Dukungan Ayah Pada Trimester Ketiga Kehamilan

Dukungan ayah pada trimester ketiga kehamilan ➧ Seiring dengan berjalannya waktu, usia kehamilan pun akan semakin bertambah hingga akhirnya semakin dekat dengan persalinan. Pada usia kehamilan trimester 3, banyak keluhan yang dialami oleh ibu hamil seperti sakit punggung, susah BAB (sembelit), badan terasa lelah dan lain lain. Selain keluhan pada fisik, perasaan ibu hamil tua pun menjadi agak khawatir karena persalinan sudah hampir ia jalani.

Untuk itu, dukungan dari sang suami sangat lah dibutuhkan agar ibu hamil tetap tegar dan semangat dalam menghadapi segala keluhan kehamilan yang ia hadapi.

Sebagai seorang calon ayah sudah sepantasnya dapat membagi waktu dengan sebaik baiknya untuk urusan mencari rezeki dan membagi kasih sayang sekaligus perhatian kepada istri yang sedang mengandung sang buah hati.

dukungan-ayah-pada-trimester-ketiga-kehamilan
image from pixabay

Dukungan Ayah Pada Trimester Ketiga Kehamilan


Perasaan takut dan was was yang ada di hati ibu hamil tua hendaknya dihilangkan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah dengan dukungan sang suami. Alangkah tenangnya hati sang istri ketika hadir perasaan takut, lantas sang suami dengan sabar dan penuh perhatian memberi semangat serta dukungan moral.

Hal yang dialami Ibu Hamil Trimester Ketiga


Sebenarnya tak hanya persalinan yang membuat mood ibu hamil trimester 3 menjadi kurang baik, namun ada beberapa hal yang umumnya membuat mereka jadi cemas dan khawatir. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Perasaan cemas menghadapi persalinan


Tak dipungkiri, ketika usia kehamilan telah mencapai usia trimester ketiga maka perasaan menjadi cemas karena persalinan semakin dekat. Memang persalinan lah yang ditunggu - tunggu, namun momen tersebut sungguh mendebarkan hati. Betapa tidak, janin sebesar itu akan berusaha dikeluarkan melalui jalan lahir dengan ukuran yang tak sebanding.

Pada saat rasa cemas datang, dukungan sang suami sangat lah berarti bagi ibu hamil. Nasehat dan penjelasan yang menyejukkan hati akan dapat mengurangi rasa cemas tersebut. Salah satu nasehat yang bisa diberikan kepada sang istri adalah menceritakan kisah persalinan orang yang berhasil dimudahkan oleh Allah SWT meski dengan berat badan yang besar.

Selain dengan memberi nasehat, suami juga dapat menghilangkan kecemasan sang istri dengan cara mengalihkan perhatian, misalnya dengan mengajak sang istri untuk belanja keperluan sang buah hati kelak setelah lahir.

2. Merasa tidak menarik lagi


Pada usia kehamilan trimester ketiga, bentuk fisik ibu hamil berubah total. Walaupun sebelum hamil mempunyai tubuh indah dan $ek! namun ketika kehamilan telah memasuki trimester 3 maka tubuh menjadi gendut dan perut semakin membuncit.

Keadaan ini tentu membuat hati ibu hamil merasa cemas dan tak nyaman, bahkan takut kalau sang suami pindah ke lain hati gara gara penampilannya telah berubah total. Untuk itu, dukungan ayah pada trimester ketiga kehamilan sangat dibutuhkan agar perasaan tak menentu pada ibu hamil berubah menjadi rasa percaya ciri.

Caranya adalah dengan memberikan pujian kepada sang istri bahwa dirinya menjadi semakin cantik dan semakin memikat hati. Walaupun perut menjadi buncit dan fisik berubah total namun katakan bahwa Anda tetap mencintainya.

3. Badan pegal dan sakit pinggang / punggung


Salah satu keluhan yang hampir dialami oleh semua ibu hamil adalah badan terasa pegal, sakit pinggang dan sakit punggung. Peran sang suami untuk ikut mengatasi masalah ini sangat diperlukan, yaitu dengan melakukan pijatan lembut.

Pijatan lembut yang dilakukan oleh sang suami selain dapat meredakan keluhan ibu hamil juga dapat meningkatkan semangat ibu hamil dalam menjalani kehamilan karena ia merasa dapat perhatian dan dukungan sari sang belahan jiwa. Adapun cara tepat untuk mengatasi sakit punggung pada ibu hamil bisa Anda baca cara mengatasi sakit punggung pada ibu hamil.

4. Susah tidur


Perut yang semakin membuncit membuat ibu hamil trimester ketiga susah tidur. Meski telah mengambil posisi tidur yang baik untuk ibu hamil, namun tetap saja sulit tidur karena memang keadaan membuatnya begitu.

Untuk itu, sebagai suami hendaknya bisa menemani sang istri ketika sulit untuk tidur sehingga sang istri merasa mempunyai pengayom yang luar biasa. Ajak lah sang istri untuk bercerita tentang momen membahagiakan sehingga tak terasa akhirnya bisa tidur.

Itulah beberapa contoh dukungan ayah pada trimester ketiga kehamilan. Dengan memberikan dukungan yang baik diharapkan ibu hamil tetap semangat dalam menjalani kehamilan sehingga janin dapat terlahir dengan selamat melalui proses persalinan normal. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top