Manfaat Agar Agar untuk Ibu Hamil, Jangan Anggap Remeh

Manfaat agar agar untuk ibu hamil - Kehamilan merupakan anugerah dari Sang Khaliq yang sangat diharapkan oleh setiap pasangan suami istri. Kehamilan adalah proses awal terwujudnya keinginan pasangan suami istri untuk mendapatkan momongan. Untuk itu, sudah sepantasnya ibu hamil menjaga kesehatan kehamilan dengan sebaik - baiknya.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil dalam menjaga kehamilan agar tetap sehat dan nyaman. Segala macam makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi ibu hamil hendaknya dihindari sepol kukuatan. Beberapa hal yang menjadi pantangan kehamilan diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol
  • Merokok
  • Pikiran stress
  • Mengkonsumsi makanan yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan kolesterol
  • Olahraga yang berbahaya
  • Kurang istirahat
  • Mengkonsumsi makanan yang dapat memicu kram perut
  • Dan lain - lain
manfaat-agar-agar-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Terkait dengan menjaga kesehatan kehamilan, ibu hamil perlu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium dan lainnya. Lantas bagaimana dengan agar agar ? apakah agar agar dapat menyumbangkan manfaat bagi ibu hamil ? silakan simak penjelasannya pada artikel ini.

Manfaat Agar Agar untuk Ibu Hamil


Agar agar adalah termasuk salah satu olahan makanan yang terbuat dari air degan bentuk kenyal. Di musim panas seperti sekarang ini, banyak orang suka makan agar - agar tak terkecuali ibu hamil. Namun kadang kala, ibu hamil merasa ragu jangan jangan agar agar itu dapat membahayakan kehamilannya.

Bolehkah ibu hamil makan agar agar ?


Perlu kami sampaikan bahwa agar agar itu mengandung beberapa macam nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil sehingga makan agar agar saat hamil itu boleh bahkan dapat menyumbangkan beberapa manfaat. Namun demikian, Anda tidak boleh terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi agar agar agar tidak menjumpai beberapa macam keluhan seperti sering pipis, perut kembung dan lain lain.

Baca juga : sering buang air kecil saat hamil, ini loh cara mengatasinya

Adapun manfaat yang dapat diperoleh ibu hamil dengan mengkonsumsi agar agar dalam jumlah wajar antara lain adalah sebagai berikut :

1. Membantu perkembangan jaringan syaraf janin


Salah satu zat penting yang terkandung dalam agar agar adalah asam folat, sedangkan asam folat itu sangat diperlukan oleh janin untuk membantu perkembangan sistem syaraf, termasuk syaraf otak. Janin perlu mendapatkan asupan asam folat yang cukup agar tidak terjadi cacat saat dilahirkan kelak.

2. Membantu meningkatkan kecerdasan bayi


Agar agar mempunyai kandungan omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan bayi. Omega yang terkandung dalam agar agar memang tidak terlalu banyak, namun setidaknya dapat memberikan dampak positif bagi janin.

Selain dapat membantu meningkatkan kecerdasan omega 3 dan omega 6 juga berdampak baik pada kesehatan mata ibu dan bayi. Untuk itu, tak ada salahnya kalau Anda mengkonsumsi agar agar saat hamil.

3. Mencegah kerusakan syaraf


Sebagaimana kami sampaikan di atas bahwa salah satu kandungan yang terdapat pada agar agar adalah asam folat. Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah kerusakan syaraf serta mencegah kelahiran cacat pada bayi. Adapun makanan selain agar agar yang banyak mengandung asam folat bisa Anda baca makanan yang mengandung asam folat tinggi.

4. Mencegah dehidrasi


Sebagaimana kita ketahui bahwa agar agar memiliki kandungan air yang sangat banyak karena memang terbuat dari air yang dikenyalkan. Oleh sebab itu lah salah satu manfaat agar agar untuk ibu hamil adalah mencegah dehidrasi (kekurangan cairan) pada ibu hamil. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan cairan saat hamil itu dapat memicu terjadinya berbagai macam masalah kehamilan serius.

5. Mengatasi sembelit


Sembelit merupakan keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil karena berbagai macam sebab seperti perubahan hormon, kurang makanan berserat, kurang asupan air dan lain lain. Kurang makanan berserat dan kurang asupan air membuat BAB keras, sehingga ibu hamil susah BAB. Oleh karena tinggi kandungan air maka agar agar dapat mencegah dan mengatasi sembelit.

Selain itu, manfaat agar agar untuk ibu hamil antara lain adalah dapat mencegah obesitas, menjaga kesehatan tulang, melancarkan peredaran darah, membantu proses pembentukan sel dan lain lain. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

==> Silahkan berkomentar dengan sopan dan sesuai topik
==> Mohon maaf komentar spam tidak akan dipublish

Tanda Hamil

Blog seputar kehamilan, meliputi cara cepat hamil,tanda hamil, perawatan kehamilan dan keluhan kehamilan

 
About - Contact Us - TOS - Disclaimer - Privacy Policy - Daftar Isi
Back To Top