Asupan Gizi Ibu Hamil Trimester 3 yang Harus dipenuhi

Asupan gizi ibu hamil trimester 3 ➧ Sebagaimana kita ketahui bahwa usia hamil trimester ketiga adalah penghujung masa hamil yang cukup membuat ibu hamil kepayahan. Betapa tidak, pada trimester akhir ini perut ibu hamil sudah semakin membuncit dengan disertai berbagai macam keluhan yang membuat tidak nyaman seperti sembelit (susah BAB), susah tidur, sakit pinggang dan lain lain.

Oleh sebab itu lah, pada trimester ketiga ibu hamil harus memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian, jika tidak maka akan beresiko terkena masalah kehamilan yang menakutkan.

Pemenuhan asupan gizi ini bisa dilakukan dengan memperbanyak kuantitas makanan bergizi atau lebih fokus pada kualitas, yaitu memilih makanan yang bergizi tinggi. Intinya, pada usia kehamilan akhir ini Anda harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

asupan-gizi-ibu-hamil-trimester-3
image from pixabay

Asupan Gizi Ibu Hamil Trimester 3


Ada sebagian dari ibu hamil yang berniat ingin memenuhi kebutuhan gizi namun belum paham betul mengenai nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh janin dan dirinya sendiri.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait asupan gizi bagi ibu hamil trimester 3, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Asupan kalori


Kalori sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama pada saat usia kehamilan telah menginjak trimester ketiga. Tambahan kalori sebenarnya sudah sangat dibutuhkan oleh ibu hamil sejak usia kehamilan 20 minggu.

Tambahan kalori dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu memperlacar proses perkembangan janin dan membantu ibu hamil dalam proses penambahan volume darah. Kalori juga dibutuhkan oleh ibu hamil trimester 3 untuk persiapan sewaktu waktu melahirkan.

Untuk mendapatkan supan kalori yang cukup, silakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak baik. Makanan berkarbohidrat bisa Anda dapatkan dari aneka macam biji - bijian, kacang kacangan, padi kentang dan susu. Sedangkan lemak baik bisa diperoleh dari alpukat, daging, ikan, telur, susu dan mentega.

2. Vitamin B6


Vitamin B6 dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu melancarkan metabolisme, membantu proses pembentukan sel darah merah serta berfungsi untuk membantu perkembangan otak janin. Untuk itu, pada usia kehamilan trimsester ketiga silakan memperbanyak makanan yang banyak mengandung vitamin B6 yaitu sumber makanan hewani.

3. Yodium


Ibu hamil membutuhkan yodium untuk pembentukan tiroksin, sedangkan tiroksin itu sendiri berguna untuk mengontrol metabolisme. Apabila ibu hamil kekurangan zat yodium maka perkembangan janin akan terganggu sehingga janin tidak dapat tumbuh dengan baik.

Namun demikian, ibu hamil tidak boleh kelebihan yodium karena bisa membuat janin tumbuh melampaui batas normal. Untuk itu, silakan konsumsi makanan beryodium dalam jumlah pas, jangan berlebih dan jangan kekurangan. Adapun kebutuhan yodium yang ideal adalah sekitar 175 mkg per hari

4. Vitamin B1 B2 dan B3


Vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin) dan B3 (niasin) adalah vitamin yang bermanfaat untuk membantu proses metabolisme tubuh, melancarkan sistem pernapasan dan sebagai tambahan sumber tenaga. Makanan yang banyak mengandung vitamin B ini diantaranya adalah kacang kacangan, telur, susu, keju dan lain lain.

5. Air


Tak hanya ibu hamil, semua orang juga membutuhkan air untuk menjaga kesehatannya. Namun, kebutuhan ibu hamil terhadap air sangat lah penting mengingat janin dalam kandungan masih sangat bergantung pada sang ibu.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh, hendaknya ibu hamil memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah segar yang banyak mengandung air seperti jambu air, buah pir dan lain lain.

Apabila ibu hamil kekurangan cairan maka beberapa masalah kehamilan akan muncul sehingga dapat membahayakan keselamatan janin dalam kandungan. Untuk itu, ibu hamil hendaknya memperbanyak minum paling tidak 8 gelas per hari. Adapun informasi tentang minuman sehat yang menyegarkan ibu hamil bisa anda baca minuman sehat untuk ibu hamil dan janin.

Demikian informasi terkait asupan nutrisi ibu hamil trimester 3 yang dapat kami tulis. Semoga ulasan singkat di atas bisa menambah wawasan kita dalam menjaga kehamilan tetap sehat. Amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top