Hamil Kosong tapi tidak Pendarahan, Ini loh Cara Mendeteksinya..

Hamil kosong tapi tidak pendarahan ➧ Salah satu penyebab terjadinya keguguran adalah kehamilan kosong atau  blighted ovum. Kelainan kehamilan ini terjadi karena sel telur yang telah tertanam di rahim tidak dapat berkembang menjadi embrio bahkan ada yang tidak terbentuk sama sekali. Umumnya orang yang mengalami blighted ovum tidak menyadarinya, mereka baru menyadarinya saat trimester pertama hampir berakhir.

Untuk segera mengetahui kehamilan kosong Anda perlu melakukan pemeriksaan USG, namun biasanya ibu hamil enggan periksa USG pada usia kehamilan awal. Pemeriksaan USG umumnya dilakukan kalau ada kejanggalan dalam gejala hamil saja.

Untuk itu, agar kehamilan kosong dapat terdeteksi secepatnya maka Anda perlu perhatian kepada kehamilan, tidak cuek. Untuk segera mengetahui kehamilan kosong, silakan baca deteksi dini kehamilan kosong.

hamil-kosong-tapi-tidak-pendarahan
image from pixabay

Hamil Kosong tapi tidak Pendarahan


Terkait dengan blighted ovum yang muncul tanpa pendarahan memang banyak diperbincangkan. Memang begitulah keadaannya, hamil kosong itu umumnya terjadi dengan gejala yang normal tidak ada kejanggalan. Beberapa tanda kehamilan muncul seperti biasa, yaitu terlambat datang bulan, morning sickness, badan lelah dan lain lain. Saat itu pendarahan belum terjadi, paling hanya muncul bercak darah yang terkesan aneh.

Hamil kosong tapi tidak pendarahan hebat, pendarahan hebat baru muncul ketika terjadi keguguran. Ini lah keadaan yang sulit bagi kita untuk mendeteksi kehamilan kosong tanpa bantuan alat USG. Cobalah untuk membaca pembahasan mengenai tanda tanda hamil kosong guna menambah wawasan terkait kehamilan BO (blighted ovum).

Penangan Hamil Kosong


Apabila hasil USG telah menunjukkan hamil kosong maka Anda perlu melakukan penanganan yang tepat. Perlu Anda ketahui bahwa kehamilan kosong tetap memberikan hasil positif pada test pack karena tubuh telah menghasilkan hormon HCG.

Apabila Anda menjumpai flek coklat yang disertai dengan menurunnya kadar HCG dalam tubuh dan dibarengi dengan kram perut hebat kemudian berlanjut dengan pendarahan maka segera saja periksakan kehamilan Anda ke dokter terdekat.

Sebelum lanjut membaca ulasan pembahasan ini, coba luangkan waktu sebentar untuk membaca ulasan singkat mengenai bercak darah yang normal dan tak normal pada post berjudul bercak darah tanda kehamilan.

Agar tidak terjadi sesuatu yang dapat membahayakan keselamatan ibu hamil, maka perlu dilakukan penanganan yang tepat. Adapun langkah penanganan tepat terhadap kehamilan kosong bisa dibantu oleh dokter. Silakan datang ke dokter untuk berkonsultasi dan melaksanakan semua saran yang diberikan.

Ketika telah terjadi keguguran akibat hamil kosong maka dokter akan melakukan langkah penanganan dengan kuretase dan atau dilatase. Langkah ini dilakukan untuk membersihkan rahim dari sisa sisa kotoran akibat hamil kosong. Lantas, penanganan hamil kosong tanpa kuretase itu berbahaya atau tidak ? Silakan simak penjelasannya pada bahayakah kehamilan kosong tanpa kuret ?

Setelah proses kuretase selesai dengan lancar biasanya ibu akan haid lagi 4 hingga 6 minggu kemudian. Dengan demikian, ibu hamil bisa hamil lagi setelah hamil kosong, jadi Anda tak perlu khawatir.

Merencanakan Kehamilan Setelah Hamil Kosong


Setelah terjadi kehamilan kosong, Anda bisa merencanakan kehamilan lagi karena blighted ovum itu tidak mengganggu kesuburan wanita. Lakukan program kehamilan paling tidak 3 bulan setelah masa kuretase berlalu. Jangan tergesa gesa untuk melakukan program hamil, karena rahim masih perlu penyesuaian setelah mengalami keguguran.

Beberapa ahli menyarankan agar kehamilan dilakukan paling tidak 6 bulan setelah keguguran demi menghindari kemungkinan keguguran berulang. Dengan memberi rentang jarak agak panjang dapat memperkecil resiko terjadinya keguguran lagi.

Namun demikian, kehamilan itu adalah kehendak dari Sang Khaliq, tak seperti membuat mie instan yang begitu membuat langsung jadi. Perlu waktu beberapa saat untuk sukses mendapatkan kehamilan.

Setelah terjadi keguguran akibat hamil kosong, hendaknya Anda lakukan perawatan yang tepat agar tidak sampai terjadi keguguran berulang. Bagaimana caranya ? yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, tidak merokok, tidak memakai n@rkob@, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan lain lain.

Demikian ulasan singkat mengenai hamil kosong tapi tidak pendarahan. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top