Hamil Kosong Berulang, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Hamil kosong berulang ➧ Kehamilan kosong atau blighted ovum adalah keadaan dimana seorang wanita sedang hamil namun embrio atau janin tidak dapat berkembang sedangkan kantung kehamilan masih terus berkembang. Pada kasus ini, ibu hamil tetap merasakan tanda dan gejala kehamilan layaknya wanita hamil normal, bahkan  tes kehamilan menunjukkan hasi positif.

Hamil kosong bisa diketahui melalui pemeriksaan USG, sedangkan keguguran akibat blighted ovum (BO) biasanya berupa pendarahan. Jika Anda ingin mengetahui secara detil tentang kesehatan dan normal tidaknya janin dalam kandungan silakan lakukan pemeriksaan kromosom dengan biaya cek kromosom yang bisa Anda tanyakan terlebih dahulu ke dokter.

Kehamilan kosong yang dialami oleh seorang wanita bisa saja berulang apabila kromosom mengalami kelainan dan atau janin terkena infeksi berbahaya. Untuk lebih jelasnya, silakan simak ulasan singkat mengenai penyebab dan cara mencegah blighted ovum pada artikel ini.

hamil-kosong-berulang
image from pixabay

Penyebab Hamil Kosong Berulang


Vonis dokter yang menyebutkan bahwa kehamilan Anda adalah blighted ovum (BO), suasana hati tentu sangat kacau, sakit, kacau dan campur aduk gak karuan. Namun apa boleh dikata, itu sudah menjadi kehendak dari Sang Maha Pencipta. Satu harapan besar yang ada di hati, yaitu jangan sampai keadaan ini berulang lagi.

Meski sangat berharap kehamilan kosong tidak berulang lagi namun kenyataannya ada sebagian kaum hawa yang mengalami hamil kosong berulang. Hal ini dikarenakan oleh beberapa sebab, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Terjadi kelainan kromosom dalam pematangan sel telur atau sel $perm@
  • Infeksi berbahaya oleh virus atau bakteri berbahaya seperti infeksi torch dan rubella
  • Usia ibu hamil sudah terlalu tua
  • Kelainan gen
  • Kebiasaan hidup tak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol

Kehamilan kosong yang disebabkan karena kelainan kromosom mungkin bisa berulang dan tidak banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. Namun jika hamil kosong tersebut diakibatkan karena infeksi maka bisa disembuhkan secara total dengan menggunakan obat khusus sehingga berpeluang besar untuk hamil lagi secara normal.

Cara Mencegah Hamil Kosong Berulang


Hamil kosong adalah mimpi buruk bagi pasangan suami istri yang sangat mengharapkan kehadiran sang buah hati. Tak jarang kaum perempuan yang menjadi trauma gara gara mengalami keguguran akibat blighted ovum / hamil kosong.

Agar mimpi buruk ini tidak berulang kembali maka diperlukan ikhtiar / usaha secara lahiriah dengan disertai doa kepada Sang Khaliq agar kehamilan mendatang normal dan tidak bermasalah. Di bawah ini adalah tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah / mengatasi hamil kosong berulang :

1. Cegah hamil kosong dengan memperbaiki pola hidup


Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa salah satu penyebab hamil kosong adalah pola hidup tak sehat seperti merokok dan minum minuman keras. Pola hidup tak sehat memperbesar resiko hamil kosong karena terjadinya penurunan kualitas pematangan sel telur atau sel $perm@ sehingga dapat menyebabkan kelainan kromosom.

Untuk itu, salah satu langkah bijak yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri demi mendapatkan kehamilan normal adalah menerapkan pola hidup sehat, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman keras.

2. Tuntaskan infeksi


Salah satu penyebab blighted ovum berulang adalah karena terkena infeksi berbahaya seperti infeksi rubella dan infeksi torch. Apabila infeksi ini belum bisa disembuhkan secara total maka hamil kosong bisa saja muncul kembali. Adapun cara untuk menuntaskan infeksi ini, Anda bisa datang ke dokter untuk mendapat perawatan. Infeksi ini bisa disembuhkan secara total dengan resep obat dari dokter.

3. Istirahat cukup


Demi mendapatkan kualitas sel telur dan sel $perm@ yang berkualitas, pasangan suami istri harus bisa menerapkan pola hidup sehat, rutin olahraga dan cukup istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur, maka luangkan sedikit waktu Anda untuk tidur di siang hari dan malam hari. Apabila pekerjaan membuat pikiran berat, silakan ambil cuti saja.

Demikian informasi terkait penyebab dan cara mengatasi hamil kosong berulang. Semoga sedikit informasi tersebut di atas dapat menyumbangkan manfaat bagi kita semua. Amiin

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top