Hamil kosong bertahan berapa lama ? Ini Penjelasannya..

Hamil kosong bertahan berapa lama sih ? Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian orang yang ingin mengetahui informasi terkait kehamilan kosong atau blighted ovum (BO). Kehamilan kosong merupakan salah satu penyebab keguguran yang disebabkan karena janin atau embrio tidak dapat berkembang meski kantung kehamilan dapat terus berkembang.

Saat proses pembuahan terjadi, kantung ketuban  dan plasenta berhasil terbentuk dengan baik, sedangkan sel telur yang telah dibuahi telah tertanam di rahim namun tidak dapat berkembang.

Jika keadaan sudah seperti ini, keguguran tak bisa dielakkan lagi karena mau tidak mau memang harus abortus (keguguran). Memangnya kehamilan kosong itu bisakah dipertahankan ? Untuk apa dipertahankan kalau ternyata embrio / janin tidak berkembang, justru segera saja bersihkan rahim dengan cara dikuret.

hamil-kosong-bertahan-berapa-lama
image from pixabay

Hamil kosong bertahan berapa lama ?


Deteksi dini kehamilan kosong perlu dilakukan guna menghindari dampak buruk yang mungkin bakal terjadi. Namun, tak gampang mengetahui kehamilan kosong sejak dini karena biasanya tanda  hamil kosong yang muncul mirip sekali dengan tanda kehamilan normal.

Deteksi Dini Kehamilan Kosong


Beberapa tanda yang muncul diantaranya adalah terlambat haid, mual muntah, badan lelah dan lain lain. Bahkan jika Anda melakukan tes kehamilan dengan test pack maka akan muncul dua garis yang berarti positif hamil. Kenapa bisa begitu ? karena pada kasus blighted ovum, plasenta tetap bertahan dalam rahim sehingga tubuh menghasilkan hormon HCG. Hormon itu lah yang membuat tanda hamil bisa terdeteksi melalui air kencing lewat bantuan test pack.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui kehamilan kosong ? yaitu dengan melakukan pemeriksaan kehamilan pakai alat USG. Dengan pemeriksaan USG, dokter bisa melihat bagaimana keadaan janin dalam kandungan.

Dengan bantuan alat USG, dokter bisa mendeteksi bahwa tidak ada janin di dalam kantung kehamilan yang terus berkembang. Hasil pemeriksaan ini mungkin membuat Anda terkejut, namun apa boleh buat, begitulah kenyataannya.

Biasanya periksa USG dilakukan pada kehamilan berusia 6 hingga 8 minggu, namun Anda bisa melakukannya sebelum itu jika ada kejanggalan pada kehamilan Anda, misalnya terjadi pendarahan dengan volume terlalu banyak. Melalui periksa USG itu lah Anda bisa mengetahui apakah kehamilan anda normal atau bermasalah. Jika ternyata kehamilan Anda adalah BO (blighted ovum) saat itu juga dapat terdeteksi.

Setelah blighted ovum terdeteksi, lantas hamil kosong bertahan berapa lama ? Silakan lanjut membaca artikel ini sampai selesai untuk mendapat informasi selengkapnya.

Perlu Anda ketahui bahwa blighted ovum atau hamil kosong itu bisa terjadi pada setiap ibu hamil, bisa pada kehamilan pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, namun beberapa kasus menunjukkan bahwa blighted ovum ini biasa terjadi pada kehamilan kedua dan seterusnya, bukan pada kehamilan pertama.

Untuk itu, dianjurkan bagi ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan USG pada usia kehamilan muda, apalagi kalau ada kelainan dan gejala aneh pada masa kehamilan awal.

Menurut penjelasan dari beberapa sumber, kehamilan kosong umumnya bisa bertahan sampai usia 3 hingga 4 bulan, namun biasanya keguguran akibat hamil kosong terjadi pada usia kehamilan awal. Keguguran ini biasanya disertai dengan pendarahan hebat, kalau ternyata tidak terjadi pendarahan maka dokter akan melakukan pemeriksaan USG lagi.

Perlu Anda ketahui bahwa hamil kosong itu tidak berpengaruh buruk pada kesuburan ibu untuk selanjutnya, namun ibu hamil perlu waspada karena keguguran akibat blighted ovum ini bisa mengakibatkan pendarahan yang cukup hebat.

Apabila diagnosis dokter telah menunjukkan positif hamil kosong (BO) maka kehamilan tak perlu dipertahankan. Biasanya, dokter akan mengambil langkah penanganan dengan kuretase dan dilatase. Langkah penanganan ini dilakukan dengan tujuan agar rahim bersih dari sisa jaringan plasenta, kantung kehamilan dan lain lain sehingga tidak mengakibatkan dampak buruk bagi ibu.

Kuretase dan dilatese umumnya dilakukan dengan persiapan yang matang, namun kalau ibu hamil terlanjur mengalami pendarahan hebat maka kuretase akan dilakukan sesegera mungkin guna menghindari dampak buruk yang mungkin bakal terjadi. Lantas, bolehkah hamil kosong tidak dikuret ? silakan baca pembahasannya pada bahayakah kehamilan kosong tanpa kuret ?

Keguguran yang diakibatkan karena hamil kosong sama sekali tidak mengganggu kesuburan ibu hamil untuk selanjutnya, jadi Anda tidak perlu khawatir, apalagi sampai menyalahkan diri sendiri. Tetap tenang dan hati hati seraya memanjatkan doa kepada Sang Khaliq agar kelak dapat hamil lagi dengan normal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait hamil kosong bertahan berapa lama. Semoga informasi ini dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi kita semua. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top