Makanan yang dianjurkan untuk Ibu Hamil Mudah dan Murah

Ada beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil guna mendapatkan kehamilan yang nyaman dan tak banyak keluhan. Sebagaimana kita ketahui bahwa kehamilan adalah anugerah dari Sang Maha Pencipta kepada kaum hawa. Kehamilan sangat diharapkan kehadirannya oleh setiap pasangan suami istri untuk menyempurnakan kebahagiaan rumah tangganya. Tak jarang dari mereka yang rela mengeluarkan banyak uang untuk segera mendapatkan momongan melalui berbagai macam cara.

Salah satu cara untuk menjaga kehamilan biar tetap sehat adalah dengan memperhatikan asupan makanan harian yang dianjurkan oleh pakar gizi. Apabila kebutuhan nutrisi ibu hamil tercukupi dengan baik maka tumbuh kembang janin akan berjalan dengan baik pula.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan ulasan singkat mengenai beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil. Kami berharap, artikel ini dapat menyumbangkan banyak manfaat bagi Anda.

makanan-yang-dianjurkan-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Makanan yang dianjurkan untuk Ibu Hamil


Makanan sehat tidak harus yang mewah dan harganya mahal, cukup dengan mencukupi kebutuhan nutrisi atas dasar empat sehat lima sempurna maka kebutuhan nutrisi tubuh bisa terpenuhi dengan baik. Nasi, lauk pauk, sayur, buah dan susu merupakan menu makan harian yang dianjurkan bagi siapa saja, tak terkecuali ibu hamil.

Terkait dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi ibu hamil melalui makanan, sebaiknya baca terlebih dahulu makanan yang dilarang bagi ibu hamil karena tidak semua makanan aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil agar janin sehat dan kehamilan berjalan dengan nyaman, sehat serta tak banyak keluhan berarti.

1. Ibu hamil hendaknya makan sayuran


Meski terasa kurang enak, namun ibu hamil tidak boleh meninggalkan sayuran karena kandungan nutrisi pada sayur dapat menumbangkan segudang manfaat bagi ibu hamil. Pada usia kehamilan trimester pertama, sayuran juga dapat membantu mengatasi morning sickness dan mencegah anemia. Ibu hamil yang mengalami anemia akan merasa letih, lelah, pusing dan gampang pingsan.

Adapun sayuran segar yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya adalah bayam, kangkung, daun singkong, brokoli, daun pepaya dan lain lain. Info selengkapnya bisa Anda baca sayuran yang baik untuk ibu hamil.

2. Buah - buahan


Buah buahan termasuk jenis makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil karena kandungan nutrisinya sangat baik untuk untuk ibu hamil dan janin. Aneka macam buah seperti alpukat, pisang, anggur, semangka, jeruk, melon, buah naga dan lainnya dapat menyumbangkan berbagai macam manfaat bagi ibu hamil. Untuk itu, jangan sampai melewatkan buah segar dalam menu makan harian Anda.

Pada usia kehamilan trimseter pertama, janin membutuhkan asam folat guna membantu proses pembentukan jaringan tubuh, sedangkan asam folat itu sendiri banyak dijumpai pada aneka macam buah segar. Salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah buah pisang karena mengandung asam folat, vitamin C, serat, protein dan lain lain. Pembahasan lebih lanjut bisa Anda baca manfaat pisang bagi ibu hamil dan janin.

3. Makanan dari kacang kacangan


Aneka macam jenis kacang umumnya mengandung protein yang cukup banyak sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang kedelai, kacang tanah, kacang kapri, kacang almond dan lainnya mampu menyumbangkan manfaat luar biasa bagi wanita mengandung, pasalnya selain tinggi protein, aneka kacang kacangan tersebut juga mengandung asam folat.

Kacang polong atau kacang kapri adalah salah satu dari sekian banyak jenis kacang yang disukai oleh masyarakat, baik digunakan sebagai camilan atau dibuat sayur. Ternyata di balik nikmatnya hasil olahan kacang polong, segudang manfaat pun dapat disumbangkannya. Silakan baca ulasannya pada manfaat kacang polong untuk ibu hamil.

4. Ikan dan daging

Ikan laut yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil adalah ikan yang tidak mengandung merkuri. Adapun ikan laut yang terkontaminasi dengan merkuri sebaiknya dihindari karena dapat menyebabkan masalah kehamilan serius bahkan dapat memicu keguguran. Ikan laut memiliki kandungan omega 3 yang bermanfaat untuk membantu proses pembentukan otak dan meningkatkan kecerdasan kelak setelah lahir.

Selain daripada itu, daging pun juga dianjurkan bagi ibu hamil, pasalnya aneka macam olahan daging seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing dan daging ayam semua dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil sebelum mengkonsumsi daging dan ikan yaitu harus memasaknya sampai benar benar matang guna menghindari dampak buruk dari bakteri berbahaya.

5. Susu


Sebenarnya susu itu termasuk minuman namun menurut kami tak masalah jika saya masukkan dalam kategori makanan yang bagus buat ibu hamil. Protein dan kalsium yang terkandung dalam susu sangat cocok bagi ibu hamil, namun ibu hamil perlu selektif dalam memilih produk susu kehamilan. Pilihlah susu yang telah dipasteurisasi guna menghindari ancaman bakteri berbahaya. Agar tidak salah pilih silakan baca penjelasannya pada artikel berjudul susu terbaik untuk ibu hamil.

Demikianlah pembahasan singkat terkait makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil. Dengan memperhatikan asupan makan yang baik, diharapkan kehamilan bunda berjalan dengan lancar dan tidak banyak masalah. Salam

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top