Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama, Bunda Wajib Tahu

Memilih makanan sehat ibu hamil trimester pertama sangat penting untuk dilakukan guna menunjang perkembangan janin dengan baik. Selektif dalam memilih menu makanan harian perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk membantu mengurangi keluhan kehamilan trimester pertama seperti morning sickness dan mengurangi lelah. Selain itu, memilih makanan sehat dapat mencegah terjadinya masalah kehamilan serius seperti kelahiran prematur, bayi cacat lahir dan keguguran.

Demi menjaga kehamilan tetap sehat, banyak orang di sekitar kita yang melarang ibu hamil untuk makan beberapa jenis makanan. Mereka melakukan itu semua demi kebaikan janin dalam kandungan karena pada usia kehamilan trimester pertama, kehamilan masih sangat rentan.

Fakta membuktikan bahwa kebanyakan ibu hamil mengalami keguguran di kala usia kehamilan masih muda. karena mereka belum begitu mengetahui apa saja yang menjadi penyebab keguguran. Jika ingin mengetahui lebih jelas mengenai penyebab keguguran, silakan baca makanan penyebab keguguran kandungan.

makanan-sehat-ibu-hamil-trimester-pertama
image from pixabay

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama


Sebagaimana kita ketahui, kehamilan merupakan momen istimewa yang sangat ditunggu kehadirannya oleh setiap pasangan suami istri. Pada saat kehamilan telah terwujud, kegembiraan tentu tidak akan bisa terbendung.

Mempunyai jagoan kecil yang cerdas, lincah dan sehat adalah harapan semua orang, dan itu semua sangat dipengaruhi dari perawatan kita terhadap kehamilan sejak usia trimeter pertama serta menu makanan yang kita makan setiap harinya.

Dari sekian banyak jenis makanan, ada yang disarankan untuk ibu hamil, ada yang sebaiknya dihindari dan ada yang dilarang karena menjadi pantangan makanan saat hamil muda. Di bawah ini adalah beberapa contoh makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama :

1. Sayuran sehat bagi ibu hamil


Salah satu gejala kehamilan awal yang banyak dialami oleh ibu hamil adalah mual disertai muntah. Gejala ini memang wajar terjadi, namun bukan berarti harus dibiarkan saja. Mengkonsumsi sayuran hijau dapat Anda lakukan setiap hari untuk mengurangi morning sickness yang cukup mengganggu kenyamanan. Selain itu, sayuran yang mengandung zat besi juga baik dikonsumsi ibu hamil untuk mencegah anemia (kurang darah).

Kandungan nutrisi pada sayur hijau sangat diperlukan oleh ibu hamil, terutama adalah asam folat. Asam folat memiliki peran besar dalam proses pembelahan dan pertumbuhan sel janin. Dengan mendapatkan asupan asam folat yang cukup maka janin akan terhindar dari kecacatan lahir. Adapun sayuran yang banyak mengandung asam folat diantaranya adalah brokoli, bayam, sawi, asparagus dan lainnya. Selengkapnya bisa anda baca sayuran sehat untuk ibu hamil muda.

2. Buah segar


Buah buahan segar sangat baik dijadikan sebagai makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan dan seterusnya. Memilih buah segar adalah langkah yang lebih tepat meski sekarang ini banyak tersedia buah kalengan. Kenapa begitu ? karena buah kalengan biasanya diberi tambahan bahan pengawet dan juga mengandung garam yang terlalu banyak. Keadaan ini tentu tidak menguntungkan bagi ibu hamil mengingat makanan tinggi kadar garam dapat memicu hipertensi (tekanan darah tinggi).

Selain bermanfaat bagi janin, buah segar juga baik untuk ibu hamil trimester pertama, terutama buah yang banyak mengandung serat, yaitu dapt membantu mengatasi susah BAB. Adapun buah yang bagus untuk ibu hamil antara lain adalah buah jeruk, buah apel, alpukat, pisang, kurma, tomat dan lain lain. Info selengkapnya bisa Anda baca buah yang bagus untuk ibu hamil.

3. Susu


Aneka macam produk olahan susu sangat disarankan bagi ibu hamil untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil. Perlu kami sampaikan bawah tumbuh kembang janin itu memerlukan protein, sehingga ibu hamil butuh banyak asupan protein. Di sini lah susu hadir sebagai makanan atau minuman pensuply protein bagi ibu hamil. Namun demikian, Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih produk susu karena tidak semua produk susu aman bagi janin. Silakan baca susu terbaik untuk ibu hamil 1-3 bulan.

4. Sareal


Sareal termasuk makanan sehat bagi ibu hamil muda trimester pertama karena memiliki kandungan nutrisi cukup banyak dan dapat meringankan morning sickness. Apabila Anda terlalu mual saat makan nasi, sareal bisa Anda jadikan sebagai makanan sehat pengganti nasi. Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah jika Anda punya alergi terhadap gluten maka sebaiknya jangan mengkonsumsi aneka olahan gandum.

5. Kacang kacangan


Tidak semua jenis kacang baik untuk ibu hamil trimester pertama, namun aneka jenis kacang disarankan bagi ibu hamil karena mengandung banyak protein. Protein diperlukan oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin dan sebagai sumber tenaga. Adapun jenis kacang yang disarankan untuk ibu hamil antara lain adalah kacang kedelai, kacang hijau, kacang polong, kacang almond, kacang merah dan lain lain.

Itulah beberapa contoh makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang dapat kami tulis. Semoga beberapa contoh di atas bisa menjadi gambaran bagi Anda untuk lebih memperhatikan asupan nutrisi harian sehingga kehamilan dapat berjalan dengan baik. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top