Bolehkah ibu hamil makan pop mie ? Amankah ?

Sebenarnya makan pop mie untuk ibu hamil itu boleh atau tidak sih ? Mungkin Anda adalah penggemar mie, namun takut makan mie karena sedang hamil. Memang saat ini banyak tersiar kabar yang menerangkan bahwa makan mie instan saat hamil itu dapat mengancam keselamatan janin. Kabar ini lah yang membuat banyak ibu hamil takut untuk makan pop mie atau mie instan lainnya.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, alangkah lebih baiknya jika Anda baca terlebih dahulu post kami dengan judul ibu hamil makan mie instan, berbahayakah ?

Sebagaimana kita ketahui bahwa pop mie adalah salah satu merk mie instan yang sangat digemari oleh banyak orang, mungkin Anda adalah salah satunya. Bahkan ada ibu hamil yang curhat di forum, dia itu pingin banget makan pop mie, sampai ngiler katanya.

bolehkah-ibu-hamil-makan-pop-mie
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan pop mie ?


Bagi Anda yang tidak suka dengan mie, mungkin tak masalah jika anda harus menghindari makan mie sampai tiba saatnya persalinan. Akan tetapi bagi penggemar mie, tidak makan mie sehari saja rasanya lama banget.

Terkait dengan boleh dan tidaknya ibu hamil makan mie instan wa bil khusus pop mie, ini tergantung kondisi kesehatan ibu hamil serta porsi mie yang ia makan.

Pada dasarnya makan pop mie itu boleh, namun ada beberapa resiko yang mungkin bakal dialami ibu hamil apabila kondisi badannya ada yang kurang baik. Makan pop mie terlalu banyak juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi ibu hamil dan janin.

Untuk itu, jika Anda ngebet ingin makan pop mie atau mie instan lainnya, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Makan mie jangan berlebihan


Meskipun boleh makan mie, namun sebaiknya ibu hamil tidak terlalu banyak makan mie instan karena konsumsi mie terlalu banyak dapat menyebabkan beberapa macam masalah kesehatan.

Kandungan bahan pengawet pada mie instan dikhawatirkan dapat mengakibatkan dampak buruk bagi janin. Belum lagi bumbu mie yang diracik dengan tambahan penyedap rasa, itu juga kurang baik bagi janin.

Untuk itu, apabila Anda ingin sekali makan mie bahkan sampai ngiler ya silakan makan mie asalkan tidak terlalu berlebihan. Silakan makan mie ala kadarnya saja sesuai dengan batas wajar.

2. Perhatikan kondisi kesehatan Anda


Sebelum makan mie, coba pastikan dulu kondisi kesehatan Anda. Sebaiknya jangan nekat makan mie kalau perut Anda lagi gak sehat, apalagi kalau Anda kena sakit lambung.

Apabila lambung Anda lagi bermasalah maka akan menjadi semakin parah kalau nekat makan mie. Maka dari itu, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dahulu kesehatan Anda kalau ingin menikmati lezatnya pop mie.

Jangan hanya menuruti keinginan tanpa mempertimbangkan dampak buruk yang kemungkinan bakal terjadi. Jika kondisi kesehatan Anda tak ada masalah silakan saja makan mie, asalkan tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering.

3. Jangan menambah MSG


Menambah sedikit MSG membuat hasil olahan mie jadi lebih gurih dan mantap, akan tetapi  efek negatif MSG terhadap janin perlu Anda waspadai. Bila perlu racik lah bumbu mie sendiri dengan menggunakan bahan yang menurut Anda aman, jangan hanya terpaku pada bumbu yang telah disediakan di dalam kemasan pop mie atau mie instan lainnya.

Terlepas dari tiga pertimbangan tersebut di atas, ibu hamil hendaknya memasak mie dengan cara yang benar. Sebenarnya petunjuk cara memasak mie itu sudah tertera di kemasan, namun kadang kala kita tidak menggubrisnya.

Memasak mie harus sampai matang, jangan hanya pokok sudah empuk. Kenapa demikian ? karena mie yang belum matang itu sulit untuk dicerna oleh usus sehingga dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Adapun saran terbaik dalam memasak mie instan bisa Anda baca pada artikel kami berjudul apa boleh ibu hamil makan mie instan ?

Selain itu, untuk menambah kandungan gizi dalam mie, ada baiknya Anda tambahkan aneka macam sayuran seperti bayam, kubis dan lainnya. Selain menambah kandungan nutrisi, sayuran akan membuat masakan mie Anda menjadi lebih mantap dan sedap.

Demikian informasi terkait bolehkah ibu hamil makan pop mie. Demi menjaga agar sang buah hati sehat, jangan bosan untuk melakukan perawatan kehamilan dengan sebaik baiknya. Cukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan berlangsung dan jangan nekat melakukan pantangan ibu hamil.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top