Buah untuk Bumil Trimester 3 dengan Khasiat Luar Biasa

Buah untuk bumil trimester 3 - Di akhir masa kehamilan, perjuangan ibu hamil dalam menjaga dan merawat kehamilan akan semakin hebat. Betapa tidak, di usia trimester ketiga, ibu hamil akan menjumpai beberapa keluhan yang sangat mengganggu kenyamanan mulai dari sakit di bagian punggung, sakit pinggang, susah tidur, susah BAB dan lain lain.

Salah satu upaya yang harus dilakukan oleh ibu hamil agar kehamilan tetap sehat dan tidak banyak keluhan adalah dengan mencukupi kebutuhan nutrisi harian dari menu makanan empat sehat lima sempurna.

Buah segar merupakan elemen penting dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi karena kandungan gizi dalam buah segar tergolong sangat lengkap. Bumil trimester ketiga perlu buah untuk menjaga kehamilannya, lantas apa saja buah yang baik untuk ibu hamil trimester ketiga ? silakan simak penjelasannya pada artikel ini.

buah-untuk-bumil-trimester-3
image from pixabay

Buah untuk Bumil trimester 3


Hampir semua buah segar baik untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi yang bagus bagi kesehatan. Namun, dari sekian banyak buah yang ada di sekitar kita, ada beberapa buah yang dapat menyumbangkan khasiat luar biasa bagi ibu hamil trimester akhir, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Buah pepaya


Pepaya merupakan buah segar yang memiliki kandungan serat cukup tinggi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil tua. Betapa tidak, pada usia kehamilan trimester ketiga ini banyak ibu hamil yang sering mengeluhkan susah BAB, sehingga makanan tinggi serat sangat bagus untuk membantu mengatasinya. Pilih buah pepaya yang benar benar matang untuk menghindari kontraksi perut akibat zat papain yang terkandung di getah pepaya.

2. Buah pisang


Pisang juga termasuk buah untuk bumil trimester 3 yang sangat bagus karena banyak mengandung nutrisi bermanfaat. Selain mengandung serat, buah pisang juga mengandung kalori dan zat besi. Kalori sangat dibutuhkan oleh bu hamil trimester akhir sebagai sumber tenaga, sedangkan zat besi berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi anemia. Info lengkap terkait manfaat pisang, silakan Anda baca manfaat pisang untuk ibu hamil dan janin.

3. Buah kurma


Buah kurma tak hanya baik dikonsumsi ketika bulan puasa, tapi di hari biasa pun sangat bagus karena buah ini banyak mengandung nutrisi bermanfaat. Buah kurma termasuk salah satu dari sekian banyak makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan kalori dan serat yang cukup tinggi. Bagi ibu hamil tua, buah kurma dapat dijadikan sebagai pilihan buah pelengkap menu makan harian.

4. Buah jeruk


Kandungan vitamin C dan serat pada buah jeruk sangat baik bagi ibu hamil trimester ketiga. Pada usia ini, ibu hamil membutuhkan makanan berserat tinggi untuk mengatasi sembelit dan masalah pencernaan sehingga  jeruk dapat dijadikan pilihan buah. Selain mengandung serat, buah jeruk juga mengandung vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Buah manggis


Kandungan vitamin C pada buah manggis sangat baik untuk ibu hamil. Dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh ibu hamil menjadi semakin handal sehingga ibu hamil tidak gampang terserang penyakit. Apabila ibu hamil tidak sakit sakitan maka janin dalam kandungan pun akan sehat selalu.

6. Buah mangga


Apakah saat ini di daerah Anda lagi musim mangga ? jika iya, mungkin Anda sangat ingin makan buah mangga baik dimakan langsung atau dibuat jus. Perlu Anda ketahui bahwa buah mangga itu banyak mengandung serat dan vitamin C sehingga sangat bagus buat ibu hamil, terutama pada usia kehamilan trimester ketiga.

7. Buah semangka


Kandungan air pada buah semangka tergolong cukup banyak sehingga buah ini baik bagi ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Kekurangan cairan tubuh tidak hanya berdampak buruk bagi ibu, tapi janin dalam kandungan juga ikut mendapat dampak buruknya. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, ibu hamil disarankan banyak minum air putih paling tidak 8 gelas per hari dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air.

Itulah beberapa contoh buah untuk bumil trimester 3 dengan khasiat luar biasa. Jangan hanya mengandalkan buah buahan untuk mencukupi kebutuhan gizi, tapi cukupi asupan nutrisi harian dengan menu 4 sehat 5 sempurna. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top