Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 3 yang Bagus agar Bayi Sehat

Makanan untuk ibu hamil trimester 3 ➧ Sebagaimana kita ketahui bahwa pada usia kehamilan trimester ketiga ini, ibu hamil akan menjumpai beberapa keluhan yang sangat mengganggu kenyamanan seperti sulit gerak, sulit bernapas, sembelit, badan terlalu lelah dan lain lain. Keluhan yang muncul pada usia kehamilan akhir ini berbeda dengan keluhan trimester awal, namun semua keluhan saat hamil cukup mengganggu kenyamanan.

Untuk itu, agar kehamilan Anada dapat berjalan dengan baik tanpa banyak keluhan berarti, sebaiknya rawat kehamilan dengan sebaik baiknya sesuai dengan jenjang umurnya. Silakan baca menu makanan ibu hamil trimester 1 2 3.

Pada kesempatan kali ini, www.tadalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait makanan yang baik untuk ibu hamil trimetsr ketiga. Alangkah baiknya Anda luangkan waktu untuk membaca artikel ini karena tanpa disadari usia kehamilan trimester 3 akan segera datang.

makanan-untuk-ibu-hamil-trimester-3
image from pixabay

Makanan untuk Ibu Hamil Trimester 3


Usia kehamilan trimester akhir perlu mendapatkan perawatan dengan baik karena di usia ini ibu hamil perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan. Salah satu usaha yang perlu dilakukan untuk merawat kehamilan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi dengan baik. Sebelum lanjut membaca, silakan baca dulu asupan gizi ibu hamil trimester 3

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, jangan hanya mengedepankan kuantitas tapi kualitas makanan juga harus diperhatikan. Makan makanan bergizi tinggi akan lebih baik daripada banyak mengkonsumsi makanan rendah gizi. Adapun contoh makanan untuk ibu hamil trimester 3 diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Makanan yang mengandung omega 3


Pada usia kehamilan trimester 3, Anda bisa memilih makanan yang banyak mengandung omega 3 untuk membantu perkembangan janin serta membantu meningkatkan kecerdasan bayi kelak setelah lahir.

Anda bisa mendapatkan asupan omega 3 dari beberapa jenis makanan seperti buah alpukat, kacang kedelai, ikan salmon, ikan lele, telur, bayam dan lain lain. Bila perlu, silakan konsumsi minyak ikan yang aman bagi ibu hamil karena manfaat minyak ikan bagi ibu hamil itu sangat banyak. Silakan baca manfaat minyak ikan untuk ibu mengandung.

2. Susu


Jangan anggap kalau susu hanya dibutuhkan oleh ibu hamil di awal kehamilan, justru sebaliknya, di usia kehamilan trimester ketiga susu sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan kalsium, protein dan lemak sehat. Untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari susu serta menghindari efek negatif dari susu maka pilihlah produk susu yang baik. Kami telah membahasnya pada artikel berjudul susu ibu hamil yang bagus..

3. Makanan tinggi serat


Sebagaimana kita ketahui bahwa pada trimester akhir kehamilan, ibu hamil banyak yang mengeluhkan sembelit (susah BAB). Keluhan ini wajar dialami oleh ibu hamil namun sangat mengganggu kenyamanan maka perlu segera diatasi.

Salah satu cara tepat untuk mengatasi sembelit saat hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Adapun makanan tinggi serat bisa anda peroleh dari aneka macam buah buahan segar seperti buah pepaya, buah mangga, buah pisang dan lain lain.

4. Sayuran hijau


Sayuran hijau adalah sumber makanan yang banyak mengandung nutrisi penting bagi kehamilan. Selama kehamilan berlangsung, hendaknya ibu hamil melengkapi menu makan harian dengan aneka macam olahan sayur hijau. Agar tidak bosan, Anda bisa membuat masakan sayur dengan berbagai macam kreasi pembuatan masakan yang berbeda beda.

5. Buah segar


Sama dengan sayuran, buah segar merupakan makanan yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk memenuhi asupan nutrisi. Buah buahan segar bisa dimakan secara langsung atau dijadikan sebagai jus. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi buah segar, yaitu kebersihan. Silakan cuci bersih buah segar sebelum dimakan guna menghindari kemungkinan buruk yang dapat terjadi.

6. Daging dan ikan


Daging dan ikan merupakan sumber makanan yang banyak mengandung protein sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Daging sapi, daging kambing, daging ayam, dan aneka macam ikan dapat dijadikan sebagai lauk harian dengan cara memasak yang benar. Pastikan memasak daging dan ikan hingga benar benar matang guna menghindari dampak buruk yang disebabkan oleh bakteri berbahaya.

Itulah beberapa contoh makanan untuk ibu hamil trimester 3 yang baik. Menjaga asupan makanan dengan baik sama dengan menjaga kehamilan karena asupan makanan adalah hal penting yang sangat mempengaruhi kehamilan. Sekian semoga bermanfaat

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top