Bahayakah kehamilan kosong tanpa kuret ? Ini loh jawabannya

Kehamilan kosong tanpa kuret ➧ Sebagaimana kita ketahui bahwa blighted ovum atau hamil kosong adalah salah satu penyebab keguguran yang tidak bisa dipertahankan. Keguguran karena BO tanpa kuret itu bahayakah ? Pertanyaan ini adalah satu ganjalan yang banyak disampaikan oleh ibu hamil yang telah mengalaminya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu disesuaikan dengan situasi dan kondisi, setiap kasus berbeda jawaban.

Untuk mendapatkan jawaban pasti tentu Anda harus datang ke dokter untuk konsultasi. Dari beberapa kasus kehamilan kosong ada yang diperbolehkan tanpa kuret,namun pada kondisi tertentu wanita yang keguguran akibat BO ada yang harus dikuret.

Beberapa waktu yang lalu kami telah membahas tentang bagaimana cara mencegah dan mengatasi hamil kosong. Jika Anda belum membaca silakan baca terlebih dahulu cara mengatasi kehamilan kosong.

bahayakah-kehamilan-kosong-tanpa-kuret
image from pixabay

Kehamilan Kosong tanpa Kuret


Terkait dengan bahaya atau tidaknya kehamilan kosong tanpa kuret, itu ditentukan oleh keadaan ibu hamil masing masing, beda kasus bisa jadi beda penanganan.

Dalam beberapa kasus, keguguran akibat kehamilan kosong harus dikuret demi menjaga kesehatan rahim ibu. Keguguran yang telah ditangani dengan cara dikuret secara medis dapat memperkecil resiko yang kurang menguntungkan.

Namun demikian, ada juga wanita hamil kosong yang tidak diharuskan untuk kuret. Dalam pembahasan di beberapa forum kehamilan online disebutkan bahwa ada ibu hamil yang mengalami hamil kosong dan tidak dikuret, ternyata hasilnya baik baik saja.

Dari sharing ibu hamil tersebut dapat disimpulkan bahwa kehamilan kosong tanpa kuret itu tidak berbahaya, asalkan dokter sudah memberikan petunjuk seperti itu. Apabila dokter sudah menyarankan untuk dikuret sebaiknya dituruti saja demi kebaikan kesehatan Anda.

Berapa lama hamil BO bisa bertahan ?


Pertanyaan ini kerap kali terlontar dari ibu hamil yang telah mendapat vonis mengalami kehamilan kosong. Sungguh kabar yang pahit dan menyakitkan serta mengagetkan jantung bak ada petir di siang bolong. Namun apa boleh buat, semua sudah ditakdirkan oleh Sang Maha Kuasa, pasti ada hikmah baik di balik musibah ini.

Perlu Anda ketahui bahwa kehamilan kosong itu terjadi karena embrio tidak dapat berkembang di bulan awal kehamilan, sedangkan plasenta dan kantung kehamilan terus berkembang. Wal hasil segala tanda dan gejala kehamilan tetap dirasakan oleh ibu hamil, bahkan tes kehamilan menunjukkan positif, padahal di dalam kantung kehamilan tak ada kehidupan.

Entah ditunggu sampai kapan pun kehamilan kosong (BO) umumnya akan berakhir dengan keguguran. Dari beberapa kasus keguguran karena hamil kosong dijumpai bahwa umumnya hamil BO hanya bertahan antara 1 hingga 3 bulan. Namun demikian ini bukan sebuah kepastian, ada yang yang kehamilan BO bertahan sampai usia kehamilan 4 bulan, bahkan lebih.

Penanganan Hamil Kosong


Apabila tanda hamil kosong telah muncul dan hasil USG telah menunjukkan bahwa Anda positif mengalami hamil kosong maka jalan terbaik untuk menanganinya adalah menyerahkan kepada dokter. Dokter akan memberikan penanganan sesuai petunjuk medis demi kebaikan Anda. Obat kehamilan kosong yang diberikan pun tidak sembarangan, semua akan dipertimbangkan sesuai dengan keadaan Anda.

Apabila keadaan mengharuskan Anda untuk kuret, sebaiknya lakukan saja. Namun jika dokter memberi petunjuk bahwa tidak dikuret tidak apa apa, bersyukurlah seraya berdoa kepada Allah SWT agar keadaan Anda baik baik saja.

Setelah keguguran akibat hamil kosong telah usai, sebaiknya jangan terburu buru untuk melakukan program hamil karena proses pembersihan rahim oleh tubuh memerlukan waktu beberapa saat. Biasanya dokter menyarankan untuk tidak melakukan program hamil hingga 3 bulan atau 3 kali menstruasi.

Kami pun turut mendoakan semoga musibah yang sedang menimpa Anda segera diberi jalan keluar oleh Allah SWT dan semoga program hamil yang akan Anda jalankan berhasil dengan baik, sehingga kebahagiaan keluarga semakin lengkap dengan kehadiran sang buah hati.

Demikian informasi terkait bahayakah kehamilan kosong tanpa kuret. Semoga informasi singkat yang kami tulis pada artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top