Deteksi Dini Kehamilan Kosong Sebelum Terlambat

Deteksi dini kehamilan kosong (Blighted Ovum) bisa diketahui dengan melihat tanda hamil kosong yang muncul kemudian dipastikan melalui pemeriksaan USG. Perlu kami sampaikan bahwa kehamilan kosong adalah kelainan hamil dimana kantung kehamilan dapat berkembang sedangkan embrio atau janin tidak dapat berkembang sehingga masyarakat awam menyebutnya "janin menghilang".

Sebagaimana mitos yang banyak tersiar di masyarakat bahwa hamil kosong ini dikaitkan dengan pindahnya janin ke dalam rahim wanita lain. Mereka menganggap janin pindah karena di saat itu perut ibu hamilsudah membuncit lalu hilang dengan tiba tiba.

Mengenai berapa lama hamil kosong bertahan itu tergantung keadaan, ada yang baru satu bulan sudah terjadi keguguran, ada yang dua bulan dan ada yang sampai empat bulan baru keguguran. Informasi selengkapnya bisa Anda baca hamil kosong bertahan berapa lama ?

deteksi-dini-kehamilan-kosong
image from pixabay

Deteksi Dini Kehamilan Kosong


Oleh karena janin tidak dapat berkembang maka sudah bisa dipastikan bahwa blighted ovum (BO) akan berakir dengan keguguran. Untuk itu, deteksi dini kehamilan kosong perlu dilakukan demi menghindari hal hal yang tak diharapkan. Lantas, bagaimana cara mendeteksi kehamilan kosong yang dapat kita lakukan ? Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kenali tanda kehamilan kosong


Langkah awal yang dapat kita lakukan untuk mengetahui kehamilan kosong adalah dengan mengenai ciri dan tanda kehamilan kosong. Mengenal blighted ovum melalui tanda hamil memang tidak mudah karena tanda Blighted Ovum itu mirip banget dengan kehamilan biasa.

Meski memiliki tanda yang sangat mirip dengan gejala kehamilan normal namun umumnya ada beberapa kejanggalan dalam kemunculan gejala hamil tersebut. Misalnya, pendarahan yang terjadi terlalu banyak dan atau tak kunjung henti.

Apabila Anda telah menjumpai sesuatu yang tak wajar dalam gejala kehamilan, segera saja datang ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara medis. Dokter akan memeriksa kehamilan dengan bantuan alat USG bila diperlukan.

2. Melalui pemeriksaan USG


Setelah menjalani pemeriksaan USG, dokter akan mendeteksi apakah kehamilan Anda normal atau tidak. Biasanya kehamilan kosong akan terdeteksi dengan pasti ketika usia kehamilan sudah masuk 6 minggu.

Seharusnya, pada usia 6 minggu embrio sudah dapat terlihat dengan jelas pakai bantuan alat USG. Demikian pula detak jantung janin, sudah bisa terdeteksi dengan jelas pada usia kehamilan 8 minggu. Untuk itu, sebagai langkah deteksi dini kehamilan kosong maka rajin lah untuk memeriksakan kehamilan ke dokter kandungan.

3. Terjadi pendarahan hebat


Kehamilan kosong dapat terdeteksi saat terjadi keguguran spontan dengan pertanda pendarahan hebat. Pendarahan ini merupakan cara alami yang dilakukan oleh tubuh wanita untuk mengeluarkan bakal janin yang telah mati dari dalam rahim.

Memang tidak semua keguguran disebabkan karena Blighted Ovum (BO), namun banyak kasus yang menunjukkan bahwa keguguran disebabkan karena kehamilan kosong.

Penanganan Kehamilan Kosong


Apabila kelainan kehamilan ini telah terjadi pada diri Anda maka langkah tepat yang harus dilakukan adalah membersihkan rahim dengan kuretase. Cara ini tentu hanya bisa dilakukan oleh tenaga ahli, yaitu dokter.

Sebelum melakukan kuretase biasanya dilakukan beberapa persiapan seperti cek darah dan puasa. Namun demikian, dalam keadaan darurat dokter akan melakukan langkah cepat demi penyelamatan ibu.

Setelah menjalani kuretase, biasanya sang ibu bisa haid kembali pada 4 hingga 6 pekan kemudian. Keadaan itu menunjukkan bahwa kehamilan kosong (BO) tidak lah mempengaruhi kesuburan wanita, jadi Anda tak perlu khawatir kalau tak bisa hamil lagi.

Biasanya hamil kosong itu tidak berulang, namun dalam beberapa kasus ada juga wanita yang mengalami hamil kosong berulang hingga beberapa kali. Pembahasan mengena penyebab dan cara mencegah Blighted Ovum berulang bisa Anda baca hamil kosong berulang, penyebab dan cara mencegahnya.

Demikian lah informasi terkait deteksi dini kehamilan kosong yang dapat kami haturkan. Semoga kita terhindar dari kelainan kehamilan ini, teriring doa semoga kehamilan Anda sehat, aman dan tak banyak keluhan hingga sang buah hati terlahir dengan selamat. Amiiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top