Ibu hamil (bumil) banyak makan garam, ini resikonya..

Bumil banyak makan garam ➧ Sebagaimana kita tahu, garam merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak bisa ditinggalkan. Betapa tidak, bumbu dengan rasa asin ini ternyata dapat menambah nikmat hasil olahan masakan hingga ada orang yang menyebutnya sebagai raja lauk. Terlepas dari manfaat garam yang sangat banyak, ternyata terlalu banyak makan garam dapat membahayakan kehamilan.

Memang garam itu tidak termasuk pantangan makanan saat hamil, namun jika ibu hamil terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi garam maka akan muncul beberapa gangguan kesehatan yang dapat mengganggu kenyamanan.

Artikel ini akan membahas tentang bahaya ibu hamil yang suka mengkonsumsi garam dalam jumlah berlebihan, entah sebagai bumbu masak atau digunakan sebagai air garam.

bumil-banyak-makan-garam
image from pixabay

Bahaya bumil banyak makan garam


Ada beberapa resiko yang diakibatkan karena terlalu banyak makan garam. Dengan mengetahui resiko ini diharapkan ibu hamil bisa menggunakan garam sesuai dengan kebutuhan saja, tidak terlalu berlebihan. Adapun bahaya bumil banyak makan garam diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Garam menyebabkan kaki bumil bengkak


Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah pembengkakan pada kaki dan sebagian anggota tubuh lainnya. Salah satu pemicu terjadinya kaki bengkak adalah karena ibu hamil banyak makan garam, entah sebagai bumbu masak atau sebagai air garam. Walaupun wajar terjadi pada ibu hamil, namun keluhan ini cukup mengganggu aktivitas keseharian ibu hamil. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips sederhana yang telah kami ulas pada artikel berjudul tips atasi kaki bengkak saat hamil.

2. Menghambat proses pembentukan ginjal janin


Asupan garam yang terlalu banyak tidak hanya berakibat buruk pada ibu hamil, akan tetapi janin dalam kandungan pun juga terancam. Apabila ibu hamil over dalam mengkonsumsi garam maka pembentukan ginjal janin akan terhambat. Kalau ginjal tidak dapat terbentuk dengan sempurna maka keselamatan janin terancam karena ia tidak bisa memfilter darah dengan baik.

3. Kelebihan berat badan (obesitas)


Obesitas disebabkan karena ibu hamil gemar mengkonsumsi makanan tanpa mempertimbangkan dampak buruknya. Mengkonsumsi makanan di malam hari adalah salah satu penyebab ibu hamil mengalami obesitas. Tak hanya itu, mengkonsumsi garam dalam jumlah di luar batas wajar juga dapat mengakibatkan obesitas. Untuk itu, batasi asupan makan Anda agar tidak kelebihan berat badan. Kalau sudah terlanjur obesitas coba terapkan tips pada artikel ini cara menurunkan berat badan saat hamil.

4. Garam dapat memicu hipertensi pada bumil


Ada banyak hal yang bisa memicu tekanan darah tinggi ibu hamil. Gaya hidup tak sehat dan pikiran stress adalah pemicu utama darah tinggi (hipertensi). Makan garam terlalu banyak juga bisa menyebabkan hipertensi, bahkan dokter akan menyarankan para penyandang hipertensi untuk mengurangi konsumsi garam. Selain mengurangi makan garam, orang yang mempunyai tekanan darah tinggi dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

5. Preeklampsia


Preeklampsia merupakan masalah kehamilan yang paling ditakuti oleh ibu hamil, pasalnya preeklampsia tergolong masalah kehamilan serius yang dapat mengakibatkan kematian ibu dan janin. Apabila ibu hamil telah merasakan tanda tanda preeklampsia, sebaiknya cepat datang ke dokter untukmendapatkan perawatan yang sesuai. Adapun tanda tanda preeklampsia antara lain adalah :

  • Anggo tubuh mengalami pembengkakan
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Air kencing mengandung protein

6. Gangguan jantung


Bumil banyak makan garam dapat menyebabkan gangguan pada fungsi jantung. Untuk itu, selama kehamilan berlangsung sebaiknya ibu hamil benar benar memperhatikan asupan makan hariannya. Pastikan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi garam guna menjaga kesehatan diri sendiri dan janin.

7. Gangguan pencernaan


Sering kali dijumpai wanita hamil yang ngidam makanan tertentu, ada yang ngidam makanan kecut, manis dan asin. Apabila Anda term suk ibu hamil yang ngidam makanan asin, sebaiknya jangan terlalu dituruti mengingat ada resiko yang mungkin bakal terjadi. Salah satu resikonya adalah dapat mengganggu sistem pencernaan. Oh iya, bagi suami yang istrinya ngidam aneh aneh silakan baca ngidam aneh aneh saat hamil, dituruti atau tidak ?

Itulah beberapa bahaya mengancam bumil banyak makan garam. Kalau ingin tetap aman dan nyaman dalam menjalani kehamilan silakan terapkan pola hidup dan pola makan sehat serta menghindari segala macam pantangan ibu hamil. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top