Larangan Ibu Hamil 1 Bulan, Abaikan kalau ingin menyesal..

Larangan ibu hamil 1 bulan ➧ Salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh wanita hamil adalah mengetahui dan menghindari segala hal yang menjadi larangan kehamilan di segala usia. Meski perawatan kehamilan telah dilakukan dengan baik namun apabila larangan kehamilan tetap dilakukan maka keselamatan janin dalam kandungan akan terancam.

Sebelum lanjut membaca, alangkah baiknya Anda baca terlebih dahulu artikel yang kami tulis sebelum ini dengan judul pantangan hamil muda agar tidak keguguran.  Di situ sudah banyak dijelaskan mengenai apa saja yang harus dihindari ibu hamil.

Pembahasan pada artikel ini sebagai melengkapi informasi yang telah kami tulis sebelumnya terkait perawatan kehamilan. Segala macam hal yang menjadi pantangan ibu hamil baik berupa makanan, minuman, aktivitas dan lain lain akan kami sampaikan secara ringkas pada artikel ini. Silakan simak ulasannya sampai selesai.

larangan-ibu-hamil-1-bulan
image from pixabay

Larangan Ibu Hamil 1 Bulan


Sebenarnya, larangan ini tidak hanya berlaku bagi ibu hamil usia 1 bulan tapi menyeluruh bagi semua ibu hamil. Dengan menghindari segala macam larangan ibu hamil diharapkan kehamilan bisa dijalani dengan nyaman dan tidak banyak keluhan. Adapun larangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Larangan makanan bagi ibu hamil


Makanan adalah hal pokok yang harus diperhatikan oleh setiap ibu hamil. Makanan dapat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan ibu hamil dan janin serta dapat membantu proses tumbuh kembang janin. Tak hanya itu, ibu hamil yang salah pilih makanan bisa saja menjadi penyebab berbagai macam masalah kehamilan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Adapun makanan yang menjadi pantangan dan larangan bagi ibu hamil antara lain adalah daging setengah matang, telur setengah matang, ikan laut yang mengandung merkuri dan makanan siap saji yang mengandung bahan kimia berbahaya. Pembahasan lebih detil bisa Anda baca pada artikel kami berjudul pantangan makanan saat hamil muda.

2. Minuman


Tak hanya dalam hal makanan, ibu hamil juga harus selektif dalam memilih minuman yang akan dikonsumsi karena ada beberapa jenis minuman yang dapat menyebabkan masalah kehamilan. Minuman yang dilarang untuk ibu hamil diantaranya adalah minuman bersoda, minuman yang mengandung alkohol, susu yang tidak dipasteurisasi dan minuman berkafein tinggi.

Minuman bersoda tidak direkomendasikan bagi ibu hamil karena dapat menghambat penyerapan kalsium oleh tubuh serta dapat menyebabkan kelahiran prematur. Minuman beralkohol dapat membahayakan keselamatan janin, minuman berkafein dapat menyebabkan susah tidur dan meningkatkan tekanan darah. Informasi lebih lengkap mengenai pantangan minuman bagi ibu hamil bisa Anda baca minuman yang menyebabkan keguguran.

3. Buah larangan untuk ibu hamil


Buah segar adalah jenis makanan yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena banyak menyumbangkan manfaat bagi kehamilan. Namun demikian, bukan berarti ibu hamil boleh makan buah segar secara sembarangan tanpa memperhatikan keselamatan janin. Ada beberapa macam buah yang perlu dihindari ibu hamil 1 bulan seperti nanas muda, pepaya muda, durian dan lain lain.

Sebenarnya beberapa macam buah tersebut tidak sampai menyebabkan masalah kehamilan serius dan atau keguguran kalau dikonsumsi dalam jumlah wajar namun bagi ibu hamil trimester pertama sebaiknya menghidarinya karena janin dalam kandungan masih sangat rawan.

4. Larangan dalam berbusana


Dalam berbusana, hendaknya ibu hamil memilih pakaian yang longgar, tidak terlalu sempit. Memakai busana adalah hak asasi setiap orang, kita bebas menentukannya sendiri, namun demikian demi menjaga kehamilan agar bayi sehat maka ibu hamil perlu merubah penampilan. Kalau sebelum hamil suka pakai busana ketat sebaiknya ganti dengan yang longgar agar aliran darah lancar. Aliran darah yang tidak lancar dapat menyebabkan kepala pusing dan ketidak lancaran pasokan nutrisi dari ibu ke janin.

5. Obat - obatan


Sebagaimana kita ketahui bahwa pada usia kehamilan 1  hingga 3 bulan (trimester pertama), ibu hamil sering kali menjumpai berbagai macam keluhan yang cukup mengganggu kenyamanan, mulai dari mual muntah, kelapa pusing, badan lemas, sembelit (susah BAB) dan lain lain. Jika ibu hamil hendak mengatasinya dengan jalan minum obat maka jangan sembarangan. Pastikan obat yang akan anda minum adalah resep dari dokter guna menghindari berbagai macam kemungkinan yang tak diinginkan.

6. Aktivitas


Letih, lelah dan lemas yang dialami ibu hamil pada usia kehamilan trimester pertama terkadang membuat ibu hamil malas untuk beraktivitas. Namun, meski sudah tidak beraktivitas ternyata badan masih saja lelah dan ingin tidur terus. Rasa malas ini sebenarnya harus dilawan agar tubuh bugar, sebagaimana tips hamil bugar seperti yang telah kami sampaikan pada tips hamil sehat dan bugar secara alami.

Adapun aktivitas yang menjadi larangan ibu hamil adalah aktivitas berat dan ekstrem. Perjalanan jarak jauh hendaknya juga dihindari dulu, apalagi kalau jalannya naik turun, rusak dan bergelombang. Apabila pekerjaan Anda tergolong aktivitas berat, hendaknya ambil cuti dulu untuk beberapa saat.

Itulah beberapa larangan ibu hamil 1 bulan yang perlu Anda hindari. Selama hamil hendaknya tidak meremehkan segala macam hal yang dapat memicu masalah kehamilan. Semoga kehamilan Anda menyenangkan

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top