Obat Pelancar BAB untuk Ibu Hamil yang Aman

Obat pelancar BAB untuk ibu hamil - Salah satu keluhan yang banyak dialami oleh wanita hamil adalah sembelit atau susah BAB. Hal ini terjadi karena banyak faktor seperti kurang minum, peningkatan hormon, kurang mengkonsumsi makanan berserat dan lainnya. Untuk mengatasi sembelit saat hamil bunda perlu memilih cara yang aman, tidak sembarangan minum obat.

Di apotek dan toko obat memang banyak dijual aneka macam obat pelancar BAB, namun Anda harus hati - hati karena janin yang Anda kandung masih sangat sensitif terhadap zat kimia.

Walaupun BAB lancar tapi kalau janin mendapatkan dampak negatif maka perlu dihindari. Apabila Anda ingin segera mengatasi susah BAB dengan aman, pastikan minum obat sembelit dengan resep dokter karena dokter akan memberikan obat pelancar BAB yang aman bagi janin.

obat-pelancar-bab-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Obat Pelancar BAB untuk Ibu Hamil


Untuk mendapatkan obat sembelit yang aman bagi ibu hamil, Anda harus merelakan waktu, tenaga dan harta untuk datang ke dokter. Mengapa harus datang ke dokter ? karena dokter lah yang mempunyai ilmu medis dalam mengobati berbagai macam keluhan kehamilan dengan tetap mempertimbangkan efek samping obat tersebut terhadap janin.

Meski banyak orang yang menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat pelancar BAB namun sebaiknya jangan segera menuruti kata orang sebelum konsultasi ke dokter. Lebih baik Anda luangkan waktu sebentar untuk datang ke dokter agar janin terjaga kesehatannya daripada segera mendapatkan obat sembelit namun keselamatan janin terancam.

Di lain sisi, jika Anda ingin mengatasi sembelit dengan tanpa obat kimia, Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana mulai dari mengkonsumsi buah berserat tinggi, memperbanyak minum air putih dan lain - lain.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil


Mengatasi susah BAB pada ibu hamil tidak hanya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat kimia, namun bisa dengan cara sederhana yang aman. Langkah sederhana tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Memperbanyak konsumsi makanan berserat


Salah satu penyebab BAB keras dan sembelit adalah karena kurang makan sayur dan buah berserat tinggi. Untuk itu, jika Anda mengalami sembelit atau susah BAB silakan coba mengkonsumsi makanan berserat. Lantas apa saja makanan yang banyak mengandung serat ? silakan baca buah berserat tinggi untuk ibu hamil.

2. Memperbanyak minum


Selain disebabkan karena kurang makanan berserat, sembelit juga bisa disebabkan karena kurang minum. Perlu Anda ketahui bahwa kebutuhan caran ibu hamil itu lebih banyak daripada orang biasa, maka ibu hamil perlu minum air putih yang lebih banyak dari biasanya. Apabila Anda merasa bosan minum air putih, silakan buat jus buah segar untuk ibu hamil. Aneka macam buah segar yang sangat cocok untuk wanita mengandung telah kami rangkum dalam artikel berjudul 5 top jus bagi ibu hamil.

3. Olahraga cukup


Kurang gerak bisa saja menjadi penyebab BAB tidak lancar, maka ibu hamil dianjurkan untuk melakukan gerakan olahraga ringan sesuai dengan kemampuan secara rutin dan teratur. Silakan pilih jenis olahraga yang ringan saja seperti jalan kaki, senam, dan lainnya. Adapun jenis olahraga ekstrem sebaiknya dihindari dulu sampai kehamilan usai.

Amankah microlax untuk ibu hamil ?


Salah satu obat pelancar BAB yang banyak dipilih oleh ibu hamil adalah microlax. Sebenarnya microlax itu aman atau tidak digunakan oleh ibu hamil ? Pemakaian microlax saat hamil tergolong aman namun terlalu sering pemakaian microlax tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan usus ketergantungan pakai microlax.

Demikian ulasan singkat mengenai obat pelancar BAB untuk ibu hamil yang aman. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa menyumbangkan banyak manfaat bagi kita. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top