Bolehkah ibu hamil makan bihun jagung goreng ? Ini Penjelasannya..

Bolehkah ibu hamil makan bihun jagung ? Salah satu langkah perawatan kehamilan yang harus dilakukan oleh wanita hamil adalah selektif dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. betapa tidak, salah pilih makan bisa saja menjadi penyebab masalah kehamilan yang sangat fatal bahkan bisa menyebabkan keguguran. Terkait dengan itu, banyak kaum wanita yang bertanya tentang bihun untuk ibu hamil, boleh dimakan atau tidak ?

Untuk mendapatkan informasi seputar bihun jagung bagi ibu hamil, silakan lanjut membaca artikel ini, namun alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu ibu hamil makan mie instan, bolehkah ?

Sebagaimana kita ketahui bihun jagung adalah bahan makanan yang sangat mudah kita dapatkan mulai dari warung tradisional hingga super market. Setelah dimasak, bihun jagung mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut sehingga banyak orang yang suka. Lantas, amankah bihun jagung untuk ibu hamil ? Ini penjelasannya..

bolehkah-ibu-hamil-makan-bihun-jagung-goreng
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan bihun jagung ?


Bihun jagung adalah bahan makanan yang mengandung banyak nutrisi dan dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat bagi manusia, tak terkecuali ibu hamil. Selain harganya relatif murah dan mengandung gizi, hasil olahan bihun jagung dapat dijadikan pelengkap menu masakan harian.

Terkait dengan bolehkah ibu hamil makan bihun jagung, alangkah baiknya kita bahas terlebih dahulu tentang manfaat dan resiko yang disebabkan oleh bihun jagung. Silakan lanjut membaca..

Manfaat Bihun Jagung bagi Ibu Hamil


Sebagaimana telah kami sampaikan di atas bahwa bihun jagung adalah bahan makanan terbuat dari jagung yang memiliki banyak manfaat. Sebagaimana dilansir oleh wikipedia, beberapa manfaat bihun jagung diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Baik untuk penderita diabetes


Ibu hamil yang menderita diabetes hendaknya benar benar berhati hati dalam mengkonsumsi aneka macam masakan. Makanan yang memiliki index glikemik tinggi memungkinkan para penderita diabetes semakin buruk kondisinya. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, dapat memicu kelainan kehamilan yang cukup menakutkan, salah satunya yaitu dapat memicu kehamilan kosong berulang. Silakan simak ulasan lebih lengkap pada hamil kosong berulang, penyebab dan cara mencegahnya.

Perlu Anda ketahui bahwa bihun jagung merupakan bahan makanan rendah index glikemik sehingga tidak membahayakan bagi ibu hamil yang menderita sakit diabetes. Dengan demikian, jika bunda menderita diabetes maka bihun jagung bisa dijadikan sebagai pelengkap menu masakan harian.

2. Kaya serat


Bihun jagung itu berbeda dengan mie instan yang umumnya mengandung banyak kalori tapi sangat rendah kandungan serat. Oleh karena tidak rendah serat maka konsumsi mie instan terlalu sering tidak direkomendasikan, silakan baca apa boleh makan mie instan terlalu sering ?

Berbeda dengan bihun, meski seperti mie tapi bihun memiliki kandungan serat yang cukup sehingga tidak menyebabkan masalah pencernaan. Justru konsumsi bihun dapat mengatasi sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

3. Bihun diperkaya dengan vitamin dan gizi


Hasil olahan bihun tergolong masakan yang sangat nikmat, karena bihun dapat menyerap bumbu dengan baik. Rasa nikmat yang dihasilkan oleh bihun ternyata berbanding lurus dengan manfaat yang disumbangkan, karena bihun ini memiliki kandungan vitamin dan gizi yang cukup banyak.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam bihun diantaranya adalah protein, karbohidrat, kalori, lemak, kalsium, zat besi, fospor, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Gizi dan vitamin pada bihun memiliki prosentase yang berbeda - beda, namun semuanya sangat baik bagi kesehatan ibu hamil

Bahaya Bihun Jagung untuk Ibu Hamil


Bihun jagung memang banyak mengandung manfaat, namun bukan berarti tidak ada resiko di balik makan bihun. Mengkonsumsi bihun dalam jumlah berlebihan dan atau dimasak dengan campuran bumbu yang kurang tepat dapat mengakibatkan gangguan kehamilan. Misalnya, masakan bihun dengan bumbu terlalu pedas, itu dapat menyebabkan sakit perut.

Selain itu, bahaya bihun dapat mengancam ibu hamil apabila ibu hamil kurang teliti dalam memilih bihun yang akan dimasak. Bihun yang telah melewati batas kadaluwarsa hendaknya tidak usah dikonsumsi karena dapat mengancam kesehatan janin.

Bihun yang terlihat kotor sebaiknya juga dihindari karena bahan makanan kotor sangat mungkin terkontaminasi oleh bakteri berbahaya sehingga dapat mengancam keselamatan janin dalam kandungan.

Demikian penjelasan terkait bolehkah ibu hamil makan bihun jagung. Menjaga kehamilan sangat perlu dilakukan oleh semua ibu hamil guna mendapatkan kehamilan yang nyaman dan tidak banyak kendala. Semoga kehamilan Anda berjalan dengan baik dan tidak banyak masalah hingga proses persalinan tiba. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top