ibu hamil berusaha untuk meringankan mornig sickness ini agar asupan nutrisi ke dalam tubuh dapat tercukupi.

Kandungan vitamin B6 pada ubi jalar sangat cocok digunakan untuk meringankan mual dan muntah pada ibu hamil tanpa harus mengkonsumsi obat kimia. Informasi lebih lengkap mengenai cara mengatasi mornisng sickness silakan baca cara mengatasi mual dan pusing saat hamil

6. Cegah kram otot


Dalam menjalani kehamilan, sering kali ibu hamil menjumpai kram otot dan persendian di bagian tangan dan kaki. Keadaan ini sungguh sangat mengganggu kenyamanan dan membuat aktivitas tidak dapat berjalan dengan baik. Untuk mencegah dan mengatasi keluhan ini Anda bisa mengkonsumsi ubi jalar karena kandungan kalium di dalamnya sangat efektif mencegah kram otot.

7. Mengatasi hipertensi


Hipertensi selama hamil sungguh sangat  ditakutkan karena dapat menyebabkan komplikasi kehamilan. Kandungan gizi yang terdapat dalam ubi jalar sangat cocok dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Itulah manfaat ubi jalar untuk ibu hamil yang dapat kami tulis. Dengan mengkonsumsi makanan sehat adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh ibu hamil guna mendapatkan kehamilan yang sehat. Semoga kehamilan Anda sehat dan menyenangkan. Amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top