Tanda Tanda Menstruasi yang Normal pada Wanita

Menstruasi yang normal pada wanita mempunyai tanda tanda yang umum dialami. Kaum hawa yang hidup di muka bumi ini telah dikodratkan oleh Sang Maha Pencipta mengalami menstruasi atau haid. Intinya, darah haid yang keluar dari jalan lahir adalah hal yang wajar dan normal, tak perlu ditakutkan. Namun demikian, ada beberapa orang yang mengalami menstruasi tak wajar sehingga dianggap sebagai menstruasi tak normal. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan beberapa hal terkait dengan tanda tanda menstruasi yang normal pada wanita.

Siklus haid yang dimiliki oleh setiap wanita itu berbeda - beda, ada yang panjang, sedang dan ada yang cukup pendek. Begitu juga volume darah haid yang keluar, ada yang banyak dan ada yang hanya sedikit.

tanda-tanda-menstruasi-yang-normal-pada-wanita
image from pixabay

Mungkin saat ini Anda masih ragu terkait haid yang Anda alami secara rutin tiap bulan, apakah tergolong normal atau tak normal. Untuk itu, silakan simak penjelasan dan ulasan pada artikel di bawah ini hingga selesai.

Tanda Menstruasi yang Normal


Ada beberapa tanda menstruasi normal yang dirasakan oleh kaum hawa. Sebagaimana telah dilansir oleh situs healh.detik.com tanda tanda menstruasi yang normal pada wanita antara lain adalah sebagai berikut :

1. Siklus menstruasi


Setiap wanita mempunyai siklus haid sendiri - sendiri. Siklus menstruasi antara wanita satu dengan yang lain berbeda - beda, ada yang panjang dan ada yang pendek. Adapun menstruasi normal mempunyai siklus antara 21 hari hingga 35 hari. Apabila siklus haid Anda tidak teratur maka agak sulit menentukan lama siklus haid, namun Anda tak perlu khawatir karena keadaan itu tidak berbahaya kecuali kalau dibarengi dengan keluhan lain.

2. Jumlah darah


Jumlah darah haid yang keluar dari jalan lahir setiap wanita juga berbeda - beda, ada yang sedikit dan ada yang banyak. Untuk melihat berapa banyak jumlah darah yang dikeluarkan bisa dilihat melalui pembalut yang digunakan.

Pada umumnya pembalut mempunyai daya tampung masing - masing, ada yang 6cc, ada yang 9cc dan ada yang dapat menampung hingga 15cc. Menstruasi masih dianggap normal apabila menghabiskan hingga 7 pembalut ukuran sedang setiap harinya. Namun biasanya, darah haid keluar banyak itu hanya pada awal haid saja.

3. Lama menstruasi


Selain lama siklus haid dan jumlah darah haid, lama menstruasi juga dapat dijadikan sebagai pertanda menstruasi normal. Lama haid setiap wanita berbeda - beda, namun jika lama menstruasi Anda masih dalam kisaran 3 sampai 7 hari maka masih dianggap sebagai menstruasi normal.

4. PMS


Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah gejala yang muncul ketika seorang wanita sedang haid. PMS ini terjadi karena perubahan hormon saja, jadi tidak berbahaya. PMS normal hampir sama dengan tanda hamil, misalnya perubahan emosi, p@yud@r@ terasa nyeri, kram perut dan lainnya. Anda tak pelru khawatir dengan keadaan ini karena kan segera hilang seiring berakhirnya masa haid.

5. Nyeri haid


Hampir semua wanita haid mengeluhkan kram perut melilit - lilit. Perlu Anda ketahui bahwa nyeri perut yang banyak dikeluhkan oleh wanita haid itu disebabkan karena luka pada bagian endometrium. Kram perut saat menstruasi dikatakan masih normal apabila dirasakan 1 - 2 hari saja. Kalau nyeri perut ini terjadi terus - terusan bahkan sampai lebih dari satu minggu, sebaiknya segera saja konsultasikan ke dokter.

Demikian informasi terkait tanda tanda menstruasi yang normal pada wanita. Silakan share artikel ini jika menurut Anda bermanfaat dan semoga informasi singkat di atas bermanfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top