Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 dan Cara Mengatasinya

Keluhan ibu hamil trimester 3 sering kali membuat ibu hamil merasa khawatir jangan jangan ada bahaya mengancam keselamatan janin. Ketidaknyamanan kehamilan trimester 3 ada yang termasuk tanda bahaya kehamilan dan ada yang termasuk keluhan wajar. Masalah kehamilan sekecil apapun sebaiknya segera ditangani dengan tepat agar tidak membahayakan keselamatan ibu hamil dan janin.

Keluhan kehamilan memang sudah muncul sejak usia kehamilan muda seperti morning sickness, badan lelah, pusing, susah BAB dan lain lain. Seiring bertambahnya usia kehamilan, keluhan akan datang silih berganti hingga membuat aktivitas terganggu.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait keluhan hamil pada saat usia trimester akhir berikut cara sederhana untuk mengatasinya. Silakan simak hingga akhir artikel ini.

keluhan-ibu-hamil-trimester-3
image from pixabay

Keluhan Ibu Hamil Trimester 3


Ada banyak masalah kehamilan yang dijumpai oleh ibu hamil tua seperti susah BAB, kontraksi palsu, sakit pinggang, susah tidur dan lain lain. Selengkapnya silakan simak penjelasan di bawah ini.

1. Kontraksi palsu termasuk keluhan ibu hamil tua


Seiring bertambahnya usia kehamilan, janin dalam kandungan pun akan tumbuh semakin besar dan semakin aktif dalam melakukan gerakan gerakan. Gerakan janin dalam rahim dapat menjadi pemicu terjadinya kontaksi palsu yang cukup mengganggu kenyamanan.

Kontraksi palsu ini berbeda dengan kontraksi jelang persalinan. Kontraksi palsu terasa lebih ringan dan bisa hilang dengan sendirinya. Terkadang ibu hamil merasa was was terhadap keadaan ini padahal sebenarnya kontraksi ini tidak berbahaya dan wajar dialami oleh ibu hamil.

Untuk itu, ibu hamil tak perlu khawatir yang berlebihan karena kontraksi ini akan segera berlalu meski tidak ditangani. Untuk mengatasi keluhan ini, disarankan ibu hamil cukup istirahat dan tidak melakukan aktivitas berat.

2. Sakit punggung


Sakit punggung termasuk keluhan ibu hamil trimester 3 yang tidak perlu anda takutkan. Keluhan ini terjadi karena perubahan postur tubuh ibu hamil serta merenggangnya tulang panggul akibat hormon relaxin dalam mempersiapkan proses persalinan. Meski wajar terjadi pada ibu hamil, namun keluhan ini sungguh mengganggu kenyamanan maka segera atasi masalah ni dengan tips sederhana seperti yang telah kami tulis pada artikel berjudul cara mengatasi sakit punggung pada ibu hamil.

3. Sesak napas


Pada usia kehamilan trimester 3, janin dalam rahim sudah berkembang dengan cepat sehingga perut ibu hamil semakin membuncit. Perut yang semakin besar menimbulkan efek sesak napas karena janin menyita banyak ruang dalam rongga perut. Cobalah tarik napas dalam dalam menggunakan hidung lalu keluarkan melalui mulut untuk meringankan keluhan ini.

4. Sembelit


Sembelit adalah masalah kehamilan yang sudah muncul sejak awal masa kehamilan. Ketika usia kehamilan telah memasuki trimester ketiga, sembelit atau susah BAB ini menjadi semakin sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini cobalah mengkonsumsi makanan berserat tinggi, banyak minum air putih dan olahraga cukup. Selengkapnya bisa Anda baca cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

5. Sering pipis


Semakin membesarnya perut ibu hamil membuat kandung kemih ibu hamil tertekan sehingga tidak dapat menampung air seni dalam waktu lama. Akibatnya ibu hamil tua akan merasa ingin sering buang air kecil. Apabila Anda merasa ingin buang air kecil, sebaiknya segera buang air kecil, jangan ditahan karena menahan pipis dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup merugikan.

6. Insomnia (sulit tidur)


Rasa cemas dalam menghadapi proses persalinan adalah salah satu penyebab ibu hamil trimester 3 mengalami insonia (susah tidur). Selain itu, perubahan bentuk perut yang semakin membuncit membuat ibu hamil sulit menemukan posisi tidur yang nyaman sehingga ibu hamil susah tidur. Untuk mengatasi susah tidur, silakan baca cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil.

7. Hipertensi (tekanan darah tinggi)


Kekhawatiran ibu hamil dalam menghadapi masa persalinan dapat menyebabkan tekanan darah naik. Tekanan darah tinggi (hipertensi) yang terlalu berlebihan hingga 140/90 mmHg perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan preeklampsia yang dapat mengancam nyawa ibu hamil dan janin. Untuk mengatasi mengatasi masalah ini ibu hamil hendaknya menerapkan pola hidup yang baik, pola makan sehat dan tidak terlalu banyak pikiran.

Selain keluhan tersebut di atas, ibu hamil trimester 3 juga mendapati keluhan kehamilan lain seperti obesitas (kelebihan berat badan),  perut mulas, kepala pusing, nyeri di bagian p2yud2r2 dan stretch mark. Sekian info yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top