Aktivitas Ibu Hamil Muda yang Aman dan Berbahaya

Aktivitas ibu hamil muda memang sudah sepantasnya diperhatikan dengan baik mengingat hamil muda itu masih sangat rawan. Melakukan aktivitas yang baik untuk orang tak hamil belum tentu baik untuk ibu hamil muda. Untuk itu, artikel ini akan memberi sedikit gambaran mengenai contoh aktivitas apa saja yang aman bagi ibu hamil dan juga aktivitas yang berbahaya untuk dilakukan saat hamil.

Sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu ulasan tentang pantangan bagi orang hamil muda yang telah kami tulis pada artikel berjudul hal yang tidak boleh dilakukan saat hamil.

Selain dalam beraktivitas, ibu hamil juga harus selektif dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi mengingat janin dalam kandungan masih sangat sensitif terhadap zat tertentu yang terkandung di dalam makanan dan minuman.

aktivitas-ibu-hamil-muda
image from pixabay

Aktivitas Ibu Hamil Muda yang Dianjurkan


Diam di rumah tanpa melakukan aktivitas juga tidak baik bagi ibu hamil muda. Meski telah berbadan dua, Anda harus tetap beraktivitas layaknya orang lain namun tetap hendaknya terbatas pada aktivitas yang aman saja.

Di bawah ini adalah beberapa contoh aktivitas yang dianjurkan bagi ibu hamil muda agar kehamilannya berjalan dengan aman, sehat, nyaman dan tidak banyak kendala.

1. Olah raga sebagai aktivitas rutin


Beberapa orang menganggap bahwa olahraga itu berbahaya dan tidak boleh dilakukan ibu hamil, padahal sebenarnya manfaat olahraga bagi ibu hamil itu sangat banyak.

Untuk menghilangkan pikiran jenuh dan rasa lemas saat hamil muda, silakan berolahraga secara rutin dan teratur. Dengan berolahraga pikiran bisa menjadi lebih fresh dan badan akan menjadi lebih bugar.

Lantas, olahraga apa yang aman bagi ibu hamil ? apakah semua olahraga aman dilakukan oleh ibu hamil ? Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua olahraga aman dilakukan ibu hamil muda karena di saat itu kehamilan masih sangat rawan. Pilihlah olahraga yang aman saja, sedangkan olahraga ekstreem sebaiknya dihindari.

Penjelasan lebih detil mengenai macam macam olahraga yang baik dilakukan saat hamil muda bisa Anda baca pada artikel berjudul olahraga yang aman untuk ibu hamil muda.

2. Jalan santai


Jalan santai termasuk dalam kategori aktivitas ringan yang cocok dilakukan oleh ibu hamil. Dengan jalan santai keringat bisa keluar sehingga ibu hamil tetap terjaga kebugarannya.

Pikiran penat pun akan menjadi lebih fresh apabila Anda melakukan aktivitas ini, apalagi kalau rute jalan santai melewati daerah yang masih banyak ditumbuhi pepohonan hijau.

3. Senam yoga


Senam yoga termasuk aktivitas ibu hamil muda yang aman untuk dilakukan karena terbukti dapat menumbangkan beberapa macam manfaat. Salah satu manfaat senam yoga bagi ibu hamil adalah membuat pikiran jadi lebih fresh dan pernapasan menjadi lebih longgar. Meski tergolong aktivitas aman, namun alangkah baiknya Anda konsultasi ke dokter lebih dulu sebelum memutuskan untuk ikut senam yoga.

4. Olahraga renang


Renang termasuk jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Meski terlihat agak ekstreem namun ibu hamil boleh melakukannya, asalkan tidak terlalu lama dan tidak sampai dehidrasi. Jangan terlalu lama dalam berenang karena dapat menghabiskan tenaga. Untuk menghindari dehidrasi sebaiknya Anda membawa bekal air minum untuk diminum saat istirahat. Info lebih detil tentang renang bisa Anda baca manfaat olahraga renang untuk ibu hamil.

5. Melakukan pekerjaan rumah


Terkadang kita menjumpai ibu hamil yang terkesan manja, yaitu tidak mau melakukan aktivitas harian dengan alasan karena hamil muda. Sebenarnya menyelesaikan pekerjaan rumah itu aman dilakukan oleh ibu hamil asalkan bukan tergolong aktivitas berat. Justru dengan tetap beraktivitas seperti biasa, kehamilan akan terasa menyenangkan.

Aktivitas Ibu Hamil yang Sebaiknya dihindari


Ibu hamil hendaknya melakukan aktivitas sebagai biasa, namun tetap harus mempertimbangkan aktivitas tersebut, apakah dapat membahayakan kehamilannya atau tidak. Di bawah ini adalah beberapa contoh aktivitas yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil :

1. Ibu hamil mengangkat beban terlalu berat


Mengangkat beban berat sebaiknya dihindari selama kehamilan berlangsung. Kenapa demikian ? karena aktivitas tersebut dapat menyebabkan beberapa macam keluhan kehamilan yang cukup menyakitkan seperti sakit punggung, sakit pinggang, badan lelah dan lain lain. Resiko terburuk yang ditimbulkan karena angkat beban berat adalah terjadi keguguran.

2. Berdiri terlalu lama


Berdiri terlalu lama bisa saja membuat kondisi ibu hamil jadi tak baik. Dengan berdiri terlalu lama, beberapa keluhan kehamilan bisa muncul karena kaki mendapat tumpuan badan terlalu lama.

3. Perjalanan jarak jauh


Perjalanan jauh dengan naik kendaraan atau dengan jalan kaki sebaiknya tidak dilakukan dulu karena dapat menguras tenaga ibu hamil. Perjalanan jarak jauh dengan naik motor dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran, apalagi kalau jalan yang dilewati berlubang dan bergelombang. Memangnya perjalanan jarak jauh naik motor itu boleh ? simak penjelasannya hamil muda naik motor jarak jauh, bolehkah ?

4. Memakai sepatu hak tinggi


Memakai sepatu atau sandal berhak tinggi sebaiknya tidak usah dilakukan karena meningkatkan resiko tergelincir dan jatuh. Meski masih hamil muda namun pakai sepatu hak tinggi cukup mengandung banyak resiko.

5. Menggunakan kosmetik dan pewarna rambut berbahan kimia


Dalam berdandan, ibu hamil juga harus memperhatikan alat yang akan digunakan. Sebaiknya jangan memakai pewarna rambut dan atau alat kosmetik yang mengandung bahan kimia guna menghindari dampak buruknya.

Beberapa poin di atas hanya lah beberapa contoh aktivitas ibu hamil muda yang aman dan berbahaya. Masih banyak aktivitas lain yang tidak dapat kami tulis karena keterbatasan waktu dan tempat. Silakan konsultasi ke dokter jika Anda ragu dengan aktivitas yang akan Anda lakukan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top