Daftar Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 3 yang Dianjurkan

Daftar menu makanan ibu hamil trimester 3 ➧ Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, ibu hamil perlu menjaga pola makan sehat selama kehamilan berlangsung, mulai dari hamil muda hingga akhir masa kehamilan. Ibu hamil yang mendapatkan cukup asupan nutrisi akan selalu sehat dan bugar, begitu pula janin dalam kandungan juga sehat dan dapat berkembang dengan baik. Untuk itu, penting bagi pasangan suami istri untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk ibu hamil.

Sebelum lanjut membaca artikel ini, alangkah baiknya Anda baca terlebih dulu informasi seputar makanan sehat bagi ibu hamil pada artikel berjudul makanan sehat untuk ibu hamil tua.

Perlu Anda ketahui bahwa pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamil lebih banyak membutuhkan asupan nutrisi karena janin dalam kandungan sudah berkembang menjadi besar dan siap untuk segera lahir ke dunia.

daftar-menu-makanan-ibu-hamil-trimester-3
image from pixabay

Daftar Menu Makanan Ibu Hamil Trimester 3


Menu makanan harian hendaknya diatur sedemikian rupa agar tidak bosan namun tetap memberikan asupan nutrisi lengkap. Menu makan bergizi tinggi yang disajikan dengan monoton dan tidak berganti ganti membuat selera makan kurang bersemangat.

Untuk itu, silakan buat jadwal menu makan harian yang berbeda beda dengan tetap mempertimbangkan kandungan gizinya. Menu makan empat sehat lima sempurna hendaknya dijadikan acuan untuk membuat jadwal menu makan harian.

Lantas, menu makan apa saja yang perlu dipersiapkan oleh ibu hamil trimester 3 agar sang buah hati dapat tumbuh berkembang dengan baik ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Makanan yang mengandung omega 3


Agar janin dalam kandungan dapat lahir dengan sempurna maka salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Omega 3 sangat bermanfaat bagi janin untuk membantu perkembangan jaringan otak dan membantu menyempurnakan pertumbuhan janin. Dengan demikian, janin akan terlahir dengan lancar bila sudah tiba waktu persalinan.

Makanan yang mengandung omega 3 bisa dijumpai pada buah segar seperti alpukat dan dari berbagai macam ikan seperti ikan salmon dan ikan tuna. Anda juga bisa mendapatkan omega 3 dari aneka macam lauk dan sayur seperti bayam, kacang kacangan dan telur.

Bila perlu Anda bisa minum suplemen minyak ikan untuk menambah asupan omega 3, namun Anda harus selektif dalam memilih minyak ikan karena tidak semua minyak ikan bagus bagi ibu hamil. Informasi terkait minyak ikan untuk ibu hamil, silakan baca manfaat minyak ikan untuk ibu mengandung.

2. Makanan sumber tenaga


Perlu Anda ketahui bahwa pada saat usia kehamilan telah masuk trimeter ketiga, banyak keluhan yang dihadapi oleh ibu hamil sehingga perlu tambahan tenaga untuk menghadapinya dengan baik. Mengkonsumsi makanan sumber energi adalah langkah tepat bagi ibu hamil untuk mencegah kelelahan dan badan lemas. Makanan sumber energi bisa diperoleh dari aneka macam makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak baik.

3. Sayur mayur


Ibu hamil perlu makan sayuran untuk mendapatkan asupan gizi yang lengkap. Aneka macam sayur hendaknya dimasukkan dalam menu makanan ibu hamil trimester 3 guna menjaga kehamilan tetap sehat. Agar tidak bosan dalam mengkonsumsi sayuran, silakan buat kreasi masakan sayur yang berbeda beda dengan tetap mempertimbangkan nilai gizinya. Dalam mengolah aneka macam sayur hendaknya tidak usah memakai MSG guna menghindari dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

4. Buah buahan


Mengkonsumsi buah segar hendaknya tidak ditinggalkan pada usia kehamilan trimester 3, pasalnya buah buahan dapat menyumbangkan banyak nutrisi bermanfaat. Buah dengan kandungan serat tinggi sangat diperlukan oleh ibu hamil trimester 3 untuk membantu mengatasi sembelit (susah BAB). Buah dengan kandungan vitamin C juga diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa membuat jus buah apabila sudah bosan dengan makan buah secara langsung.

5. Ikan dan daging


Daging dan ikan hendaknya dimasukkan dalam menu makanan harian. Kenapa demikian ? karena daging dan ikan itu dapat menyumbangkan protein yang sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Satu hal penting yang harus diperhatikan ibu hamil sebelum mengkonsumsi hasil olahan daging dan ikan, yaitu harus memasaknya hingga matang benar guna menghindari serangan penyakit akibat bakteri berbahaya.

6. Susu


Susu adalah minuman yang memiliki kandungan nutrisi sangat lengkap sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Konsumsi susu tidak hanya dilakukan pada saat usia kehamilan muda, tapi sebaiknya dilakukan selama kehamilan berlangsung. Kandungan kalsium pada susu sangat bermanfaat bagi ibu hamil tua untuk menjaga kesehatan tulang dan meringankan sakit di bagian pinggang serta punggung.

Itulah daftar menu makanan ibu hamil trimester 3 yang dapat kami sampaikan. Menjaga pola makan sehat hendaknya dilakukan oleh ibu hamil selama kehamilan berlangsung sehingga kehamilan dapat dijalani dengan nyaman dan tidak banyak kendala.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top