Bolehkah ibu hamil makan spageti ? Ini penjelasannya..

Bolehkah ibu hamil makan spageti ? Seiring perkembangan zaman, spageti yang merupakan makanan orang Italia kini telah sampai ke Negeri kita, bahkan sampai di pelosok pedesaan pun sudah banyak toko yang menjual spageti. Di lihat sepintas memang mirip dengan mie instan, tapi sebenarnya spageti itu jauh berbeda.

Spageti dibuat dengan bahan yang aman bagi kesehatan dan mengandung nutrisi cukup lengkap sehingga baik dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk ibu hamil.

Justru dengan mengkonsumsi spageti, ibu hamil akan mendapatkan beberapa manfaat yang cukup menggembirakan. Pada pagi yang agak mendung ini, kami akan mengulas sedikit penjelasan terkait spageti bagi ibu hamil. Silakan simak penjelasannya sampai selesai..

bolehkah-ibu-hamil-makan-spageti
image from pixabay

Bolehkah ibu hamil makan spageti ?


Perlu kami sampaikan sekali lagi bahwa spageti itu bukan mie instan. Meski terlihat sama, namun spageti dibuat dari bahan yang berbeda dari mie instan. Penjelasan terkait mie instan bisa Anda baca ibu hamil makan mie instan, berbahayakah ?

Sebagaimana dilansir oleh okezone.com spageti merupakan bahan masakan kaya rasa yang dilengkapi dengan kandungan vitamin, mineral dan serat yang cukup banyak namun tidak banyak mengandung kadar gula.

Berbeda dengan mie instan yang umumnya memiliki kandungan kalori cukup tinggi namun sedikit nutrisi lainnya sehingga memungkinkan orang yang mengkonsumsinya menjadi gemuk.

Sedangkan spageti tidak hanya mengandung kalori, akan tetapi dibuat sedemikian rupa agar mampu menyuguhkan berbagai macam nutrisi bagi orang yang menikmatinya sehingga makan spageti justru dapat menjadi pola diet yang baik. Di bawah ini adalah beberapa manfaat spageti bagi ibu hamil apabila dimasak secara tepat dan dimakan dalam jumlah wajar.

1. Spageti dapat mendukung diet sehat ibu hamil


Untuk mendapatkan berat badan yang ideal alias tidak terlalu gemuk (obesitas), ibu hamil perlu melakukan beberapa langkah aman untuk diet. Diet secara sembarangan tanpa memperhatikan menu makanan harian justru dapat membahayakan janin.

Jika Anda enggan untuk makan nasi karena takut diet gagal maka spageti bisa anda jadikan sebagai alternatif. Kandungan sodium dan indeks glikemik yang rendah pada spageti dapat mencegah ibu hamil dari obesitas.

Untuk informasi terkait program diet yang aman bagi wanita hamil, Anda bisa membacanya secara lengkap pada artikel berjudul program diet sehat ibu hamil.

2. Kualitas baik pada pola makan


Oleh karena mengandung nutrisi yang cukup banyak, makan pasta / spageti tidak termasuk pola makan tak sehat. Justru sebaliknya, makan spageti dapat meningkatkan kualitas pola makan ibu hamil.

Pola makan yang baik sangat berpengaruh pada tumbuh kembang dan kesehatan janin, maka setiap ibu hamil perlu memperhatikannya. Pola makan dengan mengikuti empat sehat lima sempurna adalah pola makan sehat yang dianjurkan bagi siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Dengan demikian jelas bahwa ibu hamil tidak dianjurkan makan spageti saja tanpa memberi asupan nutrisi dari buah dan sayur.

Mengkonsumsi spageti memang baik, namun Anda tidak boleh berlebihan makan spageti guna menghindari kemungkinan buruk yang mungkin akan terjadi. Apalagi kita orang Indonesia belum terbiasa makan spageti sebagai hidangan pokok.

3. Mencegah anemia


Kandungan zat besi pada spageti dapat menyumbangkan manfaat luar biasa bagi ibu hamil, yaitu mencegah anemia (kurang darah). Anemia pada ibu hamil akan menjadikan badan terasa letih dan mudah pingsan.

Tak hanya itu, anemia yang dialami oleh ibu hamil juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah kehamilan serius bermula dari tubuh lemas tersebut. Penggunaan obat penambah darah diperlukan bagi ibu hamil yang mengalami anemia dengan menggunakan resep dokter. Ibu hamil tidak direkomendasikan minum obat penambah darah tanpa panduan dari dokter.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia, ibu hamil hendaknya mau mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi. Adapun yang dapat menambah darah ibu hamil bisa anda baca makanan penambah darah ibu hamil muda.

Demikian info terkait bolehkah ibu hamil makan spageti. Sebelum Anda memutuskan untuk makan spageti sebagai menu harian, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. Adapun kalau makan spageti cuma sekali waktu ya silakan saja, asalkan tidak berlebihan.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top