Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil, Jangan sampai terlewatkan..

Daftar buah yang baik untuk ibu hamil ➧ Kehamilan adalah momen yang sangat ditunggu tunggu oleh semua pasangan suami istri. Ketika kehamilan telah wujud, hal utama yang perlu dilakukan adalah menjaga agar kehamilan berjalan lancar dan tidak banyak masalah hingga akhirnya persalinan dapat dijalani dengan lancar.

Salah satu cara perawatan kehamilan yang tidak boleh diabaikan adalah memberi asupan nutrisi harian pada ibu hamil dengan dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, sayur mayur, buah segar dan susu.

Tidak semua buah segar aman dikonsumsi ibu hamil karena ada sebagian buah segar bernutrisi tinggi yang dapat menyebabkan kontraksi perut. Untuk itu, kali ini kami akan menyampaikan beberapa macam buah yang bagus untuk ibu hamil di segala usia. Setelah membaca artikel ini diharapkan wawasan kita terhadap perawatan kehamilan bisa lebih meningkat.

buah-yang-baik-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil


Sebenarnya buah yang bagus untuk ibu hamil itu sangat banyak, namun karena keterbatasan kami, di sini hanya dituliskan sebagian saja. meski hanya ditulis sebagian tapi setidaknya dapat menjadi referensi bagi Anda dalam memilih buah buahan segar. Di bawah ini adalah daftar buah yang baik untuk ibu hamil, silakan disimak. 

1. Buah apel baik untuk ibu hamil


Apel adalah buah segar yang mempunyai kandungan nutrisi cukup banyak. Kandungan nutrisi di dalamnya bermanfaat untuk membantu janin dalam proses tumbuh kembangnya. Tak hanya itu, apel juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk menjaga berat badan serta mencegah obesitas (kelebihan berat badan). Sebelum mengkonsumsi buah apel, silakan dicuci lebih dulu hingga benar benar bersih agar terhindar dari bakteri berbahaya. Penjelasan terkait manfaat apel silakan baca khasiat buah apel untuk ibu hamil.

2. Buah pir


Buah dengan kandungan air cukup banyak ini tergolong buah yang bagus untuk ibu hamil, pasalnya buah pir ini tidak hanya mengandung air tapi juga mengandung vitamin C dan asam folat. Vitamin C bermanfaat bagi ibu hamil untuk meningkatkan sistem imun sedangkan asam folat bermanfaat bagi janin untuk membantu proses pembentukan jaringan syaraf. Tak hanya itu, buah pir juga mengandung serat yang berguna  untuk mencegah sekaligus  mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

3. Buah jambu air


Sesuai dengan namanya, buah yang satu ini termasuk buah segar yang diperkaya dengan kandungan air. Rasa segar yang dihasilkan dari jambu air cukup disukai oleh ibu hamil, tak heran jika banyak ibu hamil muda yang gemar menyantap jambu air dengan cara dirujak / lotis. Adapun manfaat jambu air untuk ibu hamil adalah membantu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.

4. Buah alpukat baik untuk ibu hamil


Kandungan asam folat pada buah alpukat diperlukan oleh janin untuk membantu perkembangan jaringan syaraf tulang belakang dan otak. Tak hanya itu, alpukat juga mengandung vitamin B komplek yang bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi rasa mual, terutama morning sickness pada usia kehamilan tiga bulan pertama. Adapun manfaat buah alpukat secara lebih detil bisa anda baca manfaat alpukat untuk ibu hamil.

5. Buah kiwi


Salah satu manfaat yang bisa disumbangkan oleh buah kiwi adalah meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh ibu hamil, pasalnya buah kiwi cukup banyak mengandung antioksidan. Dengan daya tahan tubuh yang handal, ibu hamil tidak akan gampang terkena serangan penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

6. Buah naga


Buah berbentuk bulat kasar dengan warna daging merah kehitaman ini sangat baik untuk ibu hamil. Walaupun bentuknya tak begitu menarik namun kandungan vitamin dalam buah naga sangat besar khasiatnya bagi ibu hamil. Kandungan vitamin C pada buah naga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatasi berbagai macam masalah kulit. Selengkapnya bisa anda baca manfaat buah naga untuk ibu hamil.

7. Buah manggis bagus bagi bumil


Buah manggis bisa dikategorikan buah yang baik untuk ibu hamil, pasalnya buah ini banyak mengandung nutrisi penting seperti vitamin, protein dan mineral. Buah manggis memiliki kandungan asam folat dan vitamin C yang dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi ibu hamil dan janin. Seperti yang telah kami sampaikan di atas bahwa asam folat berkhasiat untuk membantu perkembangan jaringan syaraf, sedangkan vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan sistem imunitas ibu hamil.

8. Buah semangka


Beberapa waktu lalu kami telah membahas secara gamblang mengenai apa saja manfaat buah semangka untuk ibu hamil, maka kali ini kami tidak akan membahasnya lagi. Buah semangka memang banyak manfaatnya bagi ibu hamil,namun jangan dimakan sembarangan karena dapat menyebabkan masalah kehamilan. Silakan baca ulasan penjelasannya pada bahaya semangka untuk ibu hamil.

9. Buah pisang


Buah dengan bentuk bulat lonjong ini sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Selain rasanya manis, ternyata buah pisang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Salah satu manfaat buah pisang bagi wanita hamil adalah membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit (susah BAB) karena buah ini mengandung serat yang cukup tinggi.

10. Buah pepaya


Sama dengan buah pisang, buah pepaya bahkan memiliki kandungan serat lebih tinggi. Banyak orang menyarankan untuk makan pepaya sebagai obat sembelit. Satu hal yang perlu benar benar diperhatikan oleh ibu hamil, yaitu ibu hamil harus memilih buah pepaya yang benar benar matang, jangan yang masih kemampo bahkan masih mentah. Kenapa demikian ? karena getah pepaya itu mengandung enzim papain yang dapat memicu kram perut ibu hamil.

Demikianlah ulasan terkait daftar buah yang baik untuk ibu hamil. Setelah membaca ulasan di atas kami harap bunda tidak bingung lagi dalam memilih buah segar untuk pelengkap menu santapan harian. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top